Komoditas yang Ditanam di Lampung Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Komoditas yang ditanam di Lampung adalah?” Ayo baca bahasan menarik ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.


Lampung adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Provinsi yang beribu kota Bandar Lampung ini menjadi gerbang masuk ke Pulau Sumatera dari Pulau Jawa.

Komoditas yang Ditanam di Lampung Adalah

Provinsi Lampung dalam peta Indonesia
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Sama seperti banyak provinsi lain di Indonesia, pertanian menjadi salah satu tulang punggung ekonomi Lampung. Petani di Lampung menanam berbagai macam tanaman pangan dan hortikultura.

Komoditas yang Ditanam di Lampung


Menurut data Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, komoditas yang ditanam di Lampung adalah padi sawah, padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubi jalar. Ini semua termasuk dalam komoditas tanaman pangan.

Sementara itu, komoditas hortikultura yang ditanam di Lampung adalah manggis, nanas, tomat, pepaya, pisang, durian, alpukat, salak, cabe besar, bawang merah, dan bawang Putih.

Komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang disebutkan di atas hanya sebagian saja. Untuk data lebih lengkap, kamu bisa melihatnya di laporan Provinsi Lampung Dalam Angka 2020 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung (tautan ada di bawah).

Prestasi Sektor Pertanian Lampung


Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung berhasil menorehkan sejumlah prestasi pada tahun 2020. Berikut adalah beberapa prestasi tersebut (berdasarkan data ATAP BPS 2019):

  • Peringkat 1 nasional dan peringkat 1 Sumatera dalam produksi ubi kayu sebanyak 4.929.044 ton (kontribusi nasional 30,15%).
  • Peringkat 1 nasional dan peringkat 1 Sumatera dalam produksi nanas sebanyak 699.243 ton (kontribusi nasional 31,84%).
  • Peringkat 3 nasional dan peringkat 1 Sumatera dalam produksi pisang sebanyak 1.209.544 ton (kontribusi nasional 16,61%).
  • Peringkat 3 nasional dan peringkat 1 Sumatera dalam produksi jagung sebanyak 2.374.384 ton (kontribusi nasional 10,51%).
  • Peringkat 4 nasional dan peringkat 1 Sumatera dalam produksi pepaya yang mencapai 105.597 ton (kontribusi nasional 10,70%).
  • Peringkat 6 nasional dan peringkat 2 Sumatera untuk produksi padi sebanyak 2.164.089 ton (kontribusi nasional 3,9%).

Prestasi-prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Provinsi Lampung tidak lepas dari kerja keras para petani dan pemerintah terkait di sana. Secara pribadi, Gurunakal mengucapkan selamat dan terima kasih atas kontribusinya terhadap pertanian nasional. Semoga pertanian kita semakin sukses dan para petani semakin makmur. Aamiin.

Baca juga:

Referensi


  1. Data Komoditas”. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. Diakses 17 Februari 2021
  2. Provinsi Lampung Dalam Angka 2020”. Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung. Diakses 17 Februari 2021. File PDF.
  3. Sektor Pertanian Lampung Torehkan Prestasi”. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung. Diakses 17 Februari 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek