Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional

oleh Gurunakal

Setiap bangsa di dunia ini membutuhkan satu sama lain agar bisa terus tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, terciptalah perdagangan internasional di antara negara-negara di seluruh dunia.

Perdagangan internasional berarti perdagangan yang dilakukan oleh dua negara atau lebih. Di sini, setiap negara yang terlibat melakukan pertukaran komoditas, produk, layanan, hingga modal di antara orang dan perusahaan.

Indonesia sendiri telah melakukan perdagangan internasional dengan banyak negara di dunia, seperti dengan Jepang, Amerika Serikat, dan Tiongkok. Begitu pun di masa lalu saat masih berbentuk kerajaan-kerajaan, bangsa Indonesia telah menjalin hubungan dagang dengan bangsa-bangsa lainnya dari berbagai belahan dunia.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional


Perdagangan internasional | Jelaskan 3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Antar Negara

Sumber: Pxfuel


Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan perdagangan antarnegara, termasuk faktor politik dan ekonomi. Misal, secara politik negara-negara di Asia Tenggara disatukan dalam satu wadah yang bernama ASEAN. Dari sana muncul hubungan dagang di antara negara ASEAN dengan kebijakan-kebijakan tertentu yang menguntungkan semua negara.

Faktor lainnya seperti nilai tukar, daya saing, pertumbuhan globalisasi, tarif dan hambatan perdagangan, biaya transportasi, bahasa, budaya, dan berbagai perjanjian perdagangan memengaruhi perusahaan dengan keputusannya untuk berdagang di dunia internasional.

Namun, di antara yang lainnya, faktor politik bisa dibilang sebagai faktor utama yang mendorong terjadinya perdagangan antarnegara. Kebijakan politik dan masalah pemerintah lainnya, seperti hubungan antar negara dagang, sangat penting bagi pertumbuhan perdagangan internasional.

Negara yang memiliki politik yang stabil dengan sedikit kebijakan yang membatasi perdagangan internasional kemungkinan akan dapat memperluas perdagangannya di seluruh dunia dengan cepat.

Berikut adalah paparan singkat mengenai beberapa faktor penting yang mempengaruhi perdagangan internasional, yaitu nilai tukar uang atau kurs, daya saing, dan globalisasi.

1. Nilai Tukar Uang atau Kurs

Nilai tukar adalah harga satu mata uang dengan mata uang lainnya, seperti rupiah (IDR) dengan dolar Amerika (USD). Menurut para ahli, nilai tukar berfluktuasi (turun-naik) tergantung pada permintaan mata uang tertentu.

Oleh karena itu, seringkali lebih murah untuk membeli barang di satu negara dan menjualnya di negara lain. Dengan demikian, nilai tukar atau kurs merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya perdagangan antarnegara.

2. Daya Saing

Daya saing global setiap negara berbeda-beda. Hal ini dapat diketahui dari Laporan Daya Saing Global atau Global Competitiveness Report (GCR) yang dirilis oleh sebuah yayasan organisasi non profit bernama Forum Ekonomi Dunia atau World Economy Forum.

Pada tahun 2019, daya saing global Indonesia ada di peringkat 50, beberapa angka di bawah Thailand (40) dan Malaysia (27). Sementara tiga negara dengan daya saing global terbaik adalah Singapura, Amerika Serikat, dan Hong Kong.

Menurut para ahli, semakin tinggi daya saing sebuah negara berarti semakin baik pula kemampuannya dalam menyediakan berbagai produk atau layanan. Daya saing umumnya dinilai dari efisiensi, biaya pekerjaan, tingkat peraturan pemerintah, dan kemudahan berbisnis.

Dengan demikian, daya saing dapat membantu mendorong dan  berpengaruh terhadap perdagangan antarnegara karena negara-negara yang lebih kompetitif akan cenderung mencapai tingkat perdagangan global yang lebih tinggi.

3. Globalisasi

Para ahli menyebutkan kalau globalisasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kecenderungan umum bagi perekonomian nasional untuk menjadi lebih terintegrasi satu sama lain.

Hal ini terjadi karena kombinasi antara teknologi komunikasi yang canggih, teknologi logistik yang semakin berkembang, peningkatan aliran modal dan pengurangan hambatan perdagangan oleh pemerintah nasional.

Lebih lanjut lagi disebutkan kalau globalisasi adalah tren umum yang telah menyebabkan peningkatan perdagangan internasional selama tiga atau empat dekade terakhir.

Jadi, perdagangan antarnegara juga tidak bisa lepas dari globalisasi yang sudah bisa dirasakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia, termasuk kita di antaranya.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai perdagangan internasional dan faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional. Tentu saja ada banyak faktor lainnya yang tidak disebutkan di sini.

Referensi


  1. Dubravska, Mariana, dan Elena Sira. “The Analysis of the Factors Influencing the International Trade of the Slovak Republic.” Procedia Economics and Finance, vol. 23, 2015, hlm. 1210–1216., doi:10.1016/s2212-5671(15)00569-9.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek