Jelaskan Manfaat Dibentuknya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Jelaskan manfaat dibentuknya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)!” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


ASEAN adalah organisasi regional Asia Tenggara yang dibentuk pada 8 Agustus 1967. Negara-negara anggota ASEAN adalah Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Sekretariat ASEAN berkedudukan di Jakarta, Indonesia.

ASEAN memiliki banyak program untuk kemajuan semua negara anggotanya. Salah satunya adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau The ASEAN Economic Community (AEC).

MEA adalah realisasi dari tujuan akhir integrasi ekonomi kawasan. Ini membayangkan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi, kawasan yang sangat kompetitif, dengan pembangunan ekonomi yang adil, dan terintegrasi penuh ke dalam ekonomi global.

Jelaskan manfaat dibentuknya MEA

Maksud (searah jarum jam): kawasan ekonomi yang kompetitif, terintegrasi penuh ke dalam ekonomi global, pembangunan ekonomi yang adil, dan pasar tunggal dan basis produksi.
Sumber: ASEAN Investment (lisensi komersial & lainnya)

Begitu MEA terwujud, ASEAN akan dicirikan oleh pergerakan bebas barang, jasa, dan investasi serta aliran modal dan keterampilan yang lebih bebas. Dengan harmonisasi hukum perdagangan dan investasi, ASEAN sebagai organisasi berbasis aturan akan diperkuat dan menjadi lebih menarik sebagai tujuan investasi tunggal.

Manfaat Dibentuknya MEA


Salah satu manfaat dibentuknya MEA adalah menciptakan lingkungan yang lebih kondusif melalui transparansi, prediktabilitas, dan konsistensi agar bisnis berkembang. Hal ini pada gilirannya akan menguntungkan konsumen yang akan memiliki akses ke barang dan jasa yang lebih murah dan lebih luas serta menikmati perlindungan konsumen yang lebih luas.

Menurut data ASEAN pada akhir Maret 2013, sekitar 78 persen dari langkah-langkah yang sesuai dengan Cetak Biru MEA telah dilaksanakan, dengan keuntungan signifikan di seluruh pilar. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

  • Pendapatan per kapita di kawasan ini meningkat dari US $ 2.267 menjadi US $ 3.759 pada tahun 2012;
  • Total perdagangan ASEAN tumbuh 16,8%, dari US $ 2,05 triliun pada 2010 menjadi US $ 2,4 triliun pada 2011; perdagangan intra-ASEAN mencapai US $ 598 miliar dari US $ 520 miliar, meningkat 15,1% dibandingkan periode yang sama;
  • ASEAN terus menarik investasi asing, menghasilkan arus masuk FDI (Foreign Direct Investment) sebesar US $ 114 miliar pada tahun 2011, meningkat 23% dari US $ 92 miliar pada tahun 2010.

Mencapai tujuan MEA berarti iklim investasi yang lebih baik di ASEAN. MEA memfasilitasi pelaksanaan perdagangan, jasa, investasi, dan reformasi lain yang diperlukan di setiap Negara Anggota ASEAN, sehingga meningkatkan tawaran lokasi masing-masing negara.

Di tingkat regional, MEA berperan penting dalam mengembangkan ASEAN sebagai kawasan dan menjadikannya salah satu blok ekonomi paling kompetitif di dunia.

Catatan


  • Untuk menghindari salah pengertian, isi bahasan ini mengandung terjemahan langsung dari sumber referensi.

Referensi


  1. About AEC” (dalam bahasa Inggris). investasean.asean.org. Diakses 21 Oktober 2020.
  2. Fact Sheet ASEAN Economic Community (AEC)” (dalam bahasa Inggris). asean.org. Diakses 21 Oktober 2020. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek