Desain Apa Saja dengan Mudah Menggunakan Canva

oleh Gurunakal

Tahukah kamu kalau kamu bisa melakukan desain dengan Canva tanpa perlu keahilan khusus? Ya, Canva adalah aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk membuat desain apa saja, mulai dari poster, logo, kartu, kartu undangan, presentasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Canva telah menyediakan banyak templat gratis sehingga siapa saja bisa memulai desain tanpa perlu keahlian khusus. Saking mudah dan praktisnya menggunakan Canva, tak heran jika aplikasi hebat ini memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif bulanan di 190 negara di dunia hingga bulan Juni 2020.

Keunggulan lain dari Canva selain mudah digunakan adalah GRATIS! Di Canva kamu bisa menemukan ratusan atau mungkin ribuan item gratis yang bebas digunakan. Bagi pengguna yang menginginkan item-item yang lebih lengkap, mereka dapat berlangganan Canva dengan harga yang kompetitif dan pastinya lebih murah dibanding harus menggunakan jasa desainer profesional!

Bagi kamu yang ingin mencoba melakukan desain dengan Canva, berikut adalah beberapa fitur Canva yang perlu diketahui.

1. Teks Lengkung

Sumber: Canva

Dengan fitur pembuat teks lengkung Canva, kamu dapat dengan mudah mengubah teks menjadi bentuk dan arah lengkung yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu mengubah sudut setiap huruf dalam teks satu per satu. Dengan fitur ini, kamu sekarang dapat menyesuaikan bentuk teks dengan beberapa klik.

Teks lengkung sangat cocok untuk mendesain logo atau lencana untuk bisnis pemula. Teks melengkung memungkinkanmu memasukkan nama merek, penawaran layanan, atau tagline ke dalam gambar visual logo bulat. Hal ini memudahkan untuk membuat gambar terpadu dari logo yang dapat dengan mudah dicetak menjadi stiker melingkar, lencana, cetakan tas, atau aset pencitraan merek lainnya.

2. Desain Bersama Tim

Desain dengan Canva

Sumber: Canva

Fitur ini memungkinkanmu untuk mengundang orang lain untuk menjadi tim desain di Canva. Dengan cara ini, kamu bisa bergerak lebih cepat dalam membuat desain yang kamu butuhkan. Kolaborasi antara kamu dan tim bisa dilakukan di perangkat apa pun, di mana pun di dunia.

Lupakan registrasi atau proses persetujuan yang rumit. Cukup undang tim kamu, pilih izin akses mereka, dan mulai membuat dalam hitungan detik. Temukan, bergabung, dan buat banyak tim untuk berbagai proyek, semuanya di satu tempat.

Menariknya, kamu bahkan bisa langsung berkomunikasi dengan tim di Canva. Kamu bisa mengirim komentar, memberi tag anggota tim, meninggalkan umpan balik, membagikan desain, dan menyelesaikan saran langsung di Canva – kapan pun, di mana pun, di perangkat apa pun.

3. Tekstur

Desain dengan Canva

Sumber: Canva

Kamu juga bisa memberikan kedalaman tekstur pada karya senimu dengan Canva. Aplikasi ini memiliki semua alat untuk menambahkan beberapa tekstur ke dalam desain, bersama dengan perpustakaan gambar mengagumkan yang penuh dengan tekstur yang siap menginspirasimu!

Lalu apa itu tekstur? Tekstur adalah apa yang membuat material berbeda tampak memiliki konsistensi tertentu. Misalnya, warna mengkilap juga terlihat licin atau halus, dan tekstur kain yang kasar terlihat kasar atau usang. Canva memudahkan untuk menambahkan tekstur ke desain agar lebih menarik dan menambah suasana desainmu.

4. Pemangkas Gambar

Sumber: Canva

Apa sebenarnya cropping atau memangkas itu? Memangkas adalah menghapus bagian foto untuk mengubah ukurannya. Ada banyak cara untuk menggunakan pemangkas gambar Canva: kamu dapat memangkas foto agar bentuknya pas dengan desain kamu lainnya, atau kamu dapat memangkas untuk mengubah fokus dan komposisi foto. Dikombinasikan dengan pustaka gambar Canva yang luas, pemangkasan adalah cara terbaik untuk membuat berbagai macam gambar dan tayangan yang berbeda.

Klik dua kali foto apa pun atau pilih dan klik tombol “Crop” dan Canva akan menggambar kotak di sekitar bagian yang akan dipotong. Ubah ukuran atau skala foto dan area yang dipangkas dengan menarik jangkar di sudut, lalu klik tanda centang setelah selesai.

Pemangkas gambar Canva adalah salah satu kuki cerdas: ini akan otomatis menyesuaikan dengan elemen desain lain untuk memberikan keselarasan sempurna pada desain. Kamu bahkan tidak perlu khawatir kehilangan data – jika kamu ingin memangkas foto lagi, kamu akan melihat seluruh foto aslinya, seperti pertama kali.

5. Gelembung Ucapan

Sumber: Canva

Gelembung atau balon ucapan adalah lingkaran kecil berisi kata atau suara yang memiliki “ekor” yang mengarah ke orang yang berbicara. Untuk menambahkan balon ucapan, cukup telusuri “speech bubble” di perpustakaan gambar Canva dan gulir melalui banyak gelembung warna-warni yang unik. Bentuk dan gaya gelembung membantu menyampaikan emosi ucapan yang dimilikinya.

Selain fitur-fitur di atas, masih banyak fitur unggulan lain yang dimiliki Canva. Itu termasuk menambahkan teks ke foto, menambahkan efek foto, meluruskan foto, gambar transparan, membuat foto grid, menambahkan stiker, menambahkan frame, dan masih banyak lagi yang lainnya. Siap mendesain dengan Canva?

Mulai Desain dengan Canva

Catatan: Konten ini mengandung tautan afiliasi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi laman Pengungkapan Afiliasi.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek