7 Fakta Ikan Paus Biru yang Perlu Diketahui

oleh Gurunakal

Ikan paus biru atau blue whale adalah hewan terbesar di dunia yang pernah ada. Hewan ini mampu tumbuh panjang hingga ukuran 30 meter dan berat mencapai 200 ton! Akan tetapi, berat rata-rata untuk seekor paus biru ada di angka 100 hingga 150 ton. Di bawah ini akan dibahas beberapa fakta ikan paus biru yang menarik untuk diketahui.


Paus biru dapat ditemukan di seluruh samudra yang ada di dunia. Hewan ini juga suka melakukan migrasi atau perjalanan hingga ribuan kilometer jauhnya setiap tahun.

Mereka berkembang biak di perairan tropis yang hangat selama musim dingin dan berenang ke perairan yang lebih dingin untuk mencari makan di musim panas. Paus biru dinobatkan sebagai spesies hewan migran terbesar di dunia.

Ada banyak sekali fakta menarik mengenai ikan paus biru ini. Beberapa di antaranya akan dibahas di bawah ini.

Paus Biru

Ilustrasi paus biru
Sumber: Pixabay

1. Lidah Terberat

Ikan paus biru disebut-sebut sebagai hewan dengan lidah terbesar di dunia. Lidah seekor paus biru dapat mencapai berat hingga 4 ton!

2. Otak yang Kecil

Walaupun paus biru adalah hewan raksasa, tapi paus biru memiliki ukuran otak yang kecil. Kira-kira berat otak hewan ini adalah 6 kilogram. Bandingkan dengan beratnya yang mencapai 200 ton!

3. Paru-Paru Terbesar

Hewan mamalia sebesar paus biru tentunya membutuhkan banyak oksigen. Oleh karena itu hewan ini dianugerahi ukuran paru-paru yang juga sangat besar dengan kapasitas 5000 liter!

4. Jantung Terbesar

Paus biru juga memiliki ukuran jantung yang sangat besar dengan berat mencapai 680 kilogram. Hal itu membuatnya sebagai jantung makhluk hidup terbesar yang pernah ada.

Dalam satu menit, jantung ikan paus biru hanya berdetak sebanyak 4 hingga 8 kali saja.

5. Boeing 737

Tubuh ikan paus biru yang sangat panjang hampir menyamai ukuran panjang pesawat terbang Boeing 737. Jika dibandingkan dengan manusia, panjang paus biru kira-kira setara dengan ukuran tinggi 17 kali manusia normal.

6. Makan Hewan Kecil

Walaupun bertubuh besar, nyatanya makanan utama paus biru adalah hewan-hewan kecil lautan yang disebut krill (krustasea) dengan ukuran hanya beberapa cm saja.

Paus biru menelan makanannya dalam tegukan besar air laut sebelum mengangkat lidahnya ke mulutnya.

7. Hampir Punah

Sayangnya, paus biru adalah salah satu hewan yang sering diburu. Populasinya sempat menurun drastis di awal abad ke-20. Tapi untungnya, sejak ditetapkan sebagai spesies yang dilindungi pada tahun 1966, jumlahnya telah mulai meningkat lagi.

Dengan dukungan banyak pihak yang berkelanjutan, semoga paus biru akan tetap ada untuk generasi mendatang untuk dikagumi selama bertahun-tahun yang akan datang atau bahkan selamanya.

Itulah beberapa fakta dan rekor paus biru yang perlu kamu ketahui. Semoga setelah mengetahui ini kita semua sadar bahwa ikan paus biru dan binatang-binatang lainnya bisa punah jika tidak dilindungi.

Sumber utama: Guinness World Records

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek