Apa yang Dimaksud dengan Asteroid?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan asteroid?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Asteroid adalah salah satu benda langit yang sering dibahas. Bahkan banyak budaya populer seperti film yang bertemakan asteroid. Jika kamu pernah menonton salah satunya, kamu pasti memiliki gambaran bagaimana bentuk asteroid. Jadi, apa yang dimaksud dengan asteroid?

Pengertian Asteroid


Menurut NASA, asteroid, kadang-kadang disebut planet minor, adalah sisa-sisa batuan tak berudara dari pembentukan awal tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Hingga saat ini, jumlah asteroid yang baru diketahui adalah 1.068.760. Meski jumlahnya cukup banyak, namun massa total semua asteroid yang digabungkan di sabuk asteroid utama lebih kecil dari Bulannya Bumi.

Apa yang dimaksud dengan asteroid

Ini adalah kesan seniman yang menunjukkan asteroid 2004 EW95, asteroid kaya karbon pertama yang dikonfirmasi ada di Sabuk Kuiper dan peninggalan tata surya purba.
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

NASA lebih lanjut menjelaskan kalau sebagian besar puing-puing ruang angkasa purba ini dapat ditemukan mengorbit Matahari di antara Mars dan Jupiter di dalam sabuk asteroid utama. Ukurannya bervariasi, mulai dari yang lebarnya 10 meter hingga yang terbesar dengan diameter sekitar 530 kilometer (kira-kira setara dengan jarak dari kota Serang di Provinsi Banten ke kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah).

Ciri-ciri Asteroid


Berikut adalah beberapa ciri atau karakteristik asteroid yang perlu diketahui:

  • Kebanyakan asteroid di tata surya memiliki bentuk yang tidak beraturan. Namun, ada sebagian kecil yang bentuknya hampir bulat. Selain itu, asteroid sering berlubang dan berkawah.
  • Asteroid berputar mengelilingi Matahari dalam orbit elips. Selain itu, asteroid juga berotasi, tapi kadang sangat tidak menentu.
  • Lebih dari 150 asteroid diketahui memiliki bulan pendamping kecil (beberapa memiliki dua bulan). Ada juga asteroid biner (ganda), di mana dua benda berbatu yang ukurannya kira-kira sama mengorbit satu sama lain, serta sistem asteroid tiga kali lipat.

Klasifikasi Asteroid


Asteroid di tata surya kita dapat diklasifikasikan menjadi tiga golongan, yaitu:

  • Sabuk Asteroid Utama: Asteroid yang paling umum yang mengorbit di dalam sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.
  • Trojan: Asteroid yang berbagi orbit dengan planet yang lebih besar, tetapi tidak bertabrakan dengannya karena mereka berkumpul di sekitar dua tempat khusus di orbit.
  • Asteroid Dekat Bumi: Asteroid memiliki orbit yang mendekati Bumi. Asteroid yang benar-benar melintasi jalur orbit Bumi dikenal sebagai pelintas Bumi.

Bagaimana Asteroid Mendekati Bumi?


Mungkin di antara kita ada yang bertanya-tanya bagaimana asteroid bisa sampai mendekati bahkan menghantam Bumi? Hal ini disebabkan oleh berubahnya orbit asteroid karena gravitasi besar Jupiter dan pertemuan dekat sesekali dengan Mars atau objek lain, hingga menjatuhkannya dari sabuk utama dan melemparkannya ke luar angkasa ke segala arah melintasi orbit planet lain, termasuk Bumi.

Cek Juga


Referensi


  1. In Depth | Asteroids” (dalam bahasa Inggris). NASA Solar System Exploration. Diakses 12 Maret 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek