Danau yang Terdalam di Dunia dan Terletak di Siberia Yaitu?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Danau yang terdalam di dunia dan terletak di Siberia yaitu?” Ayo perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan ini.


Danau adalah badan air yang terletak di tengah-tengah daratan. Sebuah danau dapat terbentuk karena beberapa cara, seperti aktivitas vulkanik hingga campur tangan manusia yang disebut dengan danau buatan atau waduk.

Di Indonesia kita mengenal Danau Toba sebagai danau terbesar. Terletak di Provinsi Sumatera Utara, Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia. Danau yang memiliki pulau di tengahnya ini sangat terkenal karena keindahannya, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata populer di Sumatera Utara.

Di bagian lain dunia ada banyak danau yang lebih luas dari Danau Toba. Bahkan saking luasnya (juga karena airnya asin) ada danau yang dianggap dan disebut sebagai lautan, yaitu Laut Kaspia.

Laut Kaspia adalah danau terbesar di dunia menurut luas permukaan. Laut Kaspia terletak di antara Eropa dan Asia dan bentuknya memanjang dari utara ke selatan.

Perairan Laut Kaspia yang terbagi menjadi tiga wilayah teritorial (teritori utara, teritori tengah, dan teritori selatan) dikuasai oleh lima negara, yaitu Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan.

Meskipun memiliki area yang sangat luas, Laut Kaspia bukanlah danau dengan kedalaman paling dalam di dunia. Lalu apa danau yang paling dalam di dunia?

Danau Terdalam di Dunia yang Terletak di Siberia


Danau yang terdalam di dunia dan terletak di Siberia yaitu Danau Baikal. Danau ini merupakan danau terdalam di dunia sekaligus danau air tawar terbesar di dunia menurut volume air. Danau Baikal juga terkenal akan kejernihan airnya, bahkan disebut-sebut sebagai danau paling jernih di dunia.

Danau yang terdalam di dunia dan terletak di Siberia yaitu

Pemandangan indah Danau Baikal dengan jalur kereta api wisata yang sangat populer di Rusia.
Sumber: Trans Siberian Express

Ahli geologi percaya bahwa Danau Baikal sudah ada pada zaman Paleogen akhir. Asal mulanya dimulai tidak kurang dari 25-30 juta tahun yang lalu. Dalam sejarah umat manusia, banyak orang telah tinggal di dekat Danau Baikal sejak zaman kuno ketika lebih dari tiga abad yang lalu, penjelajah Rusia pertama mendekati danau.

Ekspedisi Rusia pertama ke Danau Baikal berlangsung pada tahun 1643. Ekspedisi tersebut dilakukan oleh seorang Cossack, Kurbat Ivanov. Ekspedisi ke-2 (1647) dipimpin oleh Vasily Kolesnikov. Mereka mencapai pantai utara Danau Baikal dan membangun benteng di sana, ostrog Verkhneangarsky.

Seiring berjalannya waktu, eksplorasi Danau Baikal terus berlanjut. Meskipun telah dijelajahi selama lebih dari tiga abad, Danau Baikal masih menyimpan banyak misteri. Karena lingkungannya unik, para penjelajah membutuhkan waktu dan ketekunan untuk menyingkap misteri-misteri Danau Baikal.

Disebutkan banyak fenomena danau yang belum bisa dijelaskan. Mereka benar-benar tersembunyi dari sains, dan para ilmuwan berusaha untuk menembus lebih dalam ke dunia danau yang misterius. Tetapi di masa depan, sifat Danau Baikal yang menakjubkan pasti akan mengungkapkan kepada para ilmuwan fenomena baru yang belum diketahui.

Danau Baikal Menjadi Destinasi Populer


Saat ini Danau Baikal adalah salah satu destinasi wisata yang populer. Mereka yang berjiwa petualang pasti memiliki keingingan kuat untuk mengunjungi tempat yang misterius ini.

Salah satu cara untuk berwisata paling keren ke Danau Baikal adalah dengan menumpang kereta api wisata yang menjelajahi wilayah negara Rusia sepanjang ribuan kilometer dari barat ke timur.

Danau Baikal menjadi salah satu tempat pemberhentian kereta wisata tersebut dan para penumpang bisa menikmati keindahan Danau Baikal sambil bercengkrama dengan penduduk lokal.

Referensi


  1. History of Lake Baikal” (dalam bahasa Inggris). Baikal Web World. Diakses 22 November 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek