Burung yang Menjadi Lambang Kantor Pos Indonesia Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Burung yang menjadi lambang Kantor Pos Indonesia adalah?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Kantor Pos di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Kantor Pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746.

Kantor Pos tersebut dibangun dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda.

Empat tahun setelah berdirinya Kantor Pos Batavia, Pemerintah Hindia Belanda kemudian membangun Kantor Pos Semarang. Hal ini bertujuan untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya.

Seiring berjalannya waktu, Kantor Pos di Indonesia mengalami banyak perkembangan hingga menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan status PT Pos Indonesia (Persero).

Hingga saat ini, PT Pos Indonesia (Persero) memiliki jaringan yang sangat luas hingga 4.800 kantor pos online dan 58.700 titik layanan dalam bentuk kantor pos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain lain. Saat ini kantor pusat Pos Indonesia terletak di Bandung, Jawa Barat.

Logo PT Pos Indonesia (Persero)


Burung yang menjadi lambang Kantor Pos Indonesia adalah

Logo Pos Indonesia
Sumber: Pos Indonesia

Logo PT Pos Indonesia (Persero) identik dengan burung  dan bola dunia. Burung yang menjadi lambang Kantor Pos Indonesia adalah burung merpati. Berikut adalah rincian daripada logo Pos Indonesia.

  1. Simbol Burung Merpati dalam posisi terbang dengan pandangan lurus ke depan, lima garis sayap yang berbentuk garis-garis kecepatan, memiliki arti/makna bahwa PT Pos Indonesia (Persero) dalam menjalankan usahanya mengutamakan pada kecepatan, ketepatan dan terpercaya.
  2. Simbol Bola Dunia melambangkan peran PT Pos Indonesia (Persero) sebagai penyelenggaran layanan yang mampu menjadi sarana komunikasi dalam lingkup nasional maupun internasional.
  3. Tipe tulisan “POS INDONESIA” dengan huruf Futura Extra Bold memberikan ciri khas PT Pos Indonesia (Persero) sebagai perusahaan kelas dunia.
  4. Warna Logo menggunakan warna korporat yaitu warna Pos Orange dan Abu-abu. Warna Pos Orange mengandung arti/makna dinamis dan cepat. Warna Abu-abu yang merupakan warna natural mengandung arti/makna modern dari sisi pendekatan bisnis.

Referensi


  1. Logo PT Pos Indonesia (Persero)”. posindonesia.co.id. Diakses 4 November 2020.
  2. Sejarah Pos”. posindonesia.co.id. Diakses 4 November 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek