7 Fakta Unik Rusia yang Menarik Untuk Diketahui

oleh Gurunakal

Pada tahun 2018, jutaan pasang mata orang-orang dari seluruh dunia tertuju ke Rusia. Bagaimana tidak, saat itu Rusia sedang menjadi tuan rumah turnamen sepak bola paling bergengsi di muka bumi, FIFA World Cup.

Sebelum perhelatan akbar itu dimulai, Rusia sudah lebih dulu dikenal di seluruh dunia. Hal yang mungkin paling diketahui oleh banyak orang tentang negeri Beruang Merah ini adalah wilayahnya yang sangat luas. Ya, Rusia merupakan negara paling luas di dunia (hampir 9 kali luas Indonesia)!

Peta Rusia

Sumber: Wikimedia Commons

Berangkat dari sana, ada banyak sekali fakta-fakta unik dan menarik tentang negeri Pak Putin ini. Sebelum pergi ke sana, ayo ketahui dulu 7 fakta unik Rusia di bawah ini.

1. Jalur Kereta Api Terpanjang di Dunia

Kamu pernah naik kereta api? Sangat menyenangkan, bukan? Moda transportasi ini selalu jadi andalan banyak orang. Tanpa macet, tepat waktu, merupakan beberapa alasan orang memilih kereta api sebagai medium berpindah tempat.

Saat ini jalur kereta api yang lengkap di Indonesia hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa saja. Dari Jakarta kamu bisa naik kereta api hingga ke Banyuwangi dengan jarak ratusan kilometer selama belasan jam (transit di Surabaya).

Namun, di Rusia kamu dapat naik kereta api melalui jalur kereta terpanjang di dunia, yaitu sekitar 9200 km atau hampir 9 kali panjang Pulau Jawa!

Kamu bisa mulai naik kereta api di kota Moskow di bagian barat Rusia dan berakhir di kota pelabuhan Vladivostok di bagian timur Rusia.

Waktu yang kamu perlukan untuk penjelajahan ini adalah sekitar 152 jam dan 27 menit non-stop (7 hari-an)!!! Kamu jangan khawatir karena kereta api yang digunakan berjenis sleeper, jadi kamu bisa tidur dengan nyaman di dalamnya.

Berapa harga tiketnya? Kalian bisa mengeceknya di sini. Semoga suatu saat kita bisa berpetualang ke sana ya. Amiin.

2. McDonald’s Terbesar di Dunia

Kamu suka makan di McDonald’s? Tahu dari mana negara asalnya? Bukan Rusia! McDonald’s adalah waralaba tempat makan siap saji dari Amerika Serikat. Tapi McDonald’s yang terbesar di dunia ada di negara yang terluas di dunia juga.

Di Rusia kamu akan menemukan McDonald’s dengan 700 tempat duduk! Walaupun di London pernah dibangun McDonald’s yang lebih besar dengan 1500 tempat duduk, tapi hal itu hanya sementara saja sebagai penunjang kegiatan Olimpiade Musim Panas London 2012 (kurang lebih 6 minggu saja).

3. Negara Terluas di Dunia

Seperti dikatakan sebelumnya, Rusia dikenal juga sebagai negeri yang memiliki lahan terluas di dunia. Luas wilayah negeri ini sekitar 17.075.400 km² atau lebih dari 8 kali luas daratan Indonesia! Bayangkan betapa luasnya negeri ini.

Jika kamu berada di tengah Rusia dan berjalan dalam jarak ribuan kilometer ke berbagai arah mata angin, maka kamu akan masih di Rusia.

Wilayah Rusia membentang dari bagian barat di Eropa (disebut Rusia Eropa) hingga ke bagian timur perbatasan Rusia – Alaska (Amerika Serikat) di Selat Bering. Panjangnya kurang lebih 2 kali panjang Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

4. Ada Lebih Banyak Wanita

Jika kamu pria jomblo dan ingin segera mendapat pasangan, maka Rusia adalah destinasi yang tepat. Bagaimana tidak, dibandingkan pria, jumlah penduduk wanita di Rusia kelebihan sekitar 10 juta orang.

Hal ini dipercaya sebagai imbas PD II di mana banyak pria meninggal di medan perang. Semoga kita semua bisa menjaga perdamaian di muka bumi ini ya dan segala bentuk penjajahan segera dihapuskan. Amiin.

5. Tradisi Cincin Pernikahan

Jika biasanya cincin pernikahan dipakai di jari tangan kiri, maka lain halnya dengan Rusia. Di sana cincin pernikahan dipakai di jari tangan kanan.

Walau demikian, negara-negara lainnya juga banyak yang memiliki tradisi serupa, yaitu Ukraina, Polandia, Georgia, Jerman, Spanyol, Austria, India and Yunani. Unik ya, jadi pengen ke Rusia. Ayo, kapan?

6. Penghasil Minyak Terbesar Kedua di Dunia

Pada tahun 2012, Rusia merupakan negara kedua penghasil minyak terbesar di dunia. Posisi pertama tentunya masih ditempati negara kaya raya Arab Saudi. Sekitar 9,9 juta barel minyak diproduksi Rusia setiap harinya.

7. Ada Banyak Orang Kaya Raya di Moskow

Disebutkan bahwa pada 2018 ada sekitar 69 orang kaya raya (billionaire) yang tinggal di kota Moskow. Hal ini menjadikan kota Moskow sebanyak kota keempat di dunia yang paling banyak dihuni orang kaya.

Nah, itulah beberapa fakta-fakta menarik tentang Rusia, negara tuan rumah Piala Dunia FIFA 2018. Sebagian besar fakta-fakta di atas tidak dimiliki oleh negara lainnya sehingga membuatnya cukup unik dan menarik. Fakta Rusia yang mana yang paling unik menurut kamu?

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek