Apa Itu Gagasan Pokok? Inilah Pengertiannya

oleh Fitri Nurlaela

Halo semuanya, kali ini Gurunakal akan membahas apa itu gagasan pokok dan bagaimana cara menentukan gagasan pokok dalam sebuah teks. Baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.

Apa Itu Gagasan Pokok

Sumber: Pixy.org (Lisensi Creative Commons)

Pengertian Gagasan Pokok


Gagasan pokok disebut juga gagasan umum, pikiran utama pokok pembicaraan atau pokok pikiran. Gagasan umum adalah suatu topik yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah teks.

Gagasan umum juga dapat dikatakan sebagai pernyataan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan. Gagasan umum ini terdapat dalam setiap paragraf. Berdasarkan gagasan pada setiap paragraf tersebut, pembaca dapat menentukan gagasan umum yang mencakup keseluruhan teks.

Gagasan umum teks diungkapkan secara tersurat maupun secara tersirat oleh penulis. Secara tersurat, gagasan umum dapat dilihat pada kalimat utama yang biasanya terletak pada kalimat awal, akhir atau awal dan akhir paragraf.

Cara Menentukan Gagasan Pokok


Bagaimana kita dapat menentukan gagasan pokok atau umum dalam sebuah teks? Berikut ini adalah cara untuk menentukan gagasan umum dalam sebuah teks.

1. Bacalah teks dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat dalam paragraf dalam teks tersebut dengan cermat. Pahami pula yang sedang dibahas atau dibicarakan dalam teks. Setelah membaca teks tersebut secara keseluruhan, maka akan muncul pertanyaan, apa yang sedang dibicarakan atau di bahasa pada teks tersebut?. Jawaban dari pertanyaan tersebut merupakan topik utama teks.

2. Temukan kalimat utama teks

Cara kedua adalah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang kita ketahui, kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama.

Kalimat penjelas adalah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut. Untuk menemukan kalimat utama berarti dengan melihat kalimat utama yang didukung oleh kalimat-kalimat penjelas pada paragraf di dalam sebuah teks.

Adapun ciri kalimat utama sebagai berikut:

  • Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut,
  • Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri,
  • Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya,
  • Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi, serta,
  • Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata berupa kesimpulan, seperti sebagai kesimpulan, oleh karena itu, jadi, oleh sebab itu, dan dengan demikian.

3. Simpulkan gagasan umum melalui inti kalimat

Setelah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf maka carilah kalimat inti tersebut dengan cara mengambil subjek dan predikatnya saja. Selanjutnya simpulkan gagasan-gagasan utamanya.

Referensi


  1. Edukatif, Tim (2016). Mahir Belajar Bahasa Indonesia. Penerbit Erlangga. ISBN 9786022989882.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek