Jelaskan Sebaran Penduduk Benua Asia dan Faktor yang Mempengaruhinya

oleh Gurunakal

Halo sahabat Gurunakal.com, bahasan yang satu ini membantu menjawab pertanyaan “Jelaskan sebaran penduduk benua Asia dan faktor yang mempengaruhinya!”. Ayo perluas wawasan kalian dengan membaca seluruh isi bahasan ini.


Dilansir dari situs Encyclopedia Britannica, Asia adalah benua terbesar di dunia yang kira-kira mencangkup sepertiga dari luas daratan dunia dan merupakan rumah bagi sekitar tiga per lima dari populasi dunia. Tiongkok dan India adalah dua negara terpadat yang bersama-sama menyumbang hampir dua per lima dari total penduduk dunia.

Menurut Worldometer, pada tahun 2019 penduduk di benua Asia berjumlah sekitar 4,6 miliar jiwa. Pada tahun tersebut pertumbuhan penduduk Asia mencapai 0,89 % atau bertambah sekitar 40 juta orang dari tahun sebelumnya. Lalu bagaimana dengan sebaran penduduk benua Asia?

Sebaran Penduduk Benua Asia


Benua Asia

Sumber: Pixabay

Bisa dibilang kalau sebaran penduduk di benua Asia tidak merata di seluruh wilayahnya. Sekitar tiga per lima dari total populasi Asia tingal di Tiongkok dan India, sedangkan dua per lima sisanya dimiliki oleh empat puluh enam negara lainnya. Ini menunjukkan kalau benua Asia memiliki variasi yang signifikan dalam hal sebaran penduduk.

Menurut sub kawasan, Asia Selatan, Asia Timur, dan Asia Tenggara merupakan tiga kawasan Asia terpadat. Di tiga sub kawasan Asia itu terdapat tujuh negara yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 100 juta orang (per 2019).

Ketujuh negara itu adalah Bangladesh, Filipina, India, In­donesia, Jepang, Pakistan, dan Tiongkok. Di saat yang sama, di Asia terdapat lebih dari dua puluh negara yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 10 juta jiwa, yang umumnya tersebar di sub kawasan Asia Barat dan Asia Tengah.

Faktor yang Mempengaruhi Sebaran Penduduk Benua Asia


Ada banyak faktor yang mempengaruhi sebaran penduduk di suatu wilayah, termasuk benua Asia . Mereka di antaranya adalah bentuk lahan (landform), topografi, tanah, energi dan sumber daya mineral, aksesibilitas seperti jarak dari pantai laut, pelabuhan alami, dan sungai yang dapat dilayari atau kanal.

Selain itu, faktor budaya, batas politik, kontrol akses dan perdagangan, kebijakan pemerintah, jenis kegiatan ekonomi, teknologi termasuk jenis pertanian dan fasilitas transportasi, sosial organisasi dan tidak sedikit, faktor-faktor demografis seperti perubahan dalam peningkatan dan pengembangan alami juga dapat mempengaruhi sebaran penduduk.

Prinsip Fisiografi


Sebaran penduduk yang tidak merata di benua Asia mengikuti beberapa prinsip fisiografi dasar geografi populasi, yaitu kepadatan penduduk yang sangat tinggi di sepanjang garis pantai dan sungai, dan kepadatan yang rendah di dataran-dataran tinggi.

Jelaskan Sebaran Penduduk Benua Asia dan Faktor yang Mempengaruhinya

Peta sebaran penduduk benua Asia berdasarkan kepadatan.
Sumber: Geography Notes

Peta di atas menunjukkan kalau dataran-dataran sungai besar di Asia memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi hingga ribuan orang per km perseginya. Peta di atas juga menunjukkan kalau penduduk Asia terkonsentrasi di tiga sub kawasan, yakni Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur.

Contoh dataran atau cekungan sungai di Asia yang padat penduduk adalah Sungai Indus-Gangga di India utara, Sungai Irrawaddy di Myanmar, Sungai Chao Phraya di Thailand, dan Sungai Huang He, Chang Jiang, dan Xijiang di Tiongkok. Semuanya merupakan daerah yang subur yang banyak orang menggantungkan hidup di atasnya.

Selain daerah aliran sungai, kepadatan penduduk yang tinggi juga ada di dataran pantai yang dapat diakses, seperti  di Jepang bagian tengah dan selatan, sebagian besar Korea Selatan, Pulau Jawa dan Bali di Indonesia, dan dataran pantai Vietnam dan Taiwan.

Sementara itu, hal yang berbanding terbalik terjadi di kawasan pedalaman Asia dan Asia Barat Daya. Karena terlalu dingin, terlalu kasar (dalam artian tidak banyak tanah datar), serta terlalu kering membuat kedua kawasan itu memiliki kepadatan penduduk yang sangat rendah.

Sebagai perbandingan, Mongolia yang merupakan sebuah negara yang terkurung daratan atau landlocked country di Asia hanya berpenduduk sekitar 3,2 juta jiwa per estimasi 2020. Dengan total area mencapai 1.566.000 km persegi, kepadatan penduduk negara ini kurang dari dua orang per km perseginya.

Meskipun daratannya luas, Mongolia memiliki sedikit tanah subur. Sebagian besar wilayahnya merupakan padang rumput dengan pegunungan di utara dan barat dan Gurun Gobi di selatan.

Kondisi yang berbeda dialami oleh Bangladesh. Negara yang terletak di Delta Sungai Gangga-Brahmaputra yang sangat subur ini memiliki penduduk lebih dari 161 juta jiwa (per estimasi 2018). Dengan luas wilayah hanya 147.570 km persegi, kepadatan penduduk beribu kota Dhaka ini sangat tinggi, yakni 1.106 per km perseginya.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek