Gurun Sahara Terbentang di Antara Wilayah Ini

oleh Gurunakal

Halo Murid Nakal, artikel ini membantu menjawab pertanyaan “Gurun Sahara terbentang di antara?“. Jawaban untuk pertanyaan ini cukup mudah karena dengan melihat peta saja kita bisa langsung mengetahuinya.


Sekilas Tentang Gurun Sahara

Gurun Sahara

Sumber: Wikimedia Commons

Gurun Sahara dikenal di dunia sebagai gurun terluas di dunia. Luas gurun ini kira-kira hampir sama dengan luas negara Amerika Serikat atau Tiongkok atau sekitar 5 kali luas daratan negara kita! Luas sekali, bukan?

Kata “Sahara” sendiri berarti padang pasir dalam bahasa Arab. Bangsa Arab menyebut gurun ini dengan nama “Aṣ-ṣaḥrāʼ Al-kubrá” yang berarti pada pasir raksasa. Penamaan tersebut sangat cocok dengan fakta Gurun Sahara yang memang sangat luas.

Jika kamu berada di tengah-tengah gurun ini, maka kamu tidak akan menemukan lautan dalam jarak ratusan bahkan ribuan kilomoter ke berbagai penjuru. Gurun Sahara sendiri memiliki panjang dari barat ke timur sekitar 4800 kilometer dan lebar dari utara ke selatan sekitar 1800 kilometer.

Gurun yang terletak di Afrika bagian utara ini menutupi daratan negara-negara di kawasan tersebut, mulai dari Maroko di barat hingga Mesir di timur.

Letak Geografis Gurun Sahara

Gurun Sahara terbentang di antara Samudra Atlantik di batas sebelah barat, Laut Merah di batas sebelah barat, Laut Tengah atau Mediterania di batas sebelah utara, dan kawasan Sahel di batas sebelah selatan.

Sahel adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yang berarti pesisir atau perbatasan. Sebutan ini digunakan sebagai zona perbatasan alam antara Gurun Sahara yang kering dan panas di Afrika bagian utara dengan kawasan yang lebih subur dan hijau di bagian selatannya.

Sahel ini juga membentang melewati sejumlah negara, mulai dari Senegal di pesisir Samudra Atlantik hingga Eritrea di pesisir Laut Merah.

Negara yang Ditutupi Gurun Sahara

Terdapat sejumlah negara dan teritori yang daratannya ditutupi oleh Gurun Sahara. Berikut adalah daftarnya (mulai dari barat ke timur).

1. Mauritania

Mauritania adalah sebuah negara yang masuk kawasan Afrika Barat. Negara yang luasnya sekitar 1 juta kilometer persegi ini memiliki penduduk yang tergolong jarang dengan kepadatan hanya 4 orang per km persegi.

Mayoritas lahan negeri ini, terutama di bagian baratnya ditutupi oleh Gurun Sahara yang panas. Lahan hijau yang cukup luas ditemukan di sebelah barat negeri ini yang berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik.

2. Sahara Barat

Sahara Barat merupakan sebuah negara yang belum merdeka yang terletak di Afrika Utara yang berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik di sebelah barat.

Status negara ini masih dipertentangkan karena masih berada dalam kontrol negara Maroko. Meskipun demikian, klaim Maroko atas negeri ini tidak diakui secara global.

Sebagian besar dataran Sahara Barat ditutupi oleh Gurun Sahara, dengan sebagian kecil lahan hijau ditemukan di sepanjang pesisir Samudra Atlantik.

3. Maroko

Gurun Sahara juga menutupi sebagian lahan negara Maroko. Selain kawasan gurun yang panas, Maroko juga memiliki sebagian kecil kawasan hijau yang ditumbuhi dengan pepohonan dan tumbuhan lainnya.

Salah satu hal unik yang dimiliki oleh negara ini adalah kawasan bersaljunya. Selama musim dingin ada sebagian daerah di Maroko yang ditutupi oleh salju dan es. Daerah tersebut utamanya adalah kawasan pegunungan yang dingin.

4. Mali

Mali adalah sebuah negara landlocked country atau yang terkurung daratan yang terletak di Afrika Barat. Sebagian besar daratan tetangga negara Mauritania ini juga ditutupi oleh Gurun Sahara bagian selatan yang sangat panas dan berdebu.

Meskipun demikian, negara yang kaya akan hasil tambangnya seperti emas dan uranium ini juga memiliki lahan hijau yang cukup luas, terutama di bagian “ekor”-nya yang berbatasan dengan sejumlah negara Afrika Barat lainnya.

Sebagai informasi, negara ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Salah satu raja Mali yang bernama Mansa Musa (1312 – 1337) disebut-sebut sebagai salah satu orang terkaya dalam sejarah umat manusia.

5. Niger

Tetangga dari negara Mali yang beribukota Niamey ini juga merupakan salah satu negara yang terkurung daratan terluas di dunia. Luas total negara Niger adalah sekitar 1.267.000 km persegi dan merupakan negara terluas ke-21 di dunia.

Gambar satelit menunjukkan bahwa sebagian besar kawasan negeri ini ditutupi oleh Gurun Sahara, utamanya di bagian utara. Sedangkan bagian selatan negara ini didominasi oleh sabana. Sebagian kecil hutan juga ditemukan di negara ini meskipun sulit menemukan titik hijau di atas peta.

6. Chad

Chad juga merupakan sebuah negara landlocked country yang luasnya hampir sama dengan Niger. Negara ini terletak di kawasan Afrika Tengah bagian utara, dikelilingi oleh setidaknya enam negara besar Afrika.

Kawasan negara Chad dibagi menjadi tiga zona berbeda, yaitu Sabana Sudan di zona selatan, Gurun Sahara di zona utara, dan sabuk Sahel di zona bagian tengah. Jika menilik peta satelit, bagian selatan negara ini merupakan kawasan hijau yang cukup luas.

7. Aljazair

Aljazair yang terletak di kawasan Afrika Utara ini merupakan negara terluas ke-10 di dunia dengan luas mencapai 2.381.741 km persegi. Meskipun lebih luas dari Indonesia, sebagian besar daratan negeri ini adalah kawasan Gurun Sahara yang kering dan panas.

Sebagian besar wilayah pesisir negeri ini berbukit-bukit dan bahkan bergunung-gunung. Negara terluas di benua Afrika ini juga memiliki kawasan subur yang terletak di antara daerah pantai hingga sabuk pegunungan Tell Atlas.

8. Tunisia

Negara tetangga Aljazair dan Libya ini memiliki luas yang hampir sama dengan Pulau Sulawesi. Kawasan negara ini yang memanjang dari utara ke selatan dilintasi oleh Pegunungan Atlas.

Sebagian wilayah negara ini juga ditutupi oleh Gurun Sahara. Sebagian besar wilayah di luar kawasan tadi merupakan lahan yang subur di Tunisia.

9. Libya

Libya adalah negara di Afrika Utara lainnya yang wilayahnya ditutupi oleh Gurun Sahara. Gurun Libya (cakupan yang lebih khusus dari Gurun Sahara) yang menutupi sebagian besar tanah Libya adalah salah satu tempat paling kering dan terpanggang matahari di dunia.

Selain itu, suhu di Gurun Libya juga bisa sangat ekstrem. Suhu terpanas yang pernah tercatat di kawasan itu mencapai 58 ° C. Meskipun demikian, wilayah utaranya yang berbatasan dengan Laut Tengah memiliki iklim Mediterania yang lebih ringan.

10. Sudan

Sebagian wilayah Afrika Utara yang berbatasan dengan Laut Merah ini juga ditutupi hamparan padang pasir yang tandus. Sudan termasuk negara yang dilewati oleh Sungai Nil yang lembahnya dikenal subur.

Meskipun sebagian besar berupa gurun pasir, Sudan memiliki sejumlah sumber daya mineral kaya, termasuk asbes, kromit, kobalt, tembaga, emas, granit, gipsum, besi, kaolin, timah, mangan, mika, gas alam, nikel, minyak bumi, perak, timah, uranium, dan seng.

11. Mesir

Siapa yang tidak kenal dengan negeri ini? Dapat disebutkan kalau Mesir merupakan negara Afrika yang paling populer di dunia. Sebagian besar wilayah salah satu negara tertua di dunia ini juga ditutupi oleh Gurun Sahara yang panas.

Meskipun demikian, Mesir memiliki tanah irigasi hijau yang cukup luas di sepanjang Sungai Nil di tengah gurun dan di delta sungai terpanjang di dunia tersebut.

Sungai Nil sendiri merupakan berkah tersendiri bagi Mesir di mana salah satu peradaban tertua dan terkenal di dunia lahir di lembah Sungai Nil.

Nah, itulah bahasan singkat untuk membantu menjawab pertanyaan “Gurun Sahara terbentang di antara? Semoga bisa membantu ya.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek