Jelaskan Tujuan Dibentuknya AHA Centre!

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Jelaskan tujuan dibentuknya AHA Centre!” Ayo baca bahasan ini hingga tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.

Apa Itu AHA Centre?


ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance on disaster management atau AHA Centre adalah sebuah organisasi antar pemerintah yang bertujuan untuk memfasilitasi kerjasama dan koordinasi antara Negara Anggota ASEAN dan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi internasional untuk penanggulangan bencana dan tanggap darurat di kawasan ASEAN.

Jelaskan Tujuan Dibentuknya AHA Centre

Logo AHA Centre
Sumber: AHA Centre

AHA Centre secara resmi didirikan pada KTT ASEAN ke-19 di Bali pada 17 November 2011, melalui penandatanganan ‘Perjanjian ASEAN tentang Pembentukan AHA Centre’ oleh Menteri Luar Negeri ASEAN dan disaksikan oleh masing-masing Kepala Negara / Pemerintahan dari kesepuluh negara ASEAN.

Dalam menjalankan mandatnya, AHA Centre terutama bekerja dengan Organisasi Manajemen Bencana Nasional (NDMO) dari Negara Anggota ASEAN. Selain itu, AHA Centre juga bermitra dengan organisasi internasional, sektor swasta, dan organisasi masyarakat sipil, seperti Palang Merah dan Gerakan Bulan Sabit Merah, Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan AADMER Partnership Group.

Dasar Hukum Pembentukan AHA Centre


ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER) adalah yang mengamanatkan pembentukan AHA Centre. AADMER sendiri adalah kerangka kerja yang mengikat secara hukum untuk kerjasama dan koordinasi regional di semua aspek manajemen bencana. AADMER ditandatangani oleh 10 Menteri Luar Negeri ASEAN pada 26 Juli 2005 dan mulai berlaku pada 24 Desember 2009.

AADMER memandu pengembangan prosedur operasional untuk menanggapi bencana secara kolektif dan segera. Misalnya, termasuk ketentuan untuk memfasilitasi pergerakan kiriman bantuan dan untuk mempercepat bea cukai. Ini juga mendefinisikan penggunaan personel militer dan sipil dalam operasi bantuan bencana. Perjanjian tersebut mengamanatkan pembentukan pusat untuk mengkoordinasikan tanggap bencana regional (AHA Centre).

Fungsi AHA Centre


Fungsi utama AHA Centre adalah untuk memfasilitasi kerjasama regional untuk manajemen bencana, untuk memfasilitasi kesiapsiagaan dan tanggap darurat bersama, dan untuk mengoperasionalkan mekanisme koordinasi regional untuk kesiapsiagaan dan tanggap darurat.

Ketika bencana besar melanda wilayah ASEAN, AHA Centre memainkan peran sentral dalam memfasilitasi arus informasi. Ini mengikuti protokol komunikasi dan koordinasi yang tepat seperti yang ditentukan oleh Prosedur Operasi Standar untuk Pengaturan Siaga Regional dan Koordinasi Operasi Bantuan Bencana Bersama dan Tanggap Darurat (Standard Operating Procedure for Regional Standby Arrangements and Coordination of Joint Disaster Relief and Emergency Response Operations atau SASOP).

Selama tanggap darurat, AHA Centre juga dapat membantu memobilisasi aset dan personel siaga ASEAN. AHA Centre memiliki kapasitas untuk mengirimkan barang-barang bantuan dan mengerahkan ASEAN Emergency Response and Assessment Team (ASEAN-ERAT). AHA Centre juga menyelenggarakan latihan simulasi secara teratur untuk menguji mekanisme tanggap darurat regional.

Catatan: Sebagian besar isi bahasan ini berisi terjemahan langsung dari laporan resmi berbahasa Inggris yang dikeluarkan oleh AHA Centre. Ini dilakukan untuk membantumu memahami AHA Centre lebih mudah.

Referensi


  1. About The AHA Centre” (dalam bahasa Inggris). AHA Centre. Diakses 15 Februari 2021.
  2. “AHA Centre Partnership” (dalam bahasa Inggris). AHA Centre. Diakses 15 Februari 2021. File PDF.
  3. “FAQs AHA Centre” (dalam bahasa Inggris). AHA Centre. Diakses 15 Februari 2021. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek