Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan Antara Lain Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Kerja Sama ASEAN di bidang politik dan keamanan antara lain adalah?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.


ASEAN adalah salah satu organisasi regional yang penting di dunia. Sejak lahir pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, ASEAN terus berkembang menjadi sebuah organisasi yang kuat dan diperhitungkan di dunia internasional.

ASEAN telah melahirkan berbagai bentuk kerja sama antar sesama negara anggota maupun non-anggota. Kerja sama tersebut telah dilakukan di banyak bidang, termasuk politik dan keamanan.

Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN


Untuk melanjutkan apa yang telah dibangun selama bertahun-tahun di bidang kerja sama politik dan keamanan, para Pemimpin ASEAN telah sepakat untuk membentuk Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (ASEAN Political-Security Community atau APSC).

Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan Antara Lain Adalah

Foto para pemimpin negara-negara anggota ASEAN pada ASEAN Summit ke-17 di Vietnam.
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

APSC bertujuan untuk memastikan bahwa negara-negara di kawasan ini hidup damai satu sama lain dan dengan dunia dalam lingkungan yang adil, demokratis dan harmonis. Berikut adalah karakteristik utama APSC:

  1. Komunitas berbasis aturan, berorientasi pada rakyat, berpusat pada rakyat yang terikat oleh prinsip-prinsip fundamental, nilai-nilai dan norma-norma bersama, di mana rakyat kita menikmati hak asasi manusia, kebebasan fundamental dan keadilan sosial, merangkul nilai-nilai toleransi dan moderasi, dan berbagi rasa yang kuat tentang kebersamaan, kesamaan identitas dan takdir;
  2. Komunitas yang tangguh di kawasan yang damai, aman, dan stabil, dengan kapasitas yang ditingkatkan untuk menanggapi secara efektif dan tepat waktu terhadap tantangan demi kebaikan bersama ASEAN, sesuai dengan prinsip keamanan komprehensif;
  3. Komunitas berwawasan ke luar yang memperdalam kerja sama dengan pihak eksternal kita, menjunjung tinggi dan memperkuat sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang berkembang, dan memainkan peran yang bertanggung jawab dan konstruktif secara global berdasarkan platform bersama ASEAN tentang masalah internasional; dan
  4. Sebuah komunitas dengan kapasitas kelembagaan yang diperkuat melalui proses kerja dan koordinasi ASEAN yang lebih baik, peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam kerja semua Organ ASEAN, termasuk Sekretariat ASEAN yang diperkuat, serta dengan peningkatan kehadiran kelembagaan ASEAN di tingkat nasional, regional dan internasional.

Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan


Untuk membangun komunitas yang berbasis aturan, berorientasi pada rakyat, dan berpusat pada rakyat, APSC secara konsisten mendorong kerja sama dalam pembangunan politik yang berpegang pada prinsip-prinsip demokrasi, supremasi hukum dan pemerintahan yang baik serta penghormatan, pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia dan kebebasan fundamental. Berikut ini adalah beberapa contoh kerja sama ASEAN di bidang politik dan keamanan.

1. AICHR

Pembentukan AICHR (ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights) menunjukkan komitmen ASEAN untuk mengejar strategi berwawasan ke depan untuk memperkuat kerja sama kawasan tentang hak asasi manusia. AICHR dirancang untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari struktur organisasi ASEAN dan lembaga yang memayungi dengan tanggung jawab keseluruhan untuk promosi dan perlindungan hak asasi manusia di ASEAN.

2. ZOPFAN

ZOPFAN adalah singkatan dari Zone of Peace, Freedom, and Neutrality (Kawasan yang Damai, Bebas, dan Netral). Konsep ZOPFAN secara eksplisit memuat bidang kerja sama politik ASEAN untuk mewujudkan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara berdasarkan semangat hidup berdampingan dan saling pengertian dengan mengacu kepada asas-asas Piagam PBB.

3. TAC

TAC atau Treaty of Friendship and Cooperation adalah sebuah perjanjian yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. TAC mengatur mekanisme penyelesaian konflik antar para pihak secara damai.

4. SEANWFZ

SEANWFZ atau Southeast Asia Nuclear-Weapon-Free Zone (Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara) adalah perjanjian yang bertujuan untuk menciptakan wilayah Asia Tenggara yang bebas nuklir. Perjanjian ini juga bertujuan untuk melindungi kawasan Asia Tenggara dari pencemaran lingkungan dan bahaya yang diakibatkan oleh limbah radioaktif dan bahan berbahaya lainnya.

5. AADM

ADMM atau ASEAN Defence Ministers’ Meeting (Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN) merupakan mekanisme konsultatif dan kerjasama pertahanan tertinggi di ASEAN. ADMM bertujuan untuk mempromosikan rasa saling percaya dan keyakinan melalui pemahaman yang lebih besar tentang tantangan pertahanan dan keamanan serta peningkatan transparansi dan keterbukaan.

Referensi


  1. ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM)” (dalam bahasa Inggris). asean.org. Diakses 15 Februari 2021.
  2. ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR)” (dalam bahasa Inggris). asean.org. Diakses 15 Februari 2021.
  3. ASEAN Political – Security Community” (dalam bahasa Inggris). asean.org. Diakses 15 Februari 2021.
  4. ASEAN Political-Security Society” (dalam bahasa Inggris). Ministry of Foreign Affairs Republic of Indonesia. Diakses 15 Februari 2021.
  5. “Fact Sheet on ASEAN Political-Security Community” (dalam bahasa Inggris). ASEAN Secretariat. Diakses 15 Februari 2021. File PDF.
  6. Risnal, Dra. Ilien Halinah, MSi (2008). “Relevansi ZOPFAN Pasca Perang Dingin”. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, etd.repository.ugm.ac.id. Diakses 15 Februari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek