Apa Saja Ciri-ciri Planet Venus?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Apa saja ciri-ciri planet Venus?” Ayo baca bahasan menarik ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari. Karena ukuran dan strukturnya yang mirip dengan Bumi, Venus sering disebut sebagai kembaran Bumi. Namun, ini bukanlah kembar identik, karena terdapat perbedaan-perbedaan besar di antara dua planet ini.

ciri-ciri planet Venus

Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Venus merupakan objek paling terang di langit malam selain Bulan. Venus sangat cerah karena tertutup oleh awan yang memantulkan banyak sinar matahari yang masuk. Kecerahan maksimal planet ini dapat dilihat segera sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam, sehingga disebut bintang fajar atau bintang senja.

Venus memiliki atmosfer tebal dan beracun yang berisi karbon dioksida dan selalu diselimuti awan tebal kekuningan yang sebagian besar mengandung asam sulfat yang memerangkap panas, menyebabkan efek rumah kaca yang tak terkendali. Ini membuat Venus menjadi planet terpanas di tata surya meski Merkurius lebih dekat ke Matahari.

Ciri-ciri Planet Venus


Berikut adalah beberapa ciri planet Venus yang perlu diketahui:

  • Venus memiliki atmosfer tebal yang penuh dengan gas rumah kaca karbondioksida dan awan yang terbuat dari asam sulfat.
  • Venus terlihat seperti planet yang sangat aktif. Planet ini memiliki pegunungan, lembah, dan puluhan ribu gunung berapi.
  • Permukaan Venus memiliki banyak kawah. Meteoroid kecil terbakar di atmosfer padat, sehingga hanya meteoroid besar yang mencapai permukaan dan menciptakan kawah tubrukan.
  • Venus memiliki ukuran yang hampir mirip dengan Bumi. Bumi hanya sedikit lebih besar.
  • Venus berputar berlawanan arah dengan Bumi dan sebagian besar planet lain. Dan rotasinya sangat lambat.

Fakta Planet Venus


Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang planet Venus yang perlu diketahui:

  1. Venus adalah planet terdekat kedua dengan matahari pada jarak sekitar 108 juta km.
  2. Satu hari di Venus berlangsung selama 243 hari di Bumi karena Venus berputar ke belakang, dengan matahari terbit di barat dan terbenam di timur.
  3. Permukaan padat Venus adalah lanskap vulkanik yang ditutupi dengan dataran luas yang menampilkan pegunungan vulkanik tinggi dan dataran tinggi bergerigi yang luas.
  4. Venus tidak memiliki bulan dan cincin.
  5. Suhu permukaan planet Venus sekitar 465 derajat Celsius—cukup panas untuk melelehkan timah.
  6. Banyak ilmuwan percaya bahwa air pernah ada di permukaan planet Venus.
  7. Lebih dari 40 pesawat ruang angkasa telah menjelajahi Venus. Misi Magellan tahun 90-an memetakan permukaan planet dan Akatsuki saat ini mengorbit Venus.
  8. Permukaan Venus telah dipetakan oleh radar. Peta tersebut menunjukkan ribuan gunung berapi dan kawah tubrukan. Ada dua daerah dataran tinggi utama, dengan pegunungan yang lebih tinggi dari Gunung Everest.
  9. Suhu Venus yang ekstrim dan awan asam menjadikannya tempat yang tidak mungkin untuk kehidupan seperti yang kita ketahui.
  10. Sementara permukaan planet Venus berputar perlahan, angin bertiup dengan kekuatan badai, mengirimkan awan seluruhnya ke seluruh planet setiap lima hari.

Referensi


  1. Overview | Venus” (dalam bahasa Inggris). NASA Solar System Exploration. Diakses 4 Maret 2021.
  2. Venus” (dalam bahasa Inggris). European Space Agency – Space for Kids. Diakses 4 Maret 2021.
  3. Venus”. Wikipedia. Diakses 4 Maret 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek