Benua dengan Luas Wilayah Paling Kecil di Dunia

oleh Gurunakal

Artikel ini membantu menjawab pertanyaan “Benua yang paling kecil adalah benua?”. Meskipun jawabannya cukup mudah, kamu harus mengetahui dulu sedikit informasi penting mengenai benua.

Apa itu benua?

Benua

Pembagian benua di muka Bumi
Sumber: Wikimedia Commons

Benua, seperti yang kita ketahui, adalah sebuah daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi. Total luas tanah semua benua di muka bumi ini adalah 148.647.000 kilometer persegi, atau sekitar 29,1% dari luas keseluruhan permukaan bumi.

Benua adalah sebuah daratan yang sangat luas yang berada di permukaan bumi, mencangkup hampir 30% dari luas total permukaan bumi.

Sebuah benua biasanya diidentifikasi berdasarkan kesepakatan daripada kriteria-kriteria baku. Kesepakatan itu membuahkan hasil berupa tujuh wilayah atau region yang umum dianggap sebagai benua.

Ketujuh benua yang ada di dunia ini adalah (dari yang terbesar) Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia. Indonesia sendiri diketahui masuk wilayah Asia meskipun secara wilayah terpisah dengan daratan utama benua tersebut.

Luas wilayah masing-masing benua (model tujuh benua).

  • Asia: 44.579.000 km persegi
  • Afrika: 30.370.000 km persegi
  • Amerika Utara: 24.709.000 km persegi
  • Amerika Selatan: 17.840.000 km persegi
  • Antartika: 14.000.000 km persegi
  • Eropa: 10.180.000 km persegi
  • Australia/Oceania: 8.600.000 km persegi

Dari data di atas kita bisa mengetahui jawaban untuk pertanyaan “Benua yang paling kecil adalah benua?”, yaitu Australia/Oceania.

Australia adalah benua dengan luas wilayah paling kecil di dunia. Luas benua ini termasuk pulau-pulau yang berada di Samudra Pasifik (dikategorikan sebagai Oceania oleh kesepakatan dunia internasional).

Model benua

Setiap negara di dunia ini memiliki cara membedakan benua masing-masing, ada yang model lima benua, enam benua, dan tujuh benua. Berikut adalah ketiga model dalam membedakan benua tersebut.

  • Model tujuh benua: Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia/Oceania
  • Model enam benua (1): Asia, Afrika, Amerika, Antartika, Eropa, dan Australia/Oceania
  • Model enam benua (2): Eurasia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, dan Australia/Oceania
  • Model lima benua: Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia

Istilah Oceania mengacu pada sekelompok negara pulau dan teritorial di Samudra Pasifik, bersama dengan benua Australia.

Pulau-pulau Pasifik dengan ikatan ke benua lain (seperti Jepang [Asia], Hawaii [Amerika Utara] atau Pulau Paskah [Amerika Selatan]) biasanya dikelompokkan dengan benua itu daripada Oceania. Istilah ini digunakan dalam beberapa model benua yang berbeda, bukan “negara” Australia.

Dua bagian Indonesia, yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat juga dimasukan dalam wilayah benua Australia (bukan negara ya, tapi “wilayah benua”) karena alasan-alasan tertentu (lihat gambar utama).

1. Model tujuh benua

Beberapa negara yang menggunakan model tujuh benua adalah Tiongkok, India, Filipina, negara-negara di Eropa Barat, dan sebagian besar negara-negara berbahasa Inggris, seperti Australia dan Kanada.

2. Model enam benua (1)

Model enam benua pertama ini digunakan di Prancis dan bekas koloni-koloninya, Italia, Portugal, Spanyol, Rumania, Amerika Latin, Yunani, dan beberapa bagian Eropa lainnya.

3. Model enam benua (2)

Model enam benua kedua ini digunakan di Rusia, Eropa Timur, dan Jepang.

4. Model lima benua

Penulis belum mengetahui negara mana saja yang menggunakan model lima benua. Model yang ini diketahui digunakan oleh organisasi internasional seperti Olimpiade dan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Jika kamu pernah melihat bendera olimpiade, di sana tergambar lima cincin yang saling bertautan. Lima cincin itu mewakili lima benua, yaitu Asia, Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia.

Nah, itulah jawaban untuk pertanyaan “Benua yang paling kecil adalah benua?” beserta sedikit informasi tambahan untuk wawasan yang lebih luas.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek