Arti Kata Daring

oleh Gurunakal

Daring adalah singkatan dari ‘dalam jaringan’ dan merupakan bahasa Indonesia dari kata online dalam bahasa Inggris. Arti kata daring menurut KBBI yaitu terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Aktivitas daring semakin banyak dilakukan masyarakat dunia, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan, seiring meningkatnya pemakaian komputer dan gawai serta meluasnya jangkauan internet.

Teknologi yang semakin maju dan perekonomian yang terus berkembang berdampak besar terhadap aktivitas daring di berbagai penjuru dunia. Jika dulu hanya orang-orang dengan pendapatan tinggi yang mampu membeli gawai, kini siapa saja bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Macam-macam Aktivitas Daring


Daring dapat merujuk pada beragam aktivitas. Misalnya seorang siswa yang belajar dari rumah melalui komputer atau gawai mereka disebut dengan belajar daring. Atau mereka yang belanja melalui platform perdagangan elektonik atau e-commerce disebut dengan belanja daring.

Lalu apa saja aktivitas daring yang paling sering dilakukan masyarakat dunia? Sejauh ini kami belum menemukan penelitian terpercaya untuk hal tersebut. Namun, kami akan menginformasikan data Statista terkait aktivitas online paling populer dari pengguna internet dewasa di Amerika Serikat per November 2019.

Statista menemukan kalau aktivitas online paling populer di Amerika Serikat menggunakan layanan pesan teks atau instan, yang mencangkup 92,3 persen pengguna online negeri tersebut. Selanjutnya diikuti oleh menggunakan surel atau email dan menonton video daring.

Data ini kemungkinan tidak jauh berbeda dengan data pengguna internet di Indonesia. Mengirim pesan melalui aplikasi perpesanan instan, mengirim pesan menggunakan surel untuk keperluan bisnis, dan menonton video-video favorit secara online juga termasuk umum di kalangan msayarakat kita.

Kelebihan dan Kekurangan Aktivitas Daring


Setiap aktivitas daring memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita ambil contoh aktivitas belajar daring.

Belajar daring menawarkan cara yang efisiensi untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa. Di sini guru dapat menggunakan alat pembelajaran yang beragam sebagai bagian dari rencana pelajaran mereka, seperti video, PDF, dan podcast. Dengan memperluas rencana pelajaran di luar buku teks tradisional untuk memasukkan sumber daya daring, guru dapat menjadi pendidik yang lebih efisien.

Namun, di sini lain para siswa dapat mudah kehilangan fokus mereka selama pembelajaran daring berlangsung. Mereka bisa saja teralihkan oleh media sosial karena merasa bosan atau situs lain yang mereka anggap menarik. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk menjaga kelas daring mereka tetap segar, menarik, dan interaktif untuk membantu siswa tetap fokus pada pelajaran.

Contoh lainnya adalah ketika belanja daring. Pengguna hanya perlu memilih barang-barang yang mereka inginkan yang terpampang pada layar komputer atau gawai mereka. Mereka bisa melakukannya tanpa keluar rumah, sehingga menghemat banyak waktu. Namun, jika mereka tida hati-hati, aktivitas belaja daring bisa merugikan, seperti ketidaksesuaian barang yang dibeli dan barang dalam kondisi rusak ketika tiba di rumah.

Intinya, aktivitas daring apa pun harus dilakukan dengan hati-hati agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan.

Referensi


  1. Daring.” KBBI Daring. Diakses 5 Juni 2021.
  2. Gautam, Priyanka. (10 Oktober 2020). “Advantages And Disadvantages Of Online Learning” (dalam bahasa Inggris). eLearning Industry. Diakses 5 Juni 2021.
  3. Johnson, Joseph. (27 Januari 2021). “Most popular online activities of adult internet users in the United States as of November 2019” (dalam bahasa Inggris). Statista. Diakses 5 Juni 2021.

Tulis unek-unek