Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa

oleh Gurunakal

Halo semuanya, kali ini Gurunakal akan berbagi informasi mengenai cara menggunakan Google Classroom untuk siswa. Google Classroom dapat diakses melalui perangkat Android, iPhone & iPad, serta komputer.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa

Sumber: Google for Education

Memulai Google Classroom Melalui Android


Untuk memulai Google Classroom di smartphone Android, ikuti petunjuk berikut:

1. Pasang Google Classroom

Kamu harus memasang aplikasi Google Classroom di ponselmu. Caranya adalah dengan mengunduhnya di Play Store. Setelah diunduh, pasang aplikasinya di ponselmu. Sebelumnya pastikan ponsel Android-mu mendukung pemasangan aplikasi Google Classroom.

Agar kamu dapat menggunakan semua fitur Google Classroom, kamu perlu memasang aplikasi pendukung, yaitu Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Biasanya ketiga aplikasi ini sudah terpasang secara default saat kamu membeli ponsel. Namun jika belum ada, kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

2. Bergabung dengan Kelas

Setelah sukses memasang aplikasi Google Classroom dan pendukungnya, kini saatnya kamu bergabung dengan kelas. Sebelum bergabung dengan kelas, kamu harus masuk dulu ke aplikasi menggunakan akun yang benar. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan tugas dari guru dan berkomunikasi dengan teman sekelasmu.

Kamu bisa bergabung dengan kelas dengan:

  • Tautan atau link kelas — Gurumu mengirimkan tautan kepadamu.
  • Kode kelas — Gurumu mengirim atau memberi tahumu kode kelas.
  • Undangan email — Gurumu mengirimi undangan melalui email.

Cara Bergabung dengan Tautan

  1. Klik tautan kelas yang dibagikan oleh gurumu.
  2. Pastikan Anda masuk dengan akun yang benar. Jika kamu perlu beralih akun, ketuk tanda panah Bawah “∨” dan pilih atau tambahkan akunmu.
  3. Ketuk Gabung ke kelas.

Cara Bergabung dengan Kode

Gurumu dapat memberi tahu kode kelas kepadamu. Setelah mendapatkan kode, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ketuk Classroom.
  2. Pastikan kamu masuk dengan akun yang benar. Jika kamu sudah masuk dan perlu berganti akun, di pojok kanan atas, ketuk gambar profil > pilih atau tambahkan akun.​
  3. Di pojok kanan bawah, ketuk Gabung ke kelas +.
  4. Masukkan kode kelas dari pengajar > ketuk Gabung.

Catatan: Kode kelas terdiri dari 6-7 karakter, dan menggunakan huruf serta angka. Kode tidak boleh memiliki spasi atau simbol khusus. Jika kode tidak berfungsi, pastikan kamu masuk dengan akun yang benar.

Cara Bergabung dengan Undangan

Gurumu mungkin mengirimi undangan email kepadamu. Kamu dapat bergabung dengan kelas dari email tersebut atau di Classroom.

Menerima undangan di Classroom:

  1. Ketuk Classroom.
  2. Pastikan kamu masuk dengan akun yang benar. Jika kamu sudah masuk dan perlu berganti akun, di pojok kanan atas, ketuk gambar profil > pilih atau tambahkan akun.​
  3. Di kartu kelas, ketuk Gabung.

Menerima undangan di email:

  1. Buka program email yang kamu gunakan untuk Classroom.
  2. Di undangan email dari guru, ketuk Gabung.

Memulai Google Classroom Melalui Komputer


Untuk memulai Google Classroom di komputer, ikuti petunjuk berikut:

1. Masuk ke Situs Classroom

Kamu harus memiliki koneksi internet yang aktif untuk masuk atau login. Bergantung pada setelan pembelajaran, kamu dapat login ke Classroom menggunakan salah satu akun berikut:

  • Akun sekolah—Juga dikenal sebagai akun G Suite for Education, akun ini disiapkan oleh sekolah yang terakreditasi. Nama akun terlihat seperti kamu@sekolahmu.edu. Jika tidak mengetahui detail akun G Suite for Education-mu, tanyakan kepada pengajar atau administrator IT sekolahmu.
  • Akun Google Pribadi—Disiapkan oleh kamu sedniri atau orang tua atau wali kamu. Akun Google pribadi umumnya digunakan di luar lingkungan sekolah, seperti homeschooling atau klub. Nama akun terlihat seperti kamu@contoh.com.
  • Akun G Suite—Disiapkan oleh admin organisasimu. Nama akunmu terlihat seperti kamu@organisasimu.com.

Jika kamu telah mengetahui cara login ke Classroom, buka classroom.google.com. Atau, ikuti langkah-langkah terperinci di bawah.

  1. Buka classroom.google.com, lalu klik Buka Classroom.
  2. Masukkan alamat email akun Classroom-mu, lalu klik Berikutnya.
  3. Masukkan kata sandi, lalu klik Berikutnya.
  4. Jika ada pesan selamat datang, tinjau pesan tersebut, lalu klik Terima.
  5. Jika kamu menggunakan akun G Suite for Education, klik Saya Seorang Siswa.
    Catatan: Pengguna dengan Akun Google pribadi tidak akan melihat opsi ini.
  6. Klik Mulai.

2. Bergabung dengan Kelas

Cara bergabung dengan kelas melalui komputer tidak jauh berbeda dengan cara melalui ponsel Android di atas. Di sini kamu harus login dulu ke classroom.google.com menggunakan akunmu dengan benar. Setelah itu ikuti poin-poin bergabung dengan kelas melalui beberapa cara di atas.

Untuk memulai Google Classroom di iPhone atau iPad juga caranya tidak beda jauh dengan memulai di Android. Ikuti saja petunjuk yang tertera pada layar iPhone atau iPad yang kamu gunakan setelah kamu berhasil memasang aplikasi Classroom di perangkat.

Detail lebih lengkap mengenai cara menggunakan Google Classroom bisa kamu cek di laman-laman yang telah disediakan oleh Google. Gurunakal telah menyiapkan tautan ke laman-laman tersebut di bawah ini.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek