Bagaimana Caranya untuk Mempromosikan Produk Lokal untuk Bisa Dijual di Luar Negeri?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Bagaimana caranya untuk mempromosikan produk lokal untuk bisa dijual di luar negeri?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Promosi adalah salah satu cara ampuh untuk mengenalkan produk kita kepada orang lain. Dengan cara ini, kita memiliki kesempatan besar untuk meningkatkan penjualan, yang pada akhirnya menghasilkan keuntungan.

Salah satu bentuk promosi yang paling ampuh adalah iklan. Beriklan berarti kita mempromosikan produk, merk, atau layanan kepada masyarakat untuk menarik minat, keterlibatan, dan penjualan.

Iklan adalah metode yang terjamin untuk menjangkau audiens. Dengan membuat iklan yang menarik, dan pengeluaran yang cukup untuk menjangkau banyak pengguna, iklan dapat berdampak langsung pada bisnis.

Cara Mempromosikan Produk Secara Global


Saat ini kita bisa mempromosikan produk kita dengan mudah menggunakan internet. Hanya dengan duduk di dalam kamar dan tersambung ke jaringan internet, kita sudah bisa mengenalkan produk kita kepada dunia.

Bagaimana caranya untuk mempromosikan produk lokal untuk bisa dijual di luar negeri

Sumber: PxHere (Lisensi Creative Commons)

Akan tetapi, menjual produk ke luar negeri bukanlah pekerjaan mudah. Kita harus mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku, baik di negara kita sendiri maupun di negara di mana produk kita hendak dijual. Dan masih banyak lagi hal yang perlu dikerjakan jika kita ingin menjual produk secara global.

Saat semuanya sudah siap, kita bisa menggunakan beberapa cara promosi agar produk lokal kita bisa dikenal dan dijual di luar negeri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Beriklan di Media Sosial

Beriklan di media sosial adalah salah satu cara paling ampuh untuk mempromosikan produk kita kepada dunia. Media sosial yang biasa digunakan untuk beriklan adalah Facebook, Instagram dan YouTube yang digunakan oleh mayoritas orang-orang di banyak negara.

2. Endorse Influencer Lokal

Kita juga bisa menggunakan jasa para influencer lokal untuk mempromosikan produk kita kepada masyarakat di negaranya. Salah satu tempat terbaik untuk menemukan influencer adalah sosial media. Kita bisa memilih influencer dengan pengikut atau fans yang banyak agar produk kita dikenal lebih banyak orang.

3. Menjual di Marketplace Global

Menjual produk lokal di marketplace global juga bisa dijadikan opsi yang bagus. Saat ini marketplace global yang paling populer adalah Amazon yang menjangkau banyak negara di dunia.

4. Beriklan di Media Lokal

Kita juga bisa memanfaatkan media lokal seperti TV, radio, dan koran untuk mempromosikan produk kita. Namun kita harus mengetahui dulu perkembangan media tersebut, apakah bagus untuk beriklan atau tidak.

5. Menjadi Sponsor Acara

Menjadi sponsor sebuah acara yang populer di negara target kita juga merupakan cara yang bagus untuk promosi. Cara ini juga sering dilakukan perusahaan luar negeri untuk mempromosikan produknya di negara kita, seperti menjadi sponsor turnamen bulutangkis Indonesia Terbuka yang digemari masyarakat kita dan sponsor berbagai liga olahraga lainnya.

Nah, itulah sedikit bahasan untuk pertanyaan “Bagaimana caranya untuk mempromosikan produk lokal untuk bisa dijual di luar negeri?” Jika kamu mempunyai usulan lain, silahkan berbagi di kolom komentar.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek