5 Fakta Ikan Hiu Megalodon yang Sangat Mengerikan

oleh Gurunakal

Menurut ilmuan, Megalodon adalah sejenis hiu purba dengan ukuran yang sangat besar. Hiu ini sudah punah tentu saja, karena yang ditemukan sebagai bukti pernah adanya makhluk laut ini adalah gigi-giginya yang super besar.

Sudah banyak video di YouTube yang membahas tentang kehidupan hiu Megalodon. Jadi, jika kamu sudah pernah menonton salah satunya, pasti ada gambaran bentuk dari hiu ini dalam pikiranmu.

Lalu adakah fakta-fakta menarik tentang hiu Megalodon ini? Ya tentu saja ada. Kamu bisa mengetahuinya di bawah ini.

Hiu Megalodon

Ilustrasi hiu megalodon
Sumber: Flickr

1. Predator Terbesar yang Pernah Hidup

Dengan panjang lebih dari 20 meter dan berat lebih dari 60 ton, Megalodon merupakan predator terbesar yang pernah diketahui dalam sejarah bumi. Jika dibandingkan dengan Hiu Putih modern terbesar yang memiliki panjang sekitar 7 meter dan berat lebih dari 3 ton, Megalodon berkali-kali lebih panjang dan berat!

Jika dibandingkan dengan pesawat Boeing 737, ukuran Hiu Megalodon lebih dari setengah badan pesawat tersebut. Jadi jika kalian melihat pesawat tersebut sedang parkir di bandara, kamu bisa membayangkan betapa besarnya Megalodon.

2. Panjang Gigi 18 cm

Fosil gigi Megalodon terbesar yang pernah ditemukan yaitu berukuran sekitar 19 cm. Fosil tersebut didapatkan dari sebuah area dekat Ocucaje, Peru.

Rekonstruksi rahang Megalodon menunjukan hal itu berukuran sekitar 2 meter. Gigi seekor Hiu Putih terbesar di zaman sekarang hanya bisa tumbuh maksimum di bawah 8 cm.

3. Banyak Fosil Gigi

Jika dibandingkan dengan penemuan fosil binatang darat yang lebih lengkap, kebanyakan fosil Megalodon yang ditemukan adalah bagian giginya. Hal ini mungkin disebabkan karena Megalodon adalah bintang yang hidup di lautan.

Seperti hiu lain pada umumnya, Megalodon kehilangan giginya saat mereka tumbuh dewasa. Giginya juga sangat padat dan mudah membatu. Selain itu, fosil gigi Megalodon ditemukan dibanyak tempat di dunia. Mereka hidup di lautan yang cukup hangat dan tentu saja yang terdapat cukup makanan untuk bertahan hidup.

4. Punah 2,6 JTL

Sekitar 2,6 juta tahun yang lalu (JTL) lautan diperkirakan menjadi dingin dan permukaan airnya menurun. Hal ini dikarenakan perubahan iklim yang sedang terjadi di Planet Bumi pada waktu tersebut. Hidup Megalodon jadi tertekan dan banyak mamalia laut besar mati pada periode tersebut sehingga stok makanan Megalodon berkurang.

5. Gigitan Terkuat

Dari seluruh gigitan hewan hewan yang telah diteliti, gigitan Hiu Megalodon merupakan yang paling kuat di dunia. Gigitannya diperkiran 6 hingga 10 kali lebih kuat dibandingkan gigitan Hiu Putih dan buaya modern dan bahkan 2 sampai 3 kali lebih kuat dari gigitan T-Rex!

Megalodon memiliki gigi yang berjumlah sekitar 276 buah yang tumbuh dalam lima baris. Setiap gigi Megalodon yang hilang kemungkinan dapat tergantikan dengan cepat dalam waktu 24 sampai 48 jam.

Nah, itulah fakta-fakta menarik tentang Hiu Megalodon yang menarik untuk diketahui. Walaupun kita tidak pernah benar-benar melihatnya bahkan dalam bentuk fosil utuh sekalipun, namun semoga bahasan ini dapat membuat diri kita menjadi pribadi yang mampu bersyukur akan nikmat dan kebesaran Allah.

Bayangkan jika hiu ini benar-benar hidup di zaman sekarang, maka bukan tidak mungkin kehidupan manusia akan hancur. Mengapa? Karena lautan merupakan salah satu jalur pelayaran untuk perdagangan yang menyangkut banyak kehidupan manusia.

Setiap kapal yang berlayar di lautan lepas bisa saja jadi mangsa hiu jumbo ini. Jadi, bersyukurlah hiu ini sudah tidak ada lagi sekarang.

Sumber utama: www.fossilera.com

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek