9 Cara Hidup Tanpa Plastik yang Mudah Dilakukan

oleh Gurunakal

6. Hindari Kantong-Kantong Plastik

Saat ini hampir semua makanan dibungkus dengan kantong-kantong plastik. Bahkan tempe yang biasanya memakai daun pisang sebagai pembungkus, kini sudah banyak yang menggunakan plastik.

Nah, agar penggunakan plastik bisa dikurangi, kamu bisa mencoba langkah ini dengan men-skip atau menghindari makanan-makanan yang dibungkus plastik.

Susah? Benar langkah ini susah sekali. Tapi jika kamu biasakan pasti selanjutnya akan menjadi lebih mudah. Ayolah kita makhluk berpikir pasti ada hal yang lebih baik dari plastik untuk membungkus makanan. Insya Allah ada jalannya jika kita mencari.

7. Makan di Tempat Jika Bisa

Makanan yang kita beli dan bawa pulang pasti akan menggunakan plastik sebagai media pembungkusnya. Agar penggunakan plastik bisa ditekan saat kita akan mengenyangkan perut, alangkah baiknya makanan yang kita beli dimakan di tempat saja.

Penulis tahu hal ini akan ribet bagi sebagian orang, tapi dengan mencoba langkah ini kamu bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkunganmu dan makhluk hidup lainnya.

8. Simpan Makanan Sisa di Botol (Jar) Kaca

Jika kamu punya makanan sisa di rumahmu, sebaiknya simpan mereka di botol-botol atau wadah berbahan kaca. Dengan demikian, kamu tidak perlu plastik untuk menyimpan makanan-makanan tersebut.

Selain bisa digunakan berkali-kali, wadah atau botol berbahan kaca juga mampu membuat makanan bertahan lebih lama (menurut anggapan penulis setelah pernah mencoba menyimpan makanan di wadah berbahan kaca dan plastik / koreksi jika keliru ya).

9. Sebarkan dan Bagikan Tulisan Ini

Agar lebih banyak orang mengikuti langkah positif ini, ayo sebarkan dan bagikan tulisan sederhana ini. Biarkan miliaran orang tahu kalau plastik telah membuat Bumi kita sakit dan bersedih.

Nah, itulah beberapa langkah / cara / tips yang bisa kamu coba lakukan dan terapkan untuk hidup dengan sedikit atau bahkan tanpa plastik.

Bahaya plastik sudah mengancam kehidupan dan kelestarian Bumi kita. Oleh karena itu, mari kita sama-sama bergerak untuk mencegah kerusakan planet ini lebih jauh lagi. Salah satu caranya adalah dengan hidup tanpa mengandalkan plastik.

Siap? Siapa lagi yang akan menyelamatkan Bumi ini selain kita?

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek