Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

oleh Gurunakal

Halo semuanya, kali ini kita akan mempelajari bahasa Korea selamat ulang tahun. Ayo perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan ini.


Semenjak gelombang budaya Korea menyebar ke berbagai sudut dunia, banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa dan budayanya.

Nah, salah satu ungkapan yang sering dicari pecinta budaya dan bahasa Korea adalah pengucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea.

Mengucapkan selamat ulang tahun kepada keluarga atau teman dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sudah sangat umum dilakukan.

Jika kamu ingin mengetahui bahasa Korea selamat ulang tahun, baca bahasan ini sampai tuntas, ya. Sebelumnya, ketahui dulu penjelasan ungkapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea di bawah ini.

Penjelasan Ungkapan “Selamat Ulang Tahun” dalam Bahasa Korea


Ungkapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea memiliki versi ‘sebutan kehormatan’ yang digunakan ketika berbicara dengan orang-orang tentang generasi (atau lebih) yang lebih tua dari kita.

Jadi, ketika kamu akan mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea kepada teman atau orang tua, ada sedikit perbedaan dalam pengucapannya.

Kata reguler untuk ulang tahun dalam bahasa Korea adalah 생일 (saengil). Kata ini bisa kamu gunakan ketika mengacu pada hari ulang tahun kamu sendiri atau sesorang yang seumuran atau lebih muda dari kamu.

Namun, jika kamu ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang yang lebih tua, kamu harus menggunakan kata 생신 (saengsin).

Nah, di bawah ini adalah tingkat formal yang berbeda untuk mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea.

Catatan: Gunakan alat penerjemah Google untuk mendengarkan pengucapannya. Kamu bisa membuka alat tersebut di peramban dan gunakan terjemahan Korea ke Indonesia. Salin frasa-frasa dalam Hangeul (alfabet Korea) di bawah ini dan tempel pada kotak terjemahan. Lalu klik ikon suara untuk mendengarkan.

1. 생신을 축하드립니다! (Saengsineul Chukadeurimnida)

Ini merupakan ungkapan formal selamat ulang tahun dalam bahasa Korea dan bisa kamu gunakan kepada orang yang jauh lebih tua darimu.

Frasa di atas terdiri dari kata kerja 축하하다 (chukahada), yang berarti “merayakan” atau “mengucapkan selamat.” Kata ini dikombinasikan dengan kata kerja 드리다 (deurida), yang merupakan versi formal dari “memberi.”

Kamu akan menggunakan versi selamat ulang tahun ini dalam bahasa Korea untuk menunjukkan rasa hormat yang besar kepada orang yang kamu ucapkan, seperti orang tua dan guru.

2. 생일 축하합니다! (Saengil Chukahamnida) atau 생일 축하해요! (Saengil Chukahaeyo)

Ini adalah dua frasa standar untuk mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea. Keduanya dapat digunakan pada sebagian besar kesempatan, termasuk dalam kartu ucapan selamat ulang tahun. Dari kedua frasa di atas, versi “saengil chukahamnida” sedikit lebih formal.

Kata chukahamnida dalam saengil chukahamnida berarti “mengucapkan selamat.” Kata ini sendiri bisa kamu gunakan memberi selamat kepada seseorang atas pencapaian sesuatu.

3. 생일 축하해! (Saengil Chukahae)

Ini merupakan frasa informal atau kasual untuk mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea. Kamu bisa menggunakan frasa ini kepada teman dekat, anak kecil, pasangan, atau saudara kandung.

Ungkapan ini sangat mirip dengan 생일 축하해요 (saengnil chukahaeyo), kecuali akhir ‘요 (yo)’ di bagian akhir. Ini membuatnya jauh lebih informal. Jadi, jangan sampai kamu menggunakannya kepada orang yang lebih tua atau lebih senior, ya.

Referensi


  1. How to Say ‘Happy Birthday’ in Korean” (dalam bahasa Inggris). 90 Day Languages LLC. Diakses 3 Juni 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek