Jelaskan Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Bulutangkis

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal.com, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Jelaskan cara melakukan pukulan servis dalam permainan bulutangkis!” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu akan olahraga favorit kita ini.


Jelaskan Cara Melakukan Pukulan Servis Dalam Permainan Bulutangkis

Sumber: Pexels

Servis dalam permainan bulutangkis merupakan hal dasar yang perlu dikuasai dengan baik oleh para pemain. Karena jika pukulan servis gagal, itu bisa menjadi keuntungan bagi lawan. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat cara melakukan pukulan servis dalam permainan bulutangkis.

Semua pemain pasti pernah melakukan kegagalan saat servis (serve error). Bahkan pemain profesional pun sering mengalami hal tersebut saat sedang berlaga di sebuah turnamen resmi BWF (Badminton World Federation).

Sebuah pukulan servis dinyatakan gagal bila:

  • Bola tidak melewati net,
  • Bola keluar dari area servis lawan,
  • Bola keluar lapangan,
  • Melewati batas tinggi servis yang ditentukan resmi oleh BWF (maksimal 115 cm dari permukaan lapangan, lebih dari itu servis dinyatakan gagal atau fault).

Semua kesalahan servis di atas bisa terjadi di semua jenis pukulan servis. Kurangnya fokus dan perhitungan bisa sangat mempengaruhi sebuah pukulan servis. Sementara itu, berikut adalah aturan dasar servis yang perlu diketahui.

  • Berdiri di dalam area servis, tidak menyentuh garis batas apa pun.
  • Melakukan servis dari kanan ke kiri jika skor genap dan sebaliknya.
  • Jangan mengangkat kaki dari permukaan lapangan selama servis.
  • Pukul setiap tembakan tidak melebihi ambang batas yang ditetapkan BWF (115 cm dari permukaan lapangan).

Macam-Macam Pukulan Servis


Lalu bagaimana cara melakukan pukulan servis dalam permainan bulutangkis? Sebelum membahas hal ini, sebaiknya kamu mengetahui dulu macam-macam pukulan servis dalam permainan bulutangkis berikut ini.

1. Servis Pendek atau Rendah / Low Serve

Ini adalah pukulan servis yang paling umum dilakukan dalam permainan bulutangkis. Tujuan servis pendek adalah untuk menerbangkan bola tepat di atas net, namun jatuh tepat di garis depan area servis lawan.

Servis pendek tidak boleh dilakukan terlalu tinggi dan mudah diprediksi. Jika demikian, lawan bisa dengan mudah mengembalikan bola dengan cepat (melakukan smash langsung).

Servis pendek harus dikuasai dengan sangat baik agar lawan tidak memiliki kesempatan untuk menghasilkan poin dengan mudah. Dalam turnamen resmi, kamu juga harus mematuhi aturan BWF yang berlaku agar servis tidak dinyatakan gagal.

2. Servis Panjang atau Tinggi / High Serve

Ini adalah kebalikan dari servis pendek. Servis panjang atau tinggi berarti memukul bola ke atas dengan tujuan agar bola terbang setinggi mungkin, namun mendarat tepat di bagian belakang area servis lawan.

Servis ini lebih cocok digunakan dalam permainan tunggal karena area servisnya yang memanjang ke belakang. Sementara dalam permainan ganda servis panjang cukup riskan untuk dilakukan karena area servisnya yang melebar ke samping.

Servis panjang sangat mudah dilakukan dan sering menjadi pilihan pukulan servis bagi para pemain pemula. Namun kamu tetap harus memiliki perhitungan saat melakukan servis panjang agar bola tidak terbang keluar lapangan.

Karena dilakukan menggunakan pegangan forehand, servis panjang menjadi sulit untuk disamarkan. Lawan akan sudah tahu kalau bola akan terbang tinggi dan mendarat di area servis belakangnya.

Dalam permainan bulutangkis modern, servis panjang lebih sering dilakukan oleh permain tunggal putri, kecuali Carolina Marin.

3. Servis Flick

Servis jenis ini dilakukan dengan ancang-ancang seperti hendak melakukan servis pendek, tapi dengan sedikit tipuan. Jadi, servis flick bisa dinyatakan sukses apabila berhasil menipu lawan.

Tujuan servis ini adalah untuk memukul bola ke atas tetapi pada ketinggian yang jauh lebih rendah. Agar servis flick bisa lebih tersamarkan, maka pemain umumnya menggunakan pegangan backhand untuk melakukan servis ini.

Servis flick harus dilakukan sebaik mungkin agar lawan terkecoh dan kehilangan fokus. Maka dari itu servis flick tidak boleh dilakukan terlalu sering karena lawan bisa mudah memprediksi dan melakukan pengembalian dengan cepat.

Dalam permainan bulutangkis modern, servis flick lebih umum di permainan ganda. Salah satu pemain Indonesia yang terkenal dengan servis flick-nya adalah Kevin Sanjaya.

4. Servis Mendatar atau Drive

Tidak sembarang pemain bisa melakukan servis ini. Servis mendatar umumnya hanya dilakukan oleh pemain pro saja. Oleh karena itu, servis ini jarang terlihat dalam sebuah pertandingan bulutangkis.

Inti dari servis mendatar adalah penyerangan. Jadi, alih-alih memulai permainan dengan damai, di sini kamu langsung memulainya dengan serangan.

Tujuan servis mendatar adalah memukul bola secara langsung pada lawan dengan memanfaatkan kelengahan mereka. Dengan demikian, mereka jadi tidak memiliki banyak opsi pengembalian. Hasilnya adalah poin muda bagi kamu.

Namun, servis mendatar juga bisa cukup riskan dilakukan jika lawan siap, karena mereka bisa langsung melakukan smash.

Servis ini dieksekusi dengan pegangan forehand  melalui gerakan bawah lengan (underarm) dan gerakan lanjutan. Bola harus dijatuhkan sedikit ke samping daripada di depan tubuh dan dipukul lebih datar.

Cara Melakukan Pukulan Servis


Setelah mengetahui macam-macam servis dalam permainan bulutangkis, berikut ini adalah beberapa tips atau cara melakukan pukulan servis dengan baik.

1. Perhatikan Tinggi Servis

Sejak perhetalan All England 2018, BWF menerapkan aturan baru dalam servis. Batas ketinggian melakukan servis adalah 115 cm dari permukaan lapangan. Lebih dari itu servis dinyatakan gagal (diukur manual menggunakan alat khusus oleh service judge.

2. Perhatikan Kaki Saat Servis

Selama servis, beberapa bagian dari kedua kaki harus bersentuhan dengan permukaan lapangan agar servis dianggap legal. Meskipun sangat jarang terjadi kesalahan pada kasus ini, namun kamu tetap memperhatikannya.

3. Samarkan Pukulan

Pastikan untuk menyamakan pukulan sampai ke titik kontak dengan bola. Dengan demikian, lawan hanya bisa memprediksi pukulan servis hanya pada detik-detik terakhir.

Ada beberapa teknik menyamarkan pukulan, salah satunya adalah dengan mencondongkan tubuh ke belakang saat hendak melakukan pukulan servis pendek (terlihat seakan-akan melakukan servis panjang).

4. Amati Posisi Lawan

Sebelum melakukan servis, sebaiknya kamu amati posisi lawan terlebih dahulu. Manfaatkan kelengahan mereka agar servis yang kamu lakukan tidak mudah terbaca dan bisa berbuah poin dengan mudah.

5. Gunakan Pukulan Servis yang Berbeda

Jangan hanya menggunakan servis yang itu-itu saja karena lawan akan mudah memprediksi. Setidaknya gunakan dua jenis servis ke dalam permainan. Namun jangan terlalu sering menggunakan servis flick atau mendatar karena bisa cukup riskan. Pemain pro biasanya memiliki taktik tersendiri saat hendak melakukan servis sehingga tidak mudah dibaca oleh lawan.

Keuntungan Melakukan Servis dengan Baik


Servis yang baik dapat memberikan beberapa keuntungan bagi pemain, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Bisa menyusun strategi servis,
  • Bisa berkoordinasi dengan pasangan secara efektif untuk mempersiapkan tembakan berikutnya,
  • Bisa memasukkan lawan ke posisi yang kurang menguntungkan,
  • Bisa memberikan lebih kepercayaan diri,
  • Mampu mengantisipasi tembakan selanjutnya.

Nah, itulah beberapa macam pukulan servis dalam permainan bulutangkis dan bagaimana cara melakukannya dengan baik. Semoga bisa membantumu menjawab pertanyaan “Jelaskan cara melakukan pukulan servis dalam permainan bulutangkis!”

Referensi


  1. “Badminton Serve.” Master Badminton, 5 Sept. 2016, www.masterbadminton.com/badminton-serve.html.
  2. “Experimental Service Law from March 2018.” BWF Fansite, 29 Nov. 2017, bwfbadminton.com/news-single/2017/11/29/experimental-service-law-from-march-2018.
  3. “Starting Right – How Crucial Is the Serve.” ActiveSG, www.myactivesg.com/Sports/Badminton/Training-Method/Badminton-for-Beginners/Starting-Right-How-crucial-is-the-serve.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek