Berapakah Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Jawa Barat?

oleh gurunakal.com

Halo sahabat Gurunakal, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan: Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Jawa Barat? Data yang Gurunakal tampilkan berdasarkan publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2020 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat pada tanggal 27 April 2020.


Peta Jawa Barat

Lokasi Jawa Barat di Pulau Jawa
Sumber: Wikipedia

Saat kita mendengar nama Jawa Barat, yang terlintas di pikiran banyak orang mungkin tentang makanan pedas, Bandung, Suku Sunda, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu kalau Jawa Barat juga dikenal sebagai provinsi paling padat penduduknya di Indonesia?

Penduduk Provinsi Jawa Barat


Menurut BPS, penduduk Provinsi Jawa Barat pada tahun 2019 diperkirakan sebanyak 49,32 juta jiwa, menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi terbesar di Indonesia dalam hal jumlah penduduk.

Menurut kamu dari jumlah sebanyak itu, kota atau kabupaten Jawa Barat mana yang paling banyak penduduknya? Mungkin banyak yang akan menjawab Kota atau Kabupaten Bandung. Namun itu kurang tepat.

Kabupaten Bogor menjadi wilayah yang paling banyak dihuni di Jawa Barat, yaitu sebanyak 5,96 juta jiwa (12,1 persen), diikuti Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bekasi, masing-masing 3,78 juta jiwa dan 3,76 juta jiwa. Sedangkan wilayah yang paling sedikit penduduknya adalah Kota Banjar yang memiliki 183,11 ribu penduduk.

Urbanisasi di Jawa Barat


Sebagai daerah penyangga ibu kota Jakarta, di Jawa Barat banyak berdiri industri-industri besar yang penting bagi perekonomian nasional. Hal itu mendorong terjadinya urbanisasi (perpindahan penduduk dari desa ke kota) yang besar di wilayah ini.

Penduduk yang pindah ke kota-kota utama Jawa Barat tidak hanya dari desa-desa di Jawa Barat saja, tapi dari banyak desa lainnya di luar Jawa Barat. BPS Jawa Barat memperkirakan hampir 72,5% penduduk Jawa Barat tinggal di daerah perkotaan.

Kepadatan Penduduk Provinsi Jawa Barat


Luas wilayah Provinsi Jawa Barat adalah 35.377,76 km persegi. Dengan jumlah penduduk hampir 50 juta orang pada tahun 2019 membuat kepadatan penduduk Provinsi Jawa Barat sangat tinggi. Menurut BPS, jumlah kepadatan penduduk Provinsi Jawa Barat adalah 1.394 jiwa per km persegi pada tahun 2019.

Berapakah Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Jawa Barat

Tabel kepadatan penduduk daerah di Jawa Barat tahun 2010 dan 2019
Sumber: BPS Jawa Barat (dengan tangkapan layar)

Dari 27 kabupaten atau kota yang ada di Jawa barat, 16 di antaranya memiliki tingkat kepadatan penduduk lebih dari 1.000 jiwa per km persegi. Daerah yang memiliki tingkat kepdatan penduduk tertinggi di Jawa Barat sekaligus di Indonesia adalah Kota Cimahi yang mencapai 15.643 jiwa per km persegi.

Selain Kota Cimahi, terdapat tiga daerah lain di Jawa Barat yang kepadatan penduduknya di atas 10.000 jiwa per km persegi pada tahun 2019. Ketiganya yaitu Kota Bandung dengan 14.957 jiwa per km persegi, Kota Bekasi dengan 14.539 jiwa per km persegi, dan Kota Depok dengan 12.017 jiwa per km persegi.

Referensi


  1. Iqbal, Reza (3 Oktober 2019). “10 Provinsi di Indonesia yang Paling Banyak Penduduknya”. IDN Times Jogja. Diakses 12 Agustus 2020.
  2. Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2020”. Badan Pusat Statistik Jawa Barat. Diakses 12 Agustus 2020. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek