10 Jenis Pidato yang Biasa Dibawakan

oleh Gurunakal

Pidato merupakan kegiatan berbicara dihadapan banyak orang dengan tujuan yang berbeda, tergantung jenis pidato yang dibawakan. Tidak semua orang pandai berpidato, namun pidato bisa dilakukan oleh semua orang. Setidaknya setiap orang memiliki kesempatan untuk menguasai salah satu jenis pidato yang jumlahnya banyak.

Namun jika kamu calon pemimpin, menguasai beberapa jenis pidato adalah sebuah kewajiban karena kamu akan terus dituntut untuk melakukannnya. Di antara belasan (atau mungkin puluhan?) jenis pidato yang ada, berikut adalah beberapa yang penting untuk diketahui.

1. Pidato Demonstrasi

Sesuai namanya, pidato demonstrasi umumnya bertujuan untuk mendemonstrasikan, mempertunjukkan, atau membuktikan bagaimana melakukan atau mengerjakan suatu tindakan.

Agar hadirin lebih mudah memahami, pelaku pidato demonstrasi biasanya menggunakan sejumlah alat bantu visual yang dapat membantu lebih lanjut menunjukkan atau menggambarkan dalam istilah praktis bagaimana melakukan sesuatu secara efektif.

Contoh terbaik pidato demonstrasi adalah yang dilakukan oleh para petinggi perusahaan smartphone ketika hendak meluncurkan produk terbaru mereka di depan semua tamu undangan yang hadir.

2. Pidato Menghibur

Inti dari pidato jenis ini adalah untuk membuat para hadirin merasa terhibur. Pidato menghibur bisa dikatakan sebagai salah satu pidato yang paling populer di masyarakat kontemporer.

Di Indonesia pidato menghibur sering dibawakan oleh para pemuka agama di hadapan jamaah mereka, penghulu nikah, dan lain MC dalam suatu acara ramah tamah.

Supaya tidak merasa bosan, pidato menghibur biasanya cukup singkat. Namun hal itu sebenarnya tergantung orang yang melakukan pidato.

Jika ia lihai dan pintar menghibur (ini bukan perkara mudah lho), maka pidato menghibur yang cukup panjang pun akan tetap menghibur.

3. Pidato Informatif

Beberapa orang mungkin berpikir kalau pidato informatif mirip dengan pidato demonstrasi. Hal itu karena tujuan dasar kedua pidato ini hampir sama, yaitu menyampaikan informasi. Namun, baik pidato informatif maupun pidato demonstrasi memiliki ciri masing-masing.

Jika pidato demonstrasi lebih ke mempertunjukkan, maka pidato informatif lebih ke mendidik. Di sini hadirin dididik tentang informasi baru atau yang relevan tentang topik tertentu.

Selain itu, pidato informatif tidak menggunakan alat bantu visual dalam pelaksanaannya. Tetapi, pemberi pidato informatif menggunakan fakta, statistik, informasi edukatif, dan data agar hadirin dapat mempelajari sesuatu dan mengatakan bahwa mereka telah diberi tahu tentang tema.

Jika kamu pernah pergi ke museum, kamu akan melihat dan mendengar secara langsung bagaimana pidato informatif dilakukan oleh para pemandu museum.

4. Pidato Persuasif

Seperti namanya, pidato persuasif adalah jenis pidato yang bersifat membujuk secara halus. Hal itu dilakukan untuk untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain bahwa pendapat pembicara tentang topik tertentu adalah benar atau yang paling benar.

Pidato persuasif sering dilakukan oleh para politisi dalam membela keyakinan politik mereka. Pidato seorang calon presiden dalam bentuk kampanye dihadapan para pendukungnya juga termasuk pidato persuasif.

Agar sebuah pidato persuasif berhasil meyakinkan audiensi, kebanyakan pembicara cenderung menggunakan bukti dan fakta konkret untuk mendukung argumen mereka. Jika tidak, mereka bisa dianggap membual atau menyebarkan informasi palsu atau “hoax”.

5. Pidato Oratoris

Pidato oratoris adalah jenis pidato yang disampaikan dalam gaya yang digunakan oleh seorang orator (orang yang ahli berpidato dalam jangka waktu lama). Jenis pidato ini biasanya diberikan pada acara-acara yang sangat khusus, seperti upacara kelulusan, pelantikan atau acara pemotongan pita.

Dalam pidato oratoris, pembicara tidak harus berusaha meyakinkan hadirin tentang masalah tertentu, tetapi cukup umum seperti yang mereka alami. Karena seorang orator umumnya adalah orang yang fasih berbicara, maka dari itu pidato oratoris akan disampaikan dengan fasih.

6. Pidato Khusus

Dinamakan pidato khusus karena jenis pidato ini berdiri sendiri alias tidak masuk dalam kategori pidato tertentu. Pidato khusus umumnya dibuat pendek tapi menarik, menyenangkan dan langsung ke intinya.

Beberapa contoh pidato khusus pidato memperkenalkan pembicara untuk suatu acara tertentu, pidato memperkenalkan tamu, pidato penghargaan kepada seseorang, dan lain sebagainya.

7. Pidato Motivasi

Pidato jenis ini sering disampaikan oleh para motivator di depan hadirin audiens mereka. Seperti namanya, pidato ini disampaikan untuk mendorong dan menginspirasi kepercayaan audiens untuk berbuat lebih baik dengan dan untuk diri mereka sendiri.

Seorang atasan yang berbicara di hadapan para karyawannya juga bisa disebut pidato motivasi. Contoh lain dari pidato motivasi adalah ketika seorang pelatih memotivasi para pemainnya untuk tampil maksimal di sebuah pertandingan. Dan masih banyak lagi contoh pidato motivasi lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

8. Pidato Penjelasan

Jenis pidato ini agak mirip dengan pidato demonstrasi. Namun, informasi yang disampaikan dalam pidato penjelasan mencangkup langkah demi langkah yang rinci dan memecah cara melakukan sesuatu.

Selain itu, pidato penjelasan juga tidak dilakukan dengan bantuan visual. Seseorang yang berbicara mengenai prosedur yang harus dilakukan adalah contoh dari pidato penjelasan.

9. Pidato Debat

Jenis pidato ini sering kita saksikan dan dengarkan di acara debat politik di televisi. Setiap pembicara dalam acara tersebut biasanya diberikan waktu yang sama untuk memberikan pidato mengenai pendapat atau pandangan mereka terhadap sesuatu yang mereka anggap benar.

Berbeda dengan pidato persuasif, seseorang yang melakukan pidato debat tidak mencoba meyakinkan pihak lain untuk bergaung dengan pihaknya. Ia hanya akan mencoba membenarkan mengapa dirinya berpendapat tentang suatu hal.

10. Pidato Perpisahan

Sesuai namanya, pidato perpisahan umumnya dilakukan ketika seseorang hendak berpisah dengan teman atau koleganya. Pidato perpisahan bisa dilakukan di tempat kerja (misal kamu akan dipindah tugaskan ke tempat lain), di sekolah (kamu akan pindah sekolah atau lulus sekolah), dan lain-lain.

Pidato perpisahan tidak bisa dilakukan biasa-biasa saja. Perpisahan memiliki gaya unik tersendiri. Misal, nada bicara pidato perpisahan bisa sedih dan menyemangati hingga memicu emosi yang kuat di antara penonton dan pembicara.

Selain itu, seseorang yang melakukan pidato perpisahan harus mengetahui dan memiliki tingkat perhatian khusus dengan kata-kata dan bahasa tubuh agar pidato menjadi semakin berkesan.

Nah, itulah beberapa jenis pidato yang perlu kamu ketahui. Jika kamu seorang pembiaca umum, kamu wajib menguasai banyak jenis pidato karena kamu akan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang berbeda-beda. Kamu juga harus mengetahui jenis pidato apa yang tepat dan pantas untuk dibawakan pada suatu acara.

Tips-tips singkat di bawah ini mungkin bisa membantumu menyampaikan pidato yang tepat di hadapan audiens.

  • Sebelum pidato dimulai, kamu harus sudah mempertimbangkan pesan dalam pidatomu.
  • Selanjutnya kamu juga harus sudah mengetahui dan menguasai bagaimana menyampaikannya.
  • Kemudian kamu harus mempertimbangkan hasil atau efek yang diinginkan dari pidato yang hendak disampaikan.
  • Kamu harus percaya diri karena itu sangatlah penting agar pidatomu berjalan sukses.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek