Jumlah Pemain Bola Voli yang Perlu Diketahui

oleh Gurunakal

Bola voli merupakan jenis olahraga tim yang terdiri dari beberapa pemain. Di bawah ini akan dibahas jumlah pemain bola voli dan komposisi tim bola voli menurut Federasi Bola Voli Internasional selaku induk organisasi internasional olahraga bola voli dunia.

Jumlah Pemain Bola Voli

Tim Bola Voli

Sumber: Wikimedia Commons

Dalam pertandingan bola voli resmi, jumlah pemain bola voli bisa mencapai 12 orang ditambah staf pelatih (satu pelatih, maksimal dua asisten pelatih) dan staf medis (satu tim terapis dan satu dokter medis).

Hanya mereka yang tercantum pada lembar skor yang biasanya dapat memasuki Area Kompetisi / Kontrol dan mengambil bagian dalam pemanasan resmi dan dalam pertandingan.

Salah satu pemain, selain libero, adalah kapten tim, yang akan ditunjukkan pada lembar skor. Hanya para pemain yang tercatat di lembar skor yang dapat memasuki lapangan dan bermain dalam pertandingan.

Setelah pelatih dan kapten tim menandatangani lembar skor, (daftar tim untuk lembar skor elektronik) para pemain yang tercatat tidak dapat diubah.

Lokasi Tim Bola Voli

Para pemain yang tidak bermain harus duduk di bangku tim atau berada di area pemanasan. Pelatih dan anggota tim lainnya duduk di bangku cadangan, tetapi mungkin untuk sementara waktu meninggalkannya.

Bangku untuk tim harus terletak di samping meja skor, di luar zona bebas. Hanya anggota komposisi tim yang diizinkan untuk duduk di bangku selama pertandingan dan berpartisipasi dalam sesi pemanasan resmi.

Pemain yang tidak bermain dapat melakukan pemanasan tanpa bola. Berikut adalah peraturannya.

  • Saat bermain: di area pemanasan.
  • Selama waktu jeda dan jeda teknis: di zona bebas di belakang lapangan mereka.
  • Selama interval yang ditentukan, pemain dapat melakukan pemanasan menggunakan bola di zona bebas mereka sendiri. Selama interval yang diperpanjang antara set 2 dan 3 (jika digunakan), pemain juga dapat menggunakan lapangan mereka sendiri.

Peralatan Pemain Bola Voli

Peralatan pemain terdiri dari jersey, celana pendek, kaus kaki (seragam) dan sepatu olahraga. Warna dan desain untuk jersey, celana pendek dan kaus kaki harus seragam untuk tim (kecuali untuk libero).

Seragam pemain harus dalam keadaan bersih dan harus diberi nomor dari 1 hingga 20. Sementara itu, sepatu pemain harus ringan dan lentur dengan sol karet atau komposit tanpa heels.

Nomor pada jersey harus ditempatkan di tengah depan dan belakang. Warna dan kecerahan angka harus kontras dengan warna dan kecerahan jersey.

Ukuran nomor tersebut harus memiliki tinggi minimal 15 cm di bagian dada dan minimal 20 cm di bagian belakang. Garis yang membentuk angka harus memiliki lebar minimum 2 cm.

Khusus untuk kapten tim, ia harus mengenakan jersey yang memiliki strip berukuran 8 x 2 cm yang menggarisbawahi nomor di bagian dada.

Perlu diingat bahwa dilarang mengenakan seragam dengan warna yang berbeda dari para pemain lain (kecuali untuk pemain libero) dan / atau tanpa nomor resmi.

Selain itu, pemain juga dilarang mengenakan benda-benda yang dapat menyebabkan cedera atau memberikan keuntungan buatan bagi mereka. Namun, pemain dapat mengenakan kacamata atau lensa dengan risiko mereka sendiri. Mereka juga dapat mengenakan bantalan kompresi untuk perlindungan atau dukungan.

Pemimpin Tim Bola Voli

Setiap tim bola voli memiliki pemimpin, baik itu kapten dan pelatih. Mereka berdua bertanggung jawab atas perilaku dan disiplin anggota tim mereka. Khusus untuk libero, ia tidak bisa menjadi tim atau kapten permainan.

Kapten Tim Bola Voli

Apa yang harus dilakukan seorang kapten tim bola voli dalam pertandingan resmi? Berikut adalah uraiannya.

  • Sebelum pertandingan dimulai, kapten tim harus menandatangani lembar skor dan mewakili timnya dalam undian.
  • Selama pertandingan dan saat berada di lapangan, kapten tim adalah kapten permainan. Ketika kapten tim tidak berada di lapangan, pelatih atau kapten tim harus menugaskan pemain lain di lapangan, tetapi bukan libero, untuk berperan sebagai kapten permainan. Kapten permainan ini akan bertugas mempertahankan tanggung jawabnya sampai ia digantikan, atau kapten tim kembali bermain, atau set berakhir.
  • Ketika bola keluar dari permainan, hanya kapten permainan yang berwenang untuk berbicara dengan wasit, baik untuk meminta penjelasan tentang aplikasi atau interpretasi peraturan, dan juga untuk mengajukan permintaan atau pertanyaan dari rekan satu timnya. Jika kapten permainan tidak setuju dengan penjelasan wasit pertama, ia dapat memilih untuk memprotes keputusan tersebut dan segera menunjukkan kepada wasit pertama bahwa ia berhak mencatat protes resmi pada lembar skor di akhir pertandingan. Kapten tim juga berhak untuk meminta otorisasi (untuk mengubah semua atau sebagian peralatan, untuk memverifikasi posisi tim, dan untuk memeriksa lantai, jaring, bola, dll). Jika pelatih tidak ada, ia juga bisa berbicara dengan wasit untuk meminta batas waktu dan substitusi.
  • Di akhir pertandingan, kapten tim harus berterima kasih kepada wasit dan menandatangani lembar skor untuk meratifikasi hasilnya. Kapten tim juga dapat, ketika telah diberitahu pada waktunya oleh wasit pertama, mengkonfirmasi dan mencatat pada lembar skor protes resmi mengenai aplikasi wasit atau interpretasi aturan.

Pelatih Tim Bola Voli

Lalu bagaimana dengan pelatih (dan asisten pelatih)? Berikut adalah beberapa tanggung jawab seorang pelatih tim bola voli di lapangan.

  • Sepanjang pertandingan, pelatih membimbing permainan timnya dari luar lapangan bermain. Ia memilih susunan pemain awal, pemain pengganti, dan mengambil time-out. Dalam fungsi-fungsi ini, petugas penghubungnya adalah wasit kedua.
  • Sebelum pertandingan, pelatih mencatat atau memeriksa nama dan nomor pemainnya di daftar lembar skor tim, dan kemudian menandatanganinya.
  • Selama pertandingan sebelum masing-masing set, pelatih sebagaimana mestinya memberikan lembar line-up yang diisi dan ditandatangani kepada wasit ke-2 atau pencatat hasil pertandingan.
  • Selama pertandingan, pelatih duduk di bangku tim terdekat dengan pencatat hasil pertandingan, tetapi dapat meninggalkannya. Ia juga dapat meminta batas waktu dan substitusi.
  • Pelatih, seperti anggota tim lainnya, juga dapat memberikan instruksi kepada para pemain di lapangan selama pertandingan berlangsung. Pelatih dapat memberikan instruksi ini sambil berdiri atau berjalan di dalam zona bebas di depan bangku timnya mulai dari perpanjangan garis serang hingga area pemanasan, tanpa mengganggu atau menunda pertandingan.
  • Untuk asisten pelatih, ia harus duduk di bangku tim, tetapi tidak memiliki hak untuk campur tangan dalam pertandingan. Jika pelatih harus meninggalkan timnya dengan alasan apa pun termasuk sanksi (tidak termasuk memasuki lapangan sebagai pemain), asisten pelatih dapat menjalankan fungsi pelatih selama ia absen, setelah dikonfirmasi kepada wasit oleh kapten permainan.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek