Gurun di Benua Eropa yang Perlu Diketahui

oleh Gurunakal

Artikel ini membahas informasi mengenai gurun di benua Eropa. Jika kamu ditanya gurun pasir apa yang paling terkenal, pasti jawabannya adalah Gurun Sahara yang menyelimuti Afrika Utara. Atau sebutkan nama salah satu gurun pasir yang terletak di benua Asia? Jawaban kamu bisa saja Gurun Gobi di Asia Timur.

Selain itu, di benua Amerika ada Gurun Patagonian (Amerika Selatan) dan di benua Australia ada Gurun Great Victoria. Bahkan di Benua Antartika ada gurun yang sangat luas yang berbentuk hamparan es. Semua benua yang disebutkan di atas mempunyai gurun, kecuali satu yaitu Benua Eropa!

Gurun di Benua Eropa


Gurun Tabernas

Gurun Tabernas di Spanyol
Sumber: Pixabay

Jika kamu melihat peta dunia dengan seksama, maka cukup sulit menemukan nama gurun yang terletak di benua biru. Namun, sebenarnya Eropa masih punya gurun-gurun kecil yang terletak di beberapa negara yang oleh sebagian orang disebut sebagai semi-gurun. Contoh gurun yang dapat kamu temukan di Eropa adalah Gurun Tabernas di Spanyol.

Jika kita memahami arti dari gurun, yaitu suatu wilayah yang menerima curah hujan yang sedikit (kurang dari 250 mm per tahun), maka jika ada suatu daerah di Eropa (atau bahkan di daerah lain di seluruh dunia) yang masuk ciri tersebut berarti sah disebut gurun.

Beberapa negara di Eropa yang memiliki wilayah gurun adalah Bulgaria, Italia, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Yunani (atau mungkin ada lagi di negara Eropa lain yang tidak disebutkan di sini).

Dari keenam negara tersebut Spanyol memiliki wilayah gurun terbanyak, yaitu 4 (Bardenas Reales, Cabo de Gata-Nijar Natural Park, Gurun Monegros, dan Gurun Tabernas).

Lima negara lainnya memiliki satu wilayah gurun, yaitu Pobiti Kamani (Bulgaria), Gurun Accona (Italia), Gurun Bledow (Polandia), Deliblatska Pescara (Serbia), serta Pachies Ammoudies of Lemnos (Yunani).

Mengapa Eropa Tidak Memiliki Gurun Pasir Luas?


Peta Gurun Dunia

Wilayah Gurun Ditandai Warna Kuning
Sumber: National Geographic

Lalu mengapa Eropa tidak seperti benua lain yang mempunyai wilayah atau daerah gurun yang luas? Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh wilayahnya yang kurus (coba kamu lihat peta benua Eropa baik-baik dan bandingkan dengan benua lainnya di dunia).

Selain itu Eropa juga memiliki iklim yang basah di mana mayoritas wilayahnya menerima curah hujan yang tinggi. Tambahan lagi, tiga dari empat sudut benua Eropa dikelilingi oleh lautan. Jadi, hal-hal di atas bisa jadi penyebab mengapa susah sekali menemukan daerah gurun di Eropa.

Jika kamu ingin pergi ke Eropa untuk mencari gurun, maka sebaiknya tunda saja perjalananmu. Turis yang pergi ke Eropa umumnya datang untuk menikmati budaya bangsanya serta menjelajahi kota-kotanya yang sangat indah. Atau mereka datang untuk mencari ilmu, berbelanja, dan banyak hal menarik lainnya yang bisa ditemukan di sana.

Opsi wilayah gurun pasir untuk wisata bisa kamu temukan di Timur Tengah. Negara-negara di sana umumnya bergurun dan banyak atraksi wisata yang bisa kamu nikmati. Atau kamu tidak perlu pergi jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk foto-foto di atas gundukan pasir yang gersang.

Cobalah nikmati gurun pasir yang ada di negeri kita, seperti Gumuk Pasir Parangkusumo di Bantul Yogyakarta. Jika kamu orang yang simpel, maka cukup datang saja ke pantai terdekat untuk menikmati pasir. Sama-sama pasir, kan?

Nah, itulah sedikit bahasan mengenai gurun di benua Eropa yang perlu di ketahui. Gurun di benua Eropa memang tidak seluas gurun di benua lainnya, tapi hal ini cukup menarik untuk diketahui karena benua basah seperti Eropa pun masih memiliki gurun pasir.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek