Jelaskan Manfaat Brosur Bagi Seorang Wirausaha!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Jelaskan manfaat brosur bagi seorang wirausaha!” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas pengetahuanmu.


Brosur adalah salah satu media yang sering digunakan untuk mengenalkan sebuah produk atau jasa. Kita bisa bertemu dengan orang-orang yang sedang membagikan brosur setiap harinya, seperti di lampu merah, taman, area perkantoran, dan lain sebagainya. Ini menandakan kalau brosur masih penting untuk menjual produk dan jasa.

Jelaskan manfaat brosur bagi seorang wirausaha

Contoh brosur perjalanan
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Brosur biasanya berbentuk lembaran yang berisikan penawaran beserta beberapa informasi penting lainnya. Brosur dibuat semenarik mungkin agar orang-orang tertarik untuk membaca hingga pada akhirnya membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Manfaat Brosur Bagi Seorang Wirausaha


Brosur memberikan banyak manfaat bagi seorang wirausaha, contohnya seperti di bawah ini.

1. Media Pemasaran yang Terjangkau

Bagi perusahaan rintisan kecil dan UKM, brosur bisa menjadi media yang terjangkau untuk memasarkan produk atau jasa dibandingkan dengan media pemasaran online.

Namun, ini bukan berarti brosur dibuat seadanya. Brosur harus dibuat dengan baik dan efektif agar tidak membingungkan dan membuat calon pelanggan lari ke pesaing usaha.

Jika membuat dan merancang brosur di luar kemampuan, menggunakan jasa seorang desainer profesional adalah pilihan yang bagus. Namun saat ini tersedia sejumlah aplikasi online untuk membuat brosur dengan mudah dan gratis.

2. Memuat Banyak Informasi

Manfaat brosur lainnya bagi seorang wirausaha adalah memungkinkan untuk mengemas banyak informasi dalam area yang kecil. Selain deskripsi dan penawaran produk atau jasa, wirausahawan juga bisa menceritakan kisah bisnisnya dalam brosur untuk membangun kepercayaan hingga menyertakan kupon atau diskon untuk menghasilkan bisnis langsung.

3. Bisa Bertahan Lebih Lama

Jika dibandingkan dengan promosi online yang waktu tayangnya ditetapkan, brosur yang merupakan representasi fisik dari iklan bisa bertahan lebih lama. Brosur tidak akan hilang dari pandangan dengan mudah sampai dibuang.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Desain brosur yang profesional dan menarik dengan cetakan berkualitas bisa menambah kredibilitas, keaslian, dan martabat suatu merek. Jika memiliki dana yang cukup untuk memasarkan produk, sebaiknya jangan sungkan-sungkan untuk berinvestasi dalam membuat brosur yang bagus dan profesional.

Referensi


  1. 6 Benefits of Using Brochures” (dalam bahasa Inggris). Flottman Company, Inc. Diakses 4 November 2020.
  2. Carton, Anne (27 September 2018). “Top 10 Reasons Why Brochures Are Still Important For Selling Products And Services” (dalam bahasa Inggris). Designhill.com. Diakses 4 November 2020.
  3. Create the Best Brochure” (dalam bahasa Inggris). Entrepreneur Media, Inc. Diakses 4 November 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek