Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang Pertama Kali Diadakan di?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang pertama kali diadakan di?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Sebagaimana kita ketahui, ASEAN merupakan salah satu organisasi regional yang aktif. Setiap tahunnya ASEAN mengadakan banyak pertemukan penting. Bahkan beberapa pertemuan ASEAN menjadi event penting dunia karena dihadiri oleh para pemimpin dan petinggi penting dunia.

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang pertama kali diadakan di

KTT ASEAN ke-12 di Hua Hin, Thailand yang juga dihadiri oleh beberapa pemimpin negara besar dunia.
Sumber: Wikimedia Commons

Salah satu acara resmi ASEAN adalah ASEAN Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Acara yang dilangsungkan dua kali dalam setahun ini (setelah KTT ke-11 di Malaysia) adalah pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN dalam hubungannya terhadap pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara.

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN yang pertama kali diadakan di Bali, Indonesia pada tanggal 23–24 Februari 1976. Hingga saat ini KTT ASEAN telah memasuki edisi ke-36 yang telah berlangsung di kota Hanoi, Vietnam pada tanggal 26 June 2020.  KTT ASEAN ke-37 rencananya akan diadakan di kota yang sama pada 11 November 2020.

Sekilas Tentang KTT ASEAN ke-1


Indonesia telah mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah KTT ASEAN ke-1 yang dilaksanakan di Bali pada tanggal 23–24 Februari 1976. Pada waktu itu acara diketuai oleh President Suharto. Pada KTT ASEAN ke-1 ini, para pemimpin negara anggota ASEAN mendukung Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara dan Deklarasi ASEAN Concord.

Sebelum KTT ASEAN ke-1 dilaksanakan, ASEAN terlebih dulu mengadakan acara Pertemuan Tingkat Menteri Pra-ASEAN Pertama di Pattaya, Thailand pada 10 Februari 1976. Menurut jumpa pers resmi ASEAN, rapat tersebut dihadiri oleh H.E. Adam Malik, Menteri Luar Negeri Indonesia; YBM Tengku Ahmad Rithauddeen, Menteri Luar Negeri Malaysia; DIA. Carlos P. Romulo, Sekretaris Luar Negeri Filipina; DIA. S. Rajaratnam, Menteri Luar Negeri Singapura dan H.E. Chatichai Choonhavan, Menteri Luar Negeri Thailand.

Referensi


  1. Backgrounder: Chronology of ASEAN summits” (dalam bahasa Inggris). Xinhua. Diakses 18 Oktober 2020.
  2. Konferensi Tingkat Tinggi Perbara”. Wikipedia. Diakses 18 Oktober 2020.
  3. Press Release The First Pre-ASEAN Summit Ministerial Meeting Pattaya, 10 February 1976” (dalam bahasa Inggris). asean.org. Diakses 18 Oktober 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek