Apakah Matahari Satu-satunya Bintang di Galaksi Bima Sakti?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan ini membantu menjawab pertanyaan “Apakah Matahari satu-satunya bintang di Galaksi Bima Sakti?” Ayo baca bahasan menarik ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Menurut NASA, galaksi adalah kumpulan besar gas, debu, dan miliaran bintang serta tata surya mereka. Sebuah galaksi diikat oleh gravitasi. Galaksi kita, Bima Sakti, juga memiliki sebuah lubang hitam yang sangat besar di tengahnya.

Bima Sakti adalah salah satu galaksi di alam semesta yang jumlahnya sangat banyak. Bima Sakti adalah galaksi berbentuk spiral yang sangat besar, dengan berdiameter sekitar 100.000 tahun cahaya. Matahari kita dan semua planet yang berada di sekitarnya adalah bagian dari Galaksi Bima Sakti.

Pertanyaannya, apakah Matahari satu-satunya bintang di Galaksi Bima Sakti? Bukan, Matahari bukan satu-satunya bintang di Galaxy Bima Sakti. Matahari adalah salah satu dari setidaknya 100 miliar bintang di Bima Sakti. Bahkan ada banyak bintang di Bima Sakti yang ukurannya jauh lebih besar dari Matahari.

Apakah Matahari satu-satunya bintang di Galaksi Bima Sakti

Taburan bintang di sebuah sudut Galaksi Bima Sakti yang terlihat dari Bumi.
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Menurut NASA, bintang-bintang di Galaksi Bima Sakti tersusun dalam pola kincir dengan empat lengan utama, dan kita tinggal di salah satunya. Bumi yang kita tinggali berada berjarak sekitar 28.000 tahun cahaya dari pusat Galaksi Bima Sakti. Bisa dikatakan kalau kita semua tinggal di pinggiran galaksi.

Lebih lanjut lagi NASA menyebutkan kalau ribuan planet ekstrasurya (atau exoplanet) telah ditemukan sejauh ini, dengan ribuan kandidat lainnya terdeteksi dan menunggu konfirmasi. Banyak dari sistem planet yang baru ditemukan ini sangat berbeda dari sistem kita.

Semua bintang di Bima Sakti dikatakan NASA mengorbit lubang hitam supermasif di pusat galaksi, yang diperkirakan berukuran empat juta kali lebih besar dari Matahari kita. Diperlukan sekitar 230 juta tahun bagi tata surya kita untuk membuat satu revolusi mengelilingi pusat galaksi.

Referensi


  1. In Depth | Beyond Our Solar System” (dalam bahasa Inggris). NASA Solar System Exploration. Diakses 5 Maret 2021.
  2. The Milky Way Galaxy” (dalam bahasa Inggris). NASA Goddard Space Flight Center. Diakses 5 Maret 2021.
  3. What Is a Galaxy?” (dalam bahasa Inggris). NASA Space Place. Diakses 5 Maret 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek