9 Cara Hidup Tanpa Plastik yang Mudah Dilakukan

Artikel ini membahas tentang cara hidup tanpa plastik yang mudah untuk dilakukan. Kita mungkin tidak bisa lepas dari yang namanya plastik, tapi kita bisa mengurangi penggunaannya.


Sebagaimana telah kita ketahui kalau plastik adalah salah satu hal yang membuat planet kita sakit. Walaupun bermanfaat bagi kehiduoan manusia, nyatanya plastik adalah musibah bagi penghuni Bumi lainnya, terutama makhluk yang hidup di lautan.

Satu sampah plastik yang kita buang akan sangat berdampak pada kehidupan di planet ini. Plastik tidak bisa hancur dalam waktu yang cepat. Hal itu membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk terurai.

Polusi plastik di lautan yang membahayakan ekosistem
Sumber: Greenpeace UK

Bagian Bumi yang paling terdampak bahaya plastik adalah lautan. Sampah-sampah plastik yang berada di sungai semuanya akan berakhir di lautan. Yang lebih mengerikan, banyak hewan laut yang memakan sampah-sampah itu karena mereka kira itu makanan.

Dan yang lebih-lebih mengerikan lagi, plastik berbahaya itu bisa masuk ke dalam tubuh manusia saat kita mengkonsumsi makanan laut yang sudah terkontaminasi.

Jadi, agar planet kita tetap terjaga dan semua penghuni di dalamnya bisa hidup dengan nyaman, mari sama-sama kita untuk hidup dengan sedikit atau bahkan tanpa plastik.

Walaupun berat karena plastik hampir bisa ditemukan di sekeliling kita, percayalah akan selalu ada jalan yang lebih baik saat kita mencari dan membutuhkannya.

Alam sudah menyediakan banyak hal bermanfaat untuk kita manusia. Dan sudah saatnya bagi kita untuk berbalas budi kepada alam dengan menjaga sebaik-baiknya. Berikut adalah beberapa cara hidup tanpa plastik yang mudah untuk dilakukan.

1. Bawa Tas Belanja Sendiri

Saat berbelanja, di mana pun belanjanya, pasti kita tidak akan terpisah dari yang namanya plastik. Hal itu karena benda tersebut (dalam bentuk kantong plastik) digunakan untuk membawa barang belanjaan kita.

Nah, agar kita tidak banyak menggunakan plastik, maka sebaiknya kita membawa sendiri tas belanja dari rumah. Kamu bisa mendapatkan tas belanja di toko-toko terdekat dan benda itu reusable atau bisa kamu pakai berkali-kali.

Belilah tas belanja yang plastic free atau bebas plastik. Dengan membawa tas belanja sendiri saat kamu sedang berbelanja, maka kamu sudah membantu menyelamatkan kehidupan planet Bumi dari bahaya plastik.

2. Bawa Botol Air Reusable

Botol atau cup air minum sekali pakai yang kita beli akan menyisakan sampah plastik yang memakan cukup banyak ruang. Beruntung jika sampah-sampah ini lolos untuk daur ulang. Jika tidak maka membuat masalah di kemudian hari.

Jadi, agar kita bisa hemat plastik dan juga uang, sebaiknya kamu bawa sendiri botol minum yang bisa digunakan kembali saat kamu pergi ke sekolah, bekerja, atau kemana saja. Dengan menerapkan langkah ini, kamu sudah berbuat baik untuk planet tercinta kita.

3. Bawa Gelasmu Sendiri

Jika kantormu menyediakan minuman dengan gelas plastik sekali pakai, maka kamu harus melawannya dengan cara membawa gelas sendiri dari rumah. Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi penggunaan plastik di kantormu.

Pihak kantor juga harus bisa menghilangkan budaya menyediakan gelas plastik bagi karyawannya. Suruh saja mereka membawa gelas sendiri atau pihak kantor memberinya dengan gelas reusable kepada setiap karyawan.

Dengan tidak menyediakan gelas plastik sekali pakai, pihak kantor juga bisa menghemat anggaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

4. Bawa Makanan dalam Kotak Makan yang Bisa Dipakai Ulang

Saat kamu ke sekolah atau bekerja, alangkah lebih baik jika membawa makanan dalam kotak makan reusable atau yang bisa digunakan lagi. Langkah ini umumnya sudah banyak diterapkan oleh banyak orang. Bagi yang belum, ayo sekarang saatnya untuk membawa perubahan positif bagi planet kita tercinta ini.

5. Katakan Tidak Pada Alat Makan dan Sedotan Sekali Pakai

Barang-barang di atas biasanya kamu dapatkan saat membeli makanan yang tidak disantap di tempat. Walaupun bentuk mereka kecil-kecil, namun impact-nya sangat besar sekali bagi kelestarian alam kita.

Saat ini, kita harus berani mengatakan tidak pada barang-barang di atas. Sendok dan garpu masih bisa diganti dengan barang sejenis yang terbuat dari logam. Dan untuk sedotan, dengan berat hati kamu harus meninggalkannya demi planet Bumi yang sangat indah ini.

6. Hindari Kantong-Kantong Plastik

Saat ini hampir semua makanan dibungkus dengan kantong-kantong plastik. Bahkan tempe yang biasanya memakai daun pisang sebagai pembungkus, kini sudah banyak yang menggunakan plastik.

Nah, agar penggunakan plastik bisa dikurangi, kamu bisa mencoba langkah ini dengan men-skip atau menghindari makanan-makanan yang dibungkus plastik.

Susah? Benar langkah ini susah sekali. Tapi jika kamu biasakan pasti selanjutnya akan menjadi lebih mudah. Ayolah kita makhluk berpikir pasti ada hal yang lebih baik dari plastik untuk membungkus makanan. Insya Allah ada jalannya jika kita mencari.

7. Makan di Tempat Jika Bisa

Makanan yang kita beli dan bawa pulang pasti akan menggunakan plastik sebagai media pembungkusnya. Agar penggunakan plastik bisa ditekan saat kita akan mengenyangkan perut, alangkah baiknya makanan yang kita beli dimakan di tempat saja.

Penulis tahu hal ini akan ribet bagi sebagian orang, tapi dengan mencoba langkah ini kamu bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkunganmu dan makhluk hidup lainnya.

8. Simpan Makanan Sisa di Botol (Jar) Kaca

Jika kamu punya makanan sisa di rumahmu, sebaiknya simpan mereka di botol-botol atau wadah berbahan kaca. Dengan demikian, kamu tidak perlu plastik untuk menyimpan makanan-makanan tersebut.

Selain bisa digunakan berkali-kali, wadah atau botol berbahan kaca juga mampu membuat makanan bertahan lebih lama (menurut anggapan penulis setelah pernah mencoba menyimpan makanan di wadah berbahan kaca dan plastik / koreksi jika keliru ya).

9. Sebarkan dan Bagikan Tulisan Ini

Agar lebih banyak orang mengikuti langkah positif ini, ayo sebarkan dan bagikan tulisan sederhana ini. Biarkan miliaran orang tahu kalau plastik telah membuat Bumi kita sakit dan bersedih.

Nah, itulah beberapa langkah / cara / tips yang bisa kamu coba lakukan dan terapkan untuk hidup dengan sedikit atau bahkan tanpa plastik.

Bahaya plastik sudah mengancam kehidupan dan kelestarian Bumi kita. Oleh karena itu, mari kita sama-sama bergerak untuk mencegah kerusakan planet ini lebih jauh lagi. Salah satu caranya adalah dengan hidup tanpa mengandalkan plastik.

Siap? Siapa lagi yang akan menyelamatkan Bumi ini selain kita?

Postingan terkait

20 Negara Terkaya di Dunia

Daur Hidup Semut yang Perlu Diketahui

Daftar Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya