Keberadaan gurun di Australia terjadi karena?

oleh Gurunakal

Halo orang baik dan pintar, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Keberadaan gurun di Australia terjadi karena?” Beberapa informasi terkait yang akan dibahas antara lain seperti fakta dan daftar gurun di Australia. Ayo baca seluruh isi bahasan untuk memperluas wawasan dan pengetahuanmu.


Australia merupakan sebuah negara sekaligus benua yang terletak di selatan Indonesia. Negara ini mencangkup seluruh daratan utama Australia beserta sejumlah pulau di sekitarnya.

Luas total negara ini hampir 7,7 juta km persegi, membuatnya sebagai negara terluas ke-7 di dunia. Sedangkan dari segi benua, Australia adalah yang paling kecil.

Berikut adalah beberapa fakta tentang negara Australia yang perlu diketahui.

  • Ibu kota: Canberra
  • Kemerdekaan: Dari Kerajaan Inggris (Federasi, Konstitusi pada 1 Januari 1901)
  • Total area: 7.692.024 km²
  • Populasi: 25.674.600 (estimasi, 2020)
  • Mata uang: Dolar Australia (AUD)

Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena Hal Ini


Peta Gurun Dunia

Wilayah gurun ditandai warna kuning di mana mayoritas terletak di kawasan subtropis, termasuk di Australia
Sumber: National Geographic

Meskipun daratan Australia sangat luas (hampir 4 kali luas daratan Indonesia), namun tidak semua wilayahnya hijau ditumbuhi pepohonan dan tumbuhan lainnya seperti di Indonesia.

Sebaliknya, sebagian wilayah benua Australia ditutupi oleh gurun pasir. Lalu kenapa Australia memiliki wilayah gurun yang sangat luas meski jaraknya cukup dekat dengan Indonesia yang sangat subur?

Seperti mayoritas gurun besar di negara atau wilayah lainnya di dunia (cek peta di atas), keberadaan gurun di Australia terjadi karena posisi negara tersebut yang terletak di kawasan subtropis (sekitar 30 ° utara / selatan dari khatulistiwa).

Sebagaimana terjadi, fenomena cuaca di sekitar garis lintang tersebut menciptakan iklim kering yang menyebabkan adanya gurun. Mengapa bisa demikian?

Udara yang lembab dan panas meningkat di ekuator dan mendingin saat bergerak bagian ke utara atau selatan Bumi. Hasilnya, kelembaban mengembun dan jatuh sebagai hujan yang melimpah di kawasan tropis seperti Indonesia.

Adapun udara yang kering menyelimuti kawasan-kawasan subtropis dan mengalami pemanasan yang mendorong terjadinya penguapan. Jika suatu wilayah menerima lebih banyak penguapan daripada hujan, maka hal itu merupakan kondisi yang sempurna untuk pembentukan gurun.

Dari bahasan di atas kita mendapatkan satu kesimpulan, yaitu keberadaan gurun di Australia terjadi karena terletak pada wilayah turunnya massa udara.

Gurun di Australia


Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena

Peta iklim Australia, wilayah gurun ditandai warna oranye
Sumber: Wikimedia Commons

Berikut adalah beberapa gurun pasir luas yang berada di benua Australia.

  • Gurun Victoria Besar / Great Victoria Desert: 424.400 km persegi
  • Gurun Pasir Besar / Great Sandy Desert: 284.993 km persegi
  • Gurun Tanami: 184.500 km persegi
  • Gurun Simpson: 176.500 km persegi
  • Gurun Gibson: 156.000 km persegi
  • Gurun Pasir Kecil / Little Sandy Desert: 111.500 km persegi
  • Gurun Strzelecki: 80.250 km persegi
  • Gurun Batu Sturt / Sturt Stony Desert: 29.750 km persegi
  • Gurun Tirari: 15.250 km persegi
  • Gurun Pedirka: 1.250 km persegi

Fakta Gurun di Australia


Berikut adalah beberapa fakta tentang gurun Australia yang menarik untuk diketahui.

  • Gurun-gurun Australia yang dicantumkan di atas merupakan sekitar 18% dari luas benua ini, tetapi sekitar 35% wilayah Australia menerima curah hujan yang sangat sedikit, sehingga diklasifikasikan sebagai gurun.
  • 70% dari luas wilayah Australia diklasifikasikan sebagai daerah kering / arid atau semi-arid, yang berarti curah hujannya kurang dari 500 mm per tahun.
  • Data-data di atas menjadikan Australia sebagai benua berpenghuni paling kering di dunia. Sebagai informasi, Antartika adalah benua paling kering di dunia.
  • Hanya 3% dari populasi Australia yang tinggal di 70% lahan kering benua itu, sisanya terkonsentrasi di pesisir-pesisir pantai yang lebih basah.
  • Saat ini gurun di Australia menjadi semakin populer karena banyak turis yang berkunjung untuk mencari sesuatu yang berbeda. Mereka datang untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan yang mungkin tidak ditemui di negara mereka.

Beberapa gurun pasir di Australia menawarkan pemandangan bebatuan dan ngarai yang indah serta pasir berwarna. Turis juga bisa menemukan berbagai tanaman dan hewan unik di padang pasir.

Australia tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang sangat spektakuler. Di benua itu juga terdapat sejumlah kota dan pantai yang sangat indah yang menarik untuk dikunjungi.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai keberadaan gurun di benua Australia yang ternyata disebabkan oleh kondisi yang sama dengan daerah bergurun lain di dunia. Semoga bahasan ini bisa membantu.

Atraksi Wisata Gurun di Australia


Sebagai informasi tambahan, gurun Australia memiliki salah satu atraksi paling populer, yaitu Uluru. Uluru yang juga dikenal sebagai Ayers Rock adalah formasi batuan pasir besar yang terletak di bagian selatan Teritori Utara di Australia bagian tengah. Tempat indah tersebut terletak sekitar 335 km dari kota Alice Springs barat daya.

Uluru Australia

Uluru Ayers Rock, salah satu destinasi wisata utama di Australia yang terletak di daerah gurun pasir.
Sumber: Pixabay

Uluru adalah salah satu tujuan wisata yang populer di Australia yang sudah masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Selain itu, Uluru juga merupakan tempat suci bagi sebuah suku Aborigin yang tinggal di kawasan tersebut.

Area sekitar Uluru juga merupakan tempat yang menarik untuk dijelajahi karena menyimpan sejumlah kekayaan alam lainnya dan kekayaan sejarah.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek