Jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia adalah?

oleh Gurunakal

Bahasan ini membantu menjawab pertanyaan “Jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia adalah?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah luas.

Sekilas Tentang Australia


Australia adalah sebuah negara sekaligus benua yang terletak di selatan Indonesia. Australia merupakan negara anggota Persemakmuran Inggris yang beribu kota Canberra.

Tanaman di Australia


Meski sebagian besar wilayah Australia berupa gurun pasir yang kering dan panas, negara ini merupakan rumah bagi lebih dari 24.000 tanaman. Beberapa di antara sering diidentikkan dengan Australia karena tanaman tersebut asli dari sana.

Nah, di antara puluhan ribu spesies tanaman tersebut, dua jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia adalah akasia dan eukaliptus.

1. Akasia

Australia adalah rumah bagi lebih dari 1.200 spesies akasia, yang disebut sebagai pohon waffle oleh masyarakat di sana. Tanaman ini tersebar di sejumlah negara bagian, seperti di bagian selatan New South Wales, Adelaide Hills, Victoria, dan di sekitar ibu kota Canberra.

Saking pentingnya tanaman ini, Australia menjadikan bunga waffle emas sebagai maskot flora mereka. Bahkan mereka memiliki hari raya khusus bernama Wattle Day yang dirayakan setiap tanggal 1 September.

2. Eukaliptus

Eukaliptus bukanlah tanaman yang asing bagi sebagian masyarakat kita. Itu karena produk tanaman ini sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, umumnya berupa minyak eukaliptus yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kita juga bisa menemukan pohon eukaliptus di kawasan tengah dan timur Indonesia, seperti Sulawesi dan Papua. Namun, mayoritas spesies tanaman ini berasal dari Australia.

Ada lebih dari 2.800 spesies eukaliptus atau pohon gum di Australia. Tanaman ini tumbuh di banyak tempat di Australia, tapi Pegunungan Biru Australia (Blue Mountains) menjadi rumah bagi rangkaian spesies eukaliptus yang paling beragam di dunia.

Lihat Juga


Referensi


  1. Tumbuhan asli Australia.” Tourism Australia. Diakses 28 Juli 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek