Bahasa Jepang Selamat Malam, Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore

oleh Gurunakal

Halo semua, kali ini kita akan belajar bahasa Jepang selamat malam, selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan beberapa hal terkait. Ayo baca bahasannya sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.


Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah pengaruh budaya Jepang yang cukup besar. Sebut saja salah satunya anime. Pasti kamu juga sudah sangat mengenal anime, kan?

Nah, bagi yang tertarik dengan bahasa Jepang, di sini kita akan belajar bagaimana pengucapan selamat malam, selamat pagi, selamat siang, dan selamat sore dalam bahasa Jepang.

Sebelum dimulai, perlu kamu ingat ya bahasa dalam bahasa Jepang juga dikenal pengucapan salam secara formal maupun kasual. Salam formal berarti digunakan dalam acara-acara formal atau resmi, seperti pertemuan bisnis, kolega, dan lain sebagainya. Sedangkan salam informal atau kasual biasa digunakan kepada kerabat atau teman dekat.

Bahasa Jepang Selamat Malam


Bahasa Jepang selamat malam adalah こんばんは (konbanwa). Ini merupakan cara formal dan sopan untuk mengatakan selamat malam dalam bahasa Jepang. Waktu penggunaan ungkapan ini kira-kira setelah pukul 6 sore atau terbenamnya Matahari.

Tidak ada versi yang lebih atau kurang formal dari konbanwa. Kamu bisa mengucapkannya kepada hampir semua orang, tapi pasti lebih umum untuk menyapa teman dan keluarga dengan salam informal dalam bahasan ini.

Kamu bisa mengucapkan konbanwa kepada hampir semua orang. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak menggunakan ungkapan ini dengan kenalan dekat mereka, seperti teman dan keluarga. Sebaliknya mereka lebih sering menggunakan cara informal (cek daftarnya di bawah).

Selain konbanwa, ada juga salam yang digunakan untuk mengucapkan selamat malam dalam bahasa Jepang. Salam tersebut yaitu おやすみなさい (oyasumi nasai). Namun, ini lebih merupakan ungkapan perpisahan daripada salam. Ini seperti frasa good night dalam bahasa Inggris. Baca bahasan salam dalam bahasa Inggris di sini.

Frasa oyasumi nasai digunakan pada malam hari dan ketika hendak tidur. Secara harfiah frasa ini kira-kira berarti “silahkan beristirahat atau selamat beristirahat.”

Ungkapan oyasumi nasai cukup formal untuk digunakan kepada teman atau keluarga. Sebagai gantinya, kamu cukup mengatakan kata oyasumi saja.

Bahasa Jepang Selamat Pagi


Bahasa Jepang selamat pagi adalah おはようございます (ohayou gozaimasu). Ini merupakan cara formal untuk menyapa seseorang di pagi hari. Kamu bisa menggunakannya pada atasan, partner bisnis, guru, dan mereka yang lebih senior dari kamu.

Sedangkan cara informalnya kamu cukup mengucapkan ohayou saja. Kamu bisa menggunakannya kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman sebagai sapaan yang lebih santai.

Waktu penggunaan ungkapan salam ini adalah di pagi hari sampai sebelum tengah hari.

Bahasa Jepang Selamat Siang


Bahasa Jepang selamat siang adalah こんにちは (konnichiwa). Kata ini secara kasar berarti halo dalam bahasa Jepang, tapi itu tidak digunakan sesering yang kamu kira. Waktu penggunaan sapaan ini umumnya natara jam 11 pagi hingga pukul 5 sore.

Seperti halnya konbanwa, tidak ada versi yang lebih atau kurang formal dari konnichiwa. Namun ini sapaan cukup formal, sehingga mungkin akan terasa canggung saat digunakan kepada kenalan dekat. Sapaan ini utamanya digunakan dalam situasi semi formal, seperti di dalam ruang kantor misalnya.

Bahasa Jepang Selamat Sore


Kamu dapat menggunakan sapaan konnichiwa sebagai ungkapan selamat sore dalam bahasa Jepang. Seperti yang telah disebutkan di atas, salam ini dapat digunakan antara pukul 11 pagi hingga 5 sore.

***

Selain beberapa ungkapan salam di atas, ada beberapa ungkapan salam lain yang mungkin lebih cocok untuk situasi tertentu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Perpisahan:

  • さようなら(Sayounara) = Selamat tinggal / Goodbye
  • じゃあ、ね (Jaa, ne) = Sampai jumpa lagi / See you later

Meninggalkan rumah:

  • いってきます (Ittekimasu) = Saya pergi / I’m leaving
  • いってらしゃい (Itterashai) = Goodbye

Pulang ke rumah

  • ただいま (Tadaima) = Saya pulang / kembali
  • おかえり(なさい) O-kaeri (nasai) = Selamat datang kembali / Welcome back

Ittekimasu secara harfiah berarti “Aku akan pergi dan kembali” sedangkan itterasshai (perhatikan dua konsonan ganda) berarti “Silakan pergi dan kembali.”

Tadaima adalah kependekan dari tadaima kaerimashita, yang berarti “saya baru saja kembali”, dan o-kaeri nasai adalah semacam perintah seperti “silahkan masuk” (dari kaeru “untuk kembali”).

Satu-satunya dari empat ini dengan dua versi yang sering digunakan adalah o-kaeri nasai, dan seperti halnya o-yasumi nasai, menghilangkan “nasai” membuatnya kurang formal.

Referensi


  1. Greetings and Other Expressions” (dalam bahasa Inggris). Japanese Professor. Diakses 3 Juni 2021.
  2. Neuman, Lara. (25 Juli 2018). “Aisatsu: 10 basic Japanese greetings” (dalam bahasa Inggris). 株式会社GoGo World. Diakses 3 Juni 2021.
  3. Sacasas, Caitlin. “Japanese Greetings: 17 Ways to Say “Hello” in Japanese” (dalam bahasa Inggris). Fluent in 3 Months. Diakses 3 Juni 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek