Jaringan Epitel, Jaringan Ikat, Jaringan Otot, dan Jaringan Saraf

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal.com, artikel ini kali ini akan membahas tisu atau jaringan yang dalam tubuh manusia, yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.


Tubuh manusia adalah struktur tunggal yang terdiri dari miliaran struktur yang lebih kecil dari empat jenis utamanya, yaitu sel, tisu, organ, dan sistem. Masing-masing struktur kecil ini memiliki identitasnya sendiri-sendiri namun bekerja bersama secara terorganisir untuk kepentingan seluruh bagian tubuh.

Di antara empat jenis struktur utama tubuh kita ini, yang akan dibahas sedikit di sini adalah tisu. Loh kok, bagaimana mungkin tisu yang sering kita pakai untuk membersihkan bagian tubuh atau barang-barang yang kita gunakan termasuk salah satu bagian tubuh kita? Eits tunggu jangan ngegasss. Yuk mending langsung baca saja bahasan singkatnya di bawah.

Apa Itu Tisu Tubuh Manusia?


Jenis jaringan tubuh

Jenis jaringan dalam tubuh manusia
Sumber: Wikimedia Commons

Tubuh manusia adalah struktur yang sangat kompleks dan dibuat sempurna oleh Sang Maha Pencipta Allah SWT Yang Maha Sempurna. Waktu kecil mungkin kita pernah ditanya terbuat dari apa tubuh manusia? Jawaban yang kita lontarkan kemungkinan adalah dua tangan, dua kaki, kepala, dan batang tubuh.

Jawaban itu memang tidak salah, tetapi setelah kita dewasa dan belajar kita jadi tahu kalau tubuh manusia itu terdiri dari miliaran sel. Kita dapat menggambarkan apa yang membentuk tubuh kita secara spesifik lagi. Dan tahukan kamu kalau tubuh manusia itu terdiri dari beberapa jenis tisu atau jaringan? Lalu, sebenarnya apa itu tisu?

Di sini kita sedang tidak membahas tisu yang sering digunakan dalam kehidupan ya, seperti tisu basah, tisu toilet, tisu wajah, dan tisu-tisu lainnya. Akan tetapi, kita sedang membahas tisu yang berhubungan dengan tubuh manusia. Tisu (dari istilah bahasa Inggris tissue) berarti jaringan dalam bahasa Indonesia.

Tisu atau jaringan tubuh manusia adalah cara lain untuk menggambarkan bagaimana sel-sel kita dikelompokkan bersama dengan cara yang sangat terorganisir sesuai dengan struktur dan fungsi tertentu. Pengelompokan sel-sel ini membentuk jaringan-jaringan, yang kemudian membentuk organ dan berbagai bagian tubuh kita.

Kita ambil contoh misalnya otot tubuh yang dapat dengan mudah kita lihat dan rasakan. Otot adalah salah satu dari empat jenis jaringan atau tisu tubuh manusia yang….. selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Empat Jenis Jaringan Tubuh Manusia


Dalam tubuh manusia terdapat empat jenis dasar jaringan, yaitu epitel, ikat, otot, dan saraf. Kemungkinan terdapat berbagai sub-jaringan di dalam masing-masing jaringan primer ini.

1. Jaringan Epitel / Epithelial Tissue

Jaringan Epitel

Bentuk jaringan epitel Sumber: www.flickr.com/photos/146824358@N03/

Ini adalah jaringan yang tersebar luas ke seluruh tubuh kita. Jaringan epitel membentuk semua permukaan tubuh, garis rongga tubuh, dan organ berongga, serta merupakan jaringan utama pada kelenjar. Jaringan ini memiliki banyak fungsi tubuh, seperti perlindungan, sekresi, penyerapan, ekskresi, filtrasi, difusi, dan penerimaan sensorik.

Sel-sel dalam jaringan epitel dikemas rapat dengan matriks antar sel yang sangat sedikit. Karena jaringan-jaringan membentuk penutup dan pelapis, sel memiliki satu permukaan bebas yang tidak bersentuhan dengan sel lainnya. Sel-sel epitel dapat berbentuk skuamosa, kubus, atau kolumnar dan dapat disusun dalam lapisan tunggal maupun ganda.

Bagian tubuh manusia yang terbentuk dari jaringan epitel adalah kulit. Organ tubuh tersebut mampu melindungi tubuh dari kotoran, debu, bakteri dan mikroba lain yang mungkin berbahaya.

2. Jaringan Ikat / Connective Tissue

Jaringan Ikat

Bentuk jaringan ikat
Sumber: www.flickr.com/photos/146824358@N03

Ini adalah jaringan yang paling berlimpah dan paling banyak didistribusikan. Jaringan ikat mengikat struktur satu sama lain, membentuk kerangka dan dukungan untuk organ dan tubuh secara keseluruhan, menyimpan lemak, mengangkut zat, melindungi terhadap penyakit, dan membantu memperbaiki kerusakan jaringan. Hal ini terjadi di seluruh tubuh kita.

Jaringan ikat ditandai dengan banyaknya matriks antar sel dengan jumlah sel yang relatif sedikit. Sel-sel jaringan ikat mampu mereproduksi tetapi tidak secepat sel epitel. Sebagian besar jaringan ikat memiliki suplai darah yang baik tetapi beberapa tidak.

Terdapat sejumlah jenis-jenis sel ditemukan di dalam jaringan ikat. Tiga dari yang paling umum adalah fibroblast, makrofag, dan sel mast. Jaringan ikat longgar, jaringan adiposa, jaringan ikat berserat padat, jaringan ikat elastis, tulang rawan, dan jaringan tulang adalah jenis-jenis jaringan yang termasuk dalam jaringan ikat.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek