Benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi masuk adalah?

oleh Gurunakal

Halo orang baik dan pintar, bahasan ini membantu menjawab pertanyaan “Benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi masuk adalah?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.

Apa itu migrasi?


Pengertian migrasi menurut KBBI daring adalah perpindahan penduduk dari satu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain untuk menetap.

Orang-orang yang melakukan migrasi disebut dengan migran. Dalam konteks dunia, PBB mendefinisikan migran internasional sebagai orang yang tinggal di negara selain negara kelahiran mereka atau di negara selain negara kewarganegaraan mereka.

Dalam laporannya PBB lebih lanjut menyebutkan kalau jumlah migran internasional di seluruh dunia mencapai sekitar 272 juta pada tahun 2019 atau sekitar 3,5 persen dari total penduduk dunia. Berikut adalah beberapa sorotan dari data tersebut.

  • Hampir 56 persen dari mereka tinggal di negara-negara di wilayah atau region yang lebih maju, sementara negara-negara di wilayah kurang maju menampung 44 persen.
  • Sebanyak 65 persen dari semua migran internasional tinggal di negara-negara berpenghasilan tinggi, 30 persen tinggal di negara-negara berpenghasilan menengah, dan 5 persen menetap di negara-negara berpenghasilan rendah.

Migrasi internasional tahun 2020


Pada tahun 2020, PBB kembali mengeluarkan laporan terkait migrasi internasional. Meski arus migrasi terganggu akibat pandemi COVID-19, PBB memperkirakan kalau jumlah orang yang tinggal di luar negara asalnya mencapai 281 juta pada tahun 2020. Ini artinya jumlah migran internasional mengalami peningkatan sekitar 9 juta orang dibanding tahun sebelumnya.

Dalam laporan PBB kembali disebutkan kalau Eropa kembali menjadi tujuan utama migran internasional untuk tinggal. Pada tahun 2020, Eropa menjadi rumah bagi sekitar 87 juta migran internasional.

Wilayah tujuan para migran internasional selanjutnya adalah Amerika Utara, dengan hampir 59 juta orang, diikuti oleh Afrika Utara dan Asia Barat dengan hampir 50 juta migran. Sedangkan jumlah migran internasional di wilayah lainnya lebih kecil.

Eropa, migrasi internasional, dan pertambahan penduduk


Para migran internasional dari negara-negara berpendapatan rendah cenderung memilih kawasan-kawasan makmur sebagai rumah baru mereka untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Contohnya adalah Eropa dan Amerika Utara.

Maka tak heran jumlah migran internasional di kedua kawasan itu sangat tinggi. Namun perlu diingat bahwa sebagian besar migran internasional di Eropa bersifat intra-regional, yang berjumlah sekitar 70 persen dari total migran. Contohnya seperti orang Spanyol pindah ke Prancis atau Inggris untuk mencari kerja dan lain sebagainya.

Jika dibandingkan dengan pertambahan penduduknya, maka jumlah migran internasional yang masuk ke kedua kawasan tersebut jumlahnya bisa ratusan kali lipat.

Sebagai contoh Eropa. Menurut data Statista, pertumbuhan penduduk Eropa pada tahun 2020 hanya 0,04 persen atau penduduknya bertambah sekitar 400 ribu jiwa saja dari tahun sebelumnya (747.182.751 >>> 747.636.026).

Di sisi lain, pertumbuhan penduduk kawasan Amerika Utara di periode yang sama hanya 0,62 persen. Pada tahun 2019, jumlah penduduk kawasan itu mencapai 366.600.964 jiwa. Sedangkan pada tahun 2020 menjadi 368.869.647 jiwa.

Kesimpulan


Dari data singkat yang berasal dari Laporan Migrasi Internasional PBB 2020, bisa disimpulkan kalau benua yang pertambahan penduduknya lebih banyak karena migrasi masuk adalah Eropa.

Untuk bahasan lebih lanjut, kamu bisa membaca sumber-sumber bahasan ini dengan mengunjungi tautan-tautan pada bagian referensi.

Catatan


Jika kamu tidak menemukan jawaban “Eropa” pada pertanyaan yang sedang kamu jawab, kamu bisa berdiskusi dengan teman atau gurumu. Yang pasti, bahasan ini dibuat dengan data-data resmi badan dunia yang dapat dipercaya.

Referensi


  1. Annual population growth rate in Europe from 1950 to 2020.” Statista. Diakses 27 Agustus 2021.
  2. Estimated population of Europe from 1950 to 2021.” Statista. Diakses 27 Agustus 2021.
  3. “International Migration 2019: Report.” United Nations Department of Economic and Social Affairs, Population Division (2020) (dalam bahasa Inggris). Diakses 27 Agustus 2021. File PDF.
  4. “International Migration 2020 Highlights.” United Nations Department of Economic and Social Affairs, Population Division (2020) (dalam bahasa Inggris). Diakses 27 Agustus 2021. File PDF.
  5. North America Population Growth Rate 1950-2021.” Macrotrends LLC. Diakses 27 Agustus 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek