Bahasa Korea Terima Kasih (Formal, Standar, Informal)

oleh Gurunakal

Halo semua, di sini kita akan mempelajari bahasa Korea terima kasih dalam bentuk formal, standar, dan informal. Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.


Ada beberapa frasa yang bisa kamu gunakan untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Korea. Ini bergantung kepada siapa kamu akan mengucapkannya.

Karena budaya Korea mengutamakan hierarki dan rasa hormat yang terlihat dari gerak tubuh dan bahasa mereka, orang Korea memiliki cara berbicara yang berbeda satu sama lain tergantung pada usia atau posisi yang dipegang seseorang.

Cara mereka berbicara dapat bervariasi dari bahasa formal hingga bahasa santai, termasuk ketika akan mengucapkan terima kasih. Berikut adalah ungkapan yang bisa kamu gunakan.

Frasa Formal


Ucapan terima kasih dalam bentuk formal ini dapat digunakan saat kamu berbicara dengan orang yang tidak kamu kenal atau orang yang lebih tua. Ada dua frasa yang bisa kamu gunakan, yaitu sebagai berikut.

1. 감사합니다 (gam sa ham ni da)

Ini adalah ungkapan formal paling populer untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Korea. Frasa ini berasal dari kata kerja 감사하다 (gamsahada) yang artinya berterima kasih.

감사합니다 menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Kamu dapat menggunakan frasa ini untuk mengungkapkan terima kasih dalam bahasa Korea di restoran, toko, atau taksi.

Karena sering diucapkan dalam tempo yang agak cepat, jadi pengucapannya terkadang terdengar seperti 감삼니다 (gam sam ni da). Tapi itu sebenarnya diucapkan 감사합니다 (gam sa ham ni da).

2. 고맙습니다 (go map seum ni da)

Penggunaan frasa ini sama dengan frasa di atas. 고맙습니다 (go map seum ni da) dianggap sebagai ungkapan terima kasih yang sopan, sehingga bisa kamu gunakan dengan siapa saja: teman, keluarga, rekan kerja, dll.

Jika kamu menonton berita televisi Korea, kamu mungkin akan mendengar penyiar mengucapkan terima kasih menggunakan frasa 고맙습니다 (go map seum ni da) dalam siaran mereka.

Frasa Standar


Ungkapan terima kasih standar dalam bahasa Korea dapat kamu gunakan kepada seseorang yang dekat denganmu, dan mereka seumuran denganmu. Ungkapan ini adalah 고마워요 (gomawoyo), yang merupakan versi yang kurang formal dari 고맙습니다 (gomapseumnida).

고마워요 (gomawoyo) masih terbilang sopan, tapi konjugasinya berbeda jadi agak kurang formal. Bila kamu pernah menonton drama Korea, kamu pasti sering mendengarnya diucapkan oleh pemeran kepada teman-teman sebaya mereka. Sekali lagi, ucapan ini sebaiknya hanya digunakan dengan orang-orang yang dekat denganmu saja, ya.

Frasa Informal


Bahasa Korea terima kasih dalam bentuk tidak formal adalah 고마워 (gomawo). Kamu bisa mengatakan 고마워 (gomawo) kepada seseorang yang sangat dekat denganmu yang seumuran atau lebih muda darimu. Ini adalah cara yang baik untuk berterima kasih kepada orang-orang yang merupakan teman dekat atau saudara kandung.

Referensi


  1. How to Say “Thank You” in Korean – The Different Ways to Express Thanks” (dalam bahasa Inggris). 90 Day Languages LLC. Diakses 3 Juni 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek