Arti Landlocked Country yang Perlu Dipahami

oleh Gurunakal

Artikel ini membahas arti landlocked country atau negara yang terkurung daratan. Ada lebih dari 200 negara di dunia ini, baik yang sudah diakui sepenuhnya atau yang sebagian. Negara-negara tersebut tersebar di semua benua (Asia, Afrika, Australia, Eropa, dan Amerika) dan samudera (Arktik, Atlantik, Hindia, dan Pasifik).

Negara yang terletak di samudera atau disebut dengan negara kepulauan sudah dipastikan daratannya berbatasan langsung dengan laut. Akan tetapi, tidak semua negara daratan memiliki batas langsung dengan laut. Negara-negara tersebut disebut dengan ‘landlocked country‘.

Landlocked country adalah istilah yang diberikan untuk negara-negara yang tidak berbatasan langsung dengan lautan. Istilah dalam bahasa Indonesianya adalah negara yang terkurung daratan atau negara pedalaman. Itulah arti landlocked country.

Landlocked country ini biasanya adalah negara-negara yang terletak di tengah-tengah benua dan dihapit oleh negara-negara lainnya. Contoh negara terdekat ke Indonesia yang dikategorikan landlocked country adalah Laos.

Dengan demikian, Laos merupakan negara di Asia Tenggara yang tidak memanfaatkan hasil laut karena tidak memiliki batas laut dan garis pantai. Namun, Laos dialiri oleh sejumlah sungai besar yang bisa dimanfaatkan untuk pengairan dan peternakan ikan.

negara di Asia Tenggara yang tidak memanfaatkan hasil laut karena tidak memiliki batas laut dan garis pantai adalah

Peta Negara Laos
Sumber: Free World Maps

Jika kamu melihat peta negara Laos dengan seksama, maka kamu bisa mengetahui kalau negara itu tidak memiliki laut sama sekali. Dari segala penjuru mata angin, Laos dikelilingi oleh daratan negara lain seperti Thailand, Vietnam, dan Kamboja, Myanmar, dan Tiongkok.

Contoh lain landlocked country yang terletak di benua Asia adalah Mongolia. Negara ini terletak di Asia Timur dan wilayah benar-benar jauh dari lautan. Negara-negara yang mengelilingi Mongolia adalah China atau Tiongkok dan Rusia.

Arti Landlocked Country

Peta Negara Mongolia
Sumber: Free World Maps

Di seluruh dunia kurang lebih terdapat 49 negara dan teritori yang tidak memiliki lautan atau landlocked country. Dari semua jumlah itu, ada lima negara yang tidak diakui sepenuhnya oleh negara-negara lainnya.

Kebanyakan negara yang terkurung daratan itu terletak di Asia, Afrika, dan Eropa. Hanya ada dua landlocked country yang terletak di benua Amerika, yaitu negara Paraguay dan Bolivia.

Berikut ini adalah daftar lengkap negara yang terkurung daratan di seluruh dunia. Artikel lain mengenai negara terkurung daratan terluas di dunia bisa kamu baca di sini.

ASIA

  1. Afghanistan / Asia Selatan
  2. Armenia / Asia Barat
  3. Azerbaijan / Asia Tengah
  4. Bhutan / Asia Selatan
  5. Kazakhstan / Asia Tengah
  6. Kyrgystan / Asia Tengah
  7. Laos / Asia Tenggara
  8. Mongolia / Asia Timur
  9. Nepal / Asia Selatan
  10. Tajikistan / Asia Tengah
  11. Turkmenistan / Asia Tengah
  12. Uzbekistan / Asia Tengah

AFRIKA

  1. Afrika Tengah / Afrika Tengah
  2. Botswana / Afrika Selatan
  3. Burkina Faso / Afrika Barat
  4. Burundi / Afrika Timur
  5. Chad / Afrika Tengah
  6. Ethiopia / Afrika Timur
  7. Malawi / Afrika Timur
  8. Mali / Afrika Barat
  9. Lesotho / Afrika Selatan
  10. Niger / Afrika Barat
  11. Rwanda / Afrika Tengah
  12. Sudan Selatan / Afrika Timur
  13. Swaziland / Afrika Selatan
  14. Zambia / Afrika Selatan
  15. Zimbabwe / Afrika Selatan
  16. Uganda / Afrika Timur

EROPA

  1. Andorra / Eropa Barat Daya
  2. Austria / Eropa Tengah
  3. Belarusia / Eropa Timur
  4. Ceko / Eropa Tengah
  5. Hungaria / Eropa Tengah
  6. Kosovo / Eropa Tenggara
  7. Liechtenstein / Eropa Tengah
  8. Luxembourg / Eropa Barat
  9. Makedonia / Eropa Tenggara
  10. Moldova / Eropa Timur
  11. San Marino / Eropa Selatan
  12. Serbia / Eropa Tenggara
  13. Slovakia / Eropa Tengah
  14. Swiss / Eropa Barat
  15. Vatikan / Eropa Selatan

AMERIKA

  1. Bolivia / Amerika Selatan
  2. Paraguay / Amerika Selatan

Itulah negara-negara yang tidak memiliki batas dengan lautan langsung. Warga di negara-negara tersebut harus melewati batas negara lain jika ingin melihat lautan. Selain itu, mereka juga harus mengeluarkan banyak uang untuk berbagai keperluan di perjalanan.

Sebagai informasi, lautan juga merupakan salah satu jalur perdagangan yang ramai. Negara yang punya laut dapat dengan mudah melakukan kerja sama dagang dengan negara lainnya yang juga punya laut. Hal itu tentu saja bisa saling menguntungkan.

Negara-negara yang tidak memiliki laut juga mempunyai keuntungan, yaitu wilayahnya yang tidak mudah disusupi oleh musuh (tergantung tingkat pengamanannya sih).

Kita yang tinggal di Indonesia harus bersyukur karena kita bisa pergi menikmati pantai-pantai yang indah dengan mudah. Kekayaan laut yang sangat melimpah juga bisa kita rasakan hingga saat ini. Jadi, mari kita jaga laut kita sama-sama agar terus lestari.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek