Apa Saja Karakteristik Planet Neptunus?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Apa saja karakteristik planet Neptunus?” Ayo perluas wawasanmu dengan membaca bahasan menarik ini sampai tuntas.


Neptunus adalah planet kedelapan dan paling jauh dalam sistem tata surya kita. Karena jarak yang sangat jauh dari Bumi, Neptunus menjadi satu-satunya planet di tata surya kita yang tidak dapat dilihat menggunakan mata telanjang. Ini artinya kita membutuhkan teropong untuk dapat melihat planet ini.

Sebutkan karakteristik planet Neptunus

Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Sebelum penemuannya pada tahun 1846, Neptunus adalah planet pertama yang diprediksi oleh matematika. Pada tahun 2011, planet ini menyelesaikan orbit 165 tahun pertamanya sejak tahun penemuannya.

Voyager 2 milik NASA adalah satu-satunya pesawat luar angkasa yang pernah mengunjungi Neptunus dari dekat. Wahana ini terbang melewati Neptunus pada tahun 1989 dalam perjalanan keluar dari tata surya.

Karakteristik Planet Neptunus


Berikut ini adalah beberapa karakteristik planet Neptunus yang perlu diketahui:

  • Neptunus adalah planet yang gelap, dingin, dan sangat berangin. Angin di Neptunus bertiup membawa awan metana beku ke seluruh planet dengan kecepatan lebih dari 2.000 km / jam.
  • Neptunus sangat mirip dengan Uranus. Planet ini terbuat dari sup kental berisi air, amonia, dan metana di atas inti padat seukuran Bumi.
  • Atmosfer planet Neptunus terbuat dari hidrogen, helium, dan metana. Metana memberi Neptunus warna biru yang sama dengan Uranus.
  • Neptunus memiliki enam cincin, tetapi sangat sulit dilihat.

Fakta Menarik Planet Neptunus


Setelah mengetahui karakteristik planet Neptunus, sekarang kamu bisa mengetahui beberapa fakta menarik tentang Neptunus.

  1. Neptunus adalah planet raksasa yang berukuran empat kali lebih lebar dari Bumi. Jika Bumi diibaratkan dengan sebuah apel besar, maka Neptunus adalah sebuah bola basket.
  2. Neptunus adalah planet terakhir dalam sistem tata surya kita dan berjarak sekitar 4,5 miliar kilometer dari Matahari.
  3. Neptunus memiliki waktu rotasi yang pendek, yaitu sekitar 16 jam. Namun planet ini membutuhkan waktu sekitar 165 tahun Bumi untuk sekali mengorbit Matahari.
  4. Neptunus adalah raksasa es. Sebagian besar massanya adalah cairan padat dan panas dari bahan “es” – air, metana, dan amonia – di atas inti batu kecil.
  5. Atmosfer Neptunus sebagian besar terdiri dari hidrogen molekuler, atom helium, dan metana.
  6. Neptunus memiliki 14 bulan yang diketahui. Bulan-bulan itu dinamai menurut nama dewa dan nimfa laut dalam mitologi Yunani, seperti Triton, Galatea, dan Larissa.
  7. Neptunus memiliki setidaknya lima cincin utama dan empat busur cincin, yang merupakan gumpalan debu dan puing yang kemungkinan besar dibentuk oleh gravitasi bulan di dekatnya.
  8. Voyager 2 adalah satu-satunya pesawat luar angkasa yang pernah mengunjungi Neptunus. Tidak ada pesawat ruang angkasa yang mengorbit planet yang jauh ini untuk mempelajarinya dari dekat.
  9. Neptunus adalah planet yang tidak dapat mendukung kehidupan seperti yang kita kenal.
  10. Karena orbit elips planet katai Pluto, Pluto terkadang lebih dekat ke Matahari (dan Bumi kita) daripada Neptunus.

Cek juga: Apa Saja Karakteristik Planet Uranus?

Referensi


  1. Overview | Neptune” (dalam bahasa Inggris). NASA Solar System Exploration. Diakses 2 Maret 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek