Batas Alam yang Memisahkan Antara Myanmar dengan Thailand Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Batas alam yang memisahkan antara Myanmar dengan Thailand adalah?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Batas alam yang memisahkan antara Myanmar dengan Thailand adalah?

A. Sungai Mekong

B. Pegunungan Tennaserim

C. Danau Tonle Sap

D. Perbukitan Montagnard​

Jawaban yang paling memungkinkan adalah A dan B. Namun, sebelum mengetahui jawaban paling tepat, mari kita bahas dulu jawaban yang dicoret, yaitu Danau Tonle Sap dan Perbukitan Montagnard​.


Danau Tonle Sap

Tonle Sap adalah sebuah danau yang terletak di negara Kamboja, tetangga Thailand di sebelah timur. Dengan demikian, Danau Tonle Sap bukan jawaban yang tepat untuk jawaban di atas karena bukan berada di negara yang dibahas.

Sebagai informasi, Tonle Sap merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dengan luas sekitar 2.700 km persegi. Danau yang juga disebut Boeung Tonle Sap ini memiliki salah satu ekosistem paling hidup di dunia.

Ada berbagai spesies satwa liar di dalam dan sekitar danau, yang membantu mempertahankan dan menumbuhkan peradaban Khmer kuno. Ini juga terkenal dengan komunitas lokalnya yang menarik dan desa terapung mereka.

Perbukitan Montagnard

Montagnard adalah daerah pegunungan yang terletak di negara Vietnam. Dengan demikian, Perbukitan Montagnard juga bukan jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas.

Sebagai informasi, Montagnard adalah kata dalam bahasa Prancis yang berarti “pendaki gunung”. Kadang-kadang Montagnard digunakan untuk menggambarkan semua etnis minoritas. Selain itu, Montagnard juga kadang digunakan untuk menggambarkan beberapa suku atau suku tertentu di daerah Dataran Tinggi Tengah.


Lalu bagaimana dengan dua jawaban lainnya: Sungai Mekong dan Pegunungan Tennaserim? Berikut adalah bahasannya.

Batas Myanmar-Thailand terbentang sekitar 1.800 km dari tripoin Laos di Mekong atas ke arah selatan ke pantai barat semenanjung Malaya. Sebagian besar batasnya bertepatan dengan puncak gunung dan thalweg dari berbagai sungai.

Lalu, di antara Sungai Mekong dan Tennaserim, batas alam mana yang memisahkan antara Myanmar dengan Thailand?

Sungai Mekong

Peta Aliran Sungai Mekong
Sumber: South China Morning Post

Sungai Mekong adalah salah satu sungai terbesar di dunia. Sungai ini berasal dari pegunungan tinggi provinsi Qinghai, melewati Tibet sepanjang provinsi Yunnan (Tiongkok), melalui Myanmar, Thailand, Laos, dan Kamboja sebelum memasuki Vietnam.

Dari segi panjang, Sungai Mekong menempati peringkat ke-12 di dunia (ke-7 se-Asia). Selain itu, dalam hal aliran air, ia menempati urutan ke-10 di dunia. Luas cekungannya sekitar 800.000 km².

Sebuah bagian Sungai Mekong yang panjangnya sekitar 200 km membentuk perbatasan antara negara Myanmar dan Laos. Di ujung perbatasan, sungai ini bergabung dengan Sungai Ruak di Segitiga Emas. Sungai Mekong kemudian membentuk perbatasan Laos dan Thailand sebelum mengalir ke Laos di provinsi Bokeo

Sungai tersebut kemudian membentuk perbatasan Laos dan Thailand di bagian yang mengalir melalui Vientiane hingga provinsi Champasak. Sungai Mekong juga melewati negara Kamboja hingga berakhir di delta yang luas di selatan Vietnam.

Jika melihat peta, aliran Sungai Mekong memang terlihat sedikit melewati perbatasan Myanmar dan Thailand. Namun, yang menjadi perbatasan antara kedua negara di kawasan tersebut adalah Sungai Ruak, anak Sungai Mekong yang berasal dari Negara Bagian Shan, Myanmar.

Dengan demikian, Sungai Mekong bukanlah jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas. Lalu bagaimana dengan Pegunungan Tennaserim?

Pegunungan Tennaserim

Batas alam yang memisahkan antara Myanmar dengan Thailand adalah

Peta Pegunungan Tenasserim di perbatasan Myanmar dan Thailand
Sumber: Wikimedia Commons

Jajaran Pegunungan Tenasserim adalah nama geografis dari rangkaian pegunungan sepanjang 1.700 km, bagian dari sistem pegunungan Indo-Malaya di Asia Tenggara. Meskipun ketinggiannya relatif kurang, pegunungan ini menjadi penghalang efektif antara Thailand dan Myanmar di wilayah utara dan tengahnya.

Jika kita melihat peta dengan seksama, Pegunungan Tenasserim ini memanjang dari utara ke selatan melewati tiga negara, yaitu Thailand, Myanmar, dan Malaysia. Antara Thailand dan Myanmar, Pegunungan Tenasserim seakan menjadi batas alam yang memiskan kedua negara.

Jadi, jawaban paling tepat untuk pertanyaan “Batas alam yang memisahkan antara Myanmar dengan Thailand adalah?” Pegunungan Tenasserim.


Referensi

  1. Burma – Thailand Boundary” (dalam bahasa Inggris). The Geographer Office of the Geographer Bureau of Intelligence and Research. Diakses 1 Desember 2020. File PDF.
  2. Montagnards in Vietnam” (dalam bahasa Inggris). Facts and Details dari sumber asli National Geographic Edisi April 1968. Diakses 1 Desember 2020.
  3. Tenasserim Hills” (dalam bahasa Inggris). Wikipedia. Diakses 1 Desember 2020.
  4. Tonle Sap Lake in Siem Reap” (dalam bahasa Inggris). Hotels.com. Diakses 1 Desember 2020.
  5. Where is the Mekong River Location on the World Map?” (dalam bahasa Inggris). Mekong River Cruise. Diakses 1 Desember 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek