Apa yang Dimaksud dengan Teks Eksplanasi?

oleh Fitri Nurlaela

Halo semua, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?” Agar pengetahuanmu bertambah luas, ayo baca bahasan singkat ini sampai tuntas.


Apakah kamu pernah membaca sebuah tulisan yang berisi informasi mengenai fenomena atau peristiwa yang terjadi di lingkunganmu? Misalnya fenomena banjir musiman, kekeringan lahan, dll. Nah, informasi tentang peristiwa atau fenomena tersebut disajikan dalam jenis teks eksplanasi. Lalu apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?

Pengertian Teks Eksplanasi


Eksplanasi berasal dari kata serapan bahasa Inggris “explain” yang berarti menjelaskan. Jadi, yang dimaksud dengan teks eksplanasi adalah sebuah karangan yang berisi penjelasan-penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Topik yang diangkat dalam teks eksplanasi bisa seputar fenomena alam, sosial, budaya, teknologi, hingga politik.

Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi. Dengan teks tersebut, pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadinya fenomena secara jelas dan logis.

Struktur Teks Eksplanasi


Sebuah teks eksplanasi dibangun setidaknya dengan tiga struktur atau bagian pokok, yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Judul, yang berfungsi mengarahkan perhatian dan memaparkan isi teks secara singkat kepada pembaca, juga sering dimasukkan ke dalam struktur teks eksplanasi. Berikut adalah penjelasan singkat untuk masing-masing struktur pokok teks eksplanasi.

  • Pernyataan umum

Pernyataan umum biasanya ditandai oleh kata “adalah” dan berisi paparan informasi singkat tentang suatu topik yang dibicarakan. Pernyataan umum biasanya selalu diletakkan di paragraf 1 sampai 2.

  • Deretan penjelas

Pada bagian ini berisi tentang penjelasan secara detail mengenai proses fenomena atau peristiwa itu terjadi. Deretan penjelas berisi paparan fenomena secara lengkap.

  • Interpretasi

Interpretasi berisi kesimpulan atau pendapat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Interpretasi bersifat opsional, boleh ada, boleh tidak.

Contoh Teks Eksplanasi


Berikut adalah contoh teks eksplanasi yang diambil dari salah satu bahasan di Gurunakal dengan judul “Kenapa Starbucks Gagal di Australia?

Pernyataan umum

Starbucks adalah jaringan cafe asal Amerika Serikat yang sudah tersebar di banyak negara di dunia. Tak terkecuali di Indonesia, kita bisa menemukan kedai-kedai Starbucks di sudut-sudut kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Starbucks pertama kali didirikan pada tahun 1971 di Seattle, Amerika Serikat. Hingga tahun 2018, kedai kopi ini sudah memiliki sekitar 28rb cabang di seluruh dunia. Jumlah itu dipastikan akan terus bertambah mengingat Starbucks begitu populer dan cepat berkembang. Lalu, adakah negara di muka Bumi ini di mana Starbucks sulit berkembang? Tentu saja ada. Salah satu negara di mana Starbucks sulit melebarkan sayap bisnisnya adalah Australia, tetangga di selatan negeri kita.

Deretan penjelas

Menurut laporan CNBC, Starbucks telah menutup hampir 70 persen kedai mereka di negeri Kangguru tersebut pada tahun 2008. Hal itu dilakukan karena cafe-cafe tersebut berkinerja buruk. Dengan demikian, di seluruh benua Australia hanya tersisa sekitar 23 kedai Starbucks.

Starbucks mulai masuk ke pasar Australia pada tahun 2000 dan mereka mendirikan hampir 90 cabang di negeri tersebut. Menurut seorang periset di bidang industri konsumen di Gartner yang bernama Thomas O’Connor, Starbucks terlalu cepat diluncurkan sehingga tidak memberikan kesempatan pada konsumen Australia untuk benar-benar mengembangkan selera mereka untuk kedai kopi tersebut.

Australia adalah salah satu negara di mana penduduknya sudah mengenal cafe-cafean sejak lama. Itu artinya budaya minum kopi di sana sudah berkembang pesat. Hal itu dimulai sejak pertengahan tahun 1900-an saat para imigran dari Italia dan Yunani mengenalkan minuman berbahan dasar kopi pada orang Australia.

Disebutkan kalau Starbucks tidak sesuai dengan selera orang Australia. Perusahaan itu menyajikan pilihan kopi yang lebih manis daripada yang disukai orang Australia. Dalam tujuh tahun pertamanya di Australia, Starbucks mengalami kerugian sekitar $105 juta (sekitar Rp 1,4 triliun). Hal itu memaksa mereka untuk menutup 61 lokasi.

Interpretasi

Jadi, apa yang bisa kita pelajari dari Starbucks di Australia ini? Tentu saja kita perlu sebuah riset pasar yang mendalam sebelum akan mengembangkan jaringan bisnis kita lebih besar lagi. Walaupun bisnismu sudah punya nama besar, semua orang belum tentu akan menerima apa yang kamu tawarkan.

Baca Juga


Referensi


  1. Edukatif, Tim (2016). Mahir belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  2. Suherli, dkk (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek