Jelaskan Pengertian Ekspor dan Impor!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Jelaskan pengertian ekspor dan impor!”. Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Mungkin di antara kita ada yang sering mendengar kata ekspor dan impor. Lalu apa yang dimaksud dengan keduanya?

Ekspor dan impor adalah dua kata dalam ilmu ekonomi yang saling berkaitan. Keduanya menciptakan sebuah situasi yang bernama perdagangan internasional.

Ekspor berarti kita memproduksi barang dan jasa di dalam negeri lalu mengirimnya ke luar negeri untuk dijual kepada pembeli di negara tujuan. Sebaliknya, impor berarti kita mendatangkan produk atau jasa yang dibuat di negara lain untuk dijual di dalam negeri. Singkatnya, ekspor adalah pengiriman barang ke luar negeri, sedangkan impor adalah pemasukan barang dari luar negeri.

Jelaskan pengertian ekspor dan impor

Tumpukan kontainer di pelabuhan ini menandakan adanya aktivitas ekspor atau impor.
Sumber: Pikist (Lisensi Creative Commons)

Setiap negara di dunia ini pasti melakukan aktivitas ekspor dan impor dengan negara lain. Hal itu karena sebuah negara tidak bisa berdiri sendiri. Meskipun negara tersebut kaya, mereka tetap membutuhkan produk atau jasa negara lain yang tidak ada di negara tersebut.

Sebagai contoh, Indonesia memiliki hasil alam yang melimpah dan mengekspornya ke luar negeri, tentunya setelah kebutuhan dalam negeri terpenuhi. Namun, di sisi lain Indonesia membutuhkan mesin-mesin canggih dari negara-negara maju, sehingga Indonesia melakukan impor terhadap barang tersebut.

Pentingnya Ekspor


Ekspor sangat penting bagi perekonomian modern karena menawarkan lebih banyak pasar kepada orang dan perusahaan untuk barang-barang mereka.

Ekspor dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan jika barang tersebut menciptakan pasar baru atau memperluas pasar yang sudah ada, dan bahkan dapat memberikan peluang untuk merebut pangsa pasar global yang signifikan.

Saat ekspor meningkat, maka kapasitas produksi juga meningkat. Ketika hal ini terjadi perusahaan akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja terampil untuk mendukung bisnisnya. Dengan demikian, ekspor membantu membuka lebih banyak peluang kerja, sehingga penggangguran berkurang.

Manfaat Impor


Kata impor mungkin lebih sering terdengar negatif di telinga sebagian orang. Ini bisa jadi karena ketidakmampuan negara akan memproduksi suatu barang atau jasa, sehingga harus mengandalkan negara lain.

Impor tidak selamanya memiliki konotasi buruk. Karena setiap negara saling membutuhkan satu sama lain, maka baik negara maju maupun negara berkembang pasti harus melakukan impor untuk barang dan jasa yang tidak ada di negaranya.

Impor memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah mengurangi biaya produksi. Dengan impor, kita bisa mendapatkan barang dari luar negeri yang melimpah dan dijual murah. Jadi, alih-alih memproduksi sendiri dengan biaya yang mahal, impor bisa menjadi solusi yang murah dan menguntungkan.

Meskipun demikian, ketergantungan pada impor juga tidak baik. Kita harus mampu menciptakan produk atau jasa yang bisa kita ekspor, sehingga kita tidak merugi.

Jika impor lebih banyak daripada ekspor, maka kita akan mengalami defisit atau tekor. Jadi, meskipun impor tidak bisa dihindari, alangkah baiknya kita lebih meningkatkan ekspor kita, sehingga kita bisa mendapatkan surplus.

Nah, itulah bahasan singkat untuk pertanyaan “Jelaskan pengertian ekspor dan impor!” Semoga membantu ya.

Referensi


  1. Ekspor”. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 22 Oktober 2020.
  2. Impor”. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 22 Oktober 2020.
  3. Segal, Troy. “Export Definition” (dalam bahasa Inggris). Investopedia. Diakses 22 Oktober 2020.
  4. Segal, Troy. “Import Definition” (dalam bahasa Inggris). Investopedia. Diakses 22 Oktober 2020.
  5. What are the Benefits of Importing and Exporting Products?” (dalam bahasa Inggris). A & A Customs Brokers. Diakses 22 Oktober 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek