Kota di Australia Berikut yang Terletak Pada Wilayah Iklim Tropis Adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Kota di Australia berikut yang terletak pada wilayah iklim tropis adalah?” Ayo perluas wawasanmu dengan membaca seluruh isi bahasan menarik ini.


Sebagai negara tetangga, pasti sudah banyak di antara kita yang telah mengenal Australia. Negara beribu kota Canberra ini terletak di selatan Indonesia, dipisahkan oleh tiga peraitan yaitu Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafura.

Australia memilih wilayah yang sangat luas, bahkan dianggap sebagai sebuah benua. Luas daratannya kira-kira empat kali luas Indonesia. Namun, tidak seperti Indonesia yang subur dan hijau, sebagian besar daratan Australia berupa gurun yang kering.

Kota di Australia berikut yang terletak pada wilayah iklim tropis adalah

Peta iklim Australia yang beragam
Sumber: Wikimedia Commons (Lisensi Creative Commons)

Karena wilayahnya yang luas, Australia memiliki beberapa zona iklim yang berbeda. Bagian utara Australia yang dekat ke Indonesia memiliki iklim yang lebih dipengaruhi tropis, panas dan lembab di musim panas, dan cukup hangat dan kering di musim dingin, sedangkan bagian selatan lebih sejuk dengan musim panas yang sejuk dan sejuk, terkadang hujan di musim dingin.

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu memiliki empat pilihan jawaban, yaitu Adelaide, Sydney, Canberra, dan Darwin. Kamu bisa mengetahui jawaban yang benar secara langsung melalui peta. Namun kita akan membahasnya satu per satu.

1. Adelaide

Adelaide adalah ibu kota negara bagian Australia Selatan. Adelaide terletak di ketinggian 49 meter di atas permukaan laut. Iklim di sini sejuk, dan umumnya hangat dan sedang. Curah hujan lebih banyak di musim sejuk daripada di musim panas di Adelaide. Klasifikasi iklim Köppen-Geiger adalah Csa.

Dalam skema pembagian tipe iklim Köppen, Csa termasuk grup iklim subtropis (mesotermal), yang memiliki suhu rata-rata bulan terdingin antara 0 °C (32 °F) dan 18 °C (64 °F) dan memiliki setidaknya satu bulan dengan suhu rata-rata di atas 10 °C (50 °F).

Lebih detailnya, Csa berarti iklim mediterania dengan musim panas yang terik; bulan terdingin memiliki suhu rata-rata di atas 0 °C (32 °F) dan setidaknya satu bulan 22 °C (72 °F) dan empat bulan dengan suhu di atas 10 °C (50 °F). Curah hujan di musim dingin tiga kali lebih banyak dibanding di musim panas dan curah hujan pada bulan terkering kurang dari 30 mm (1,2 in).

2. Sydney

Sydney adalah salah satu kota pelabuhan utama di Australia yang terletak di bagian tenggara negara ini. Ibu kota negara bagian New South Wales ini berada di ketinggian 27 meter di atas permukaan laut.

Iklim Sydney diklasifikasikan sebagai hangat dan sedang. Curah hujan di Sydney adalah signifikan, dengan presipitasi bahkan selama bulan terkering. Menurut Köppen dan Geiger, iklim ini diklasifikasikan sebagai Cfa.

Cfa (grup iklim subtropis) berarti iklim subtropis basah; dengan suhu rata-rata pada bulan terdingin di atas 0 °C (32 °F) dan memiliki setidaknya satu bulan dengan suhu rata-rata di atas 22 °C (72 °F). Tidak ada perbedaan yang signifikan antara curah hujan bulanan.

3. Canberra

Canberra adalah ibu kota Australia dan terletak tidak jauh dari Sydney. Canberra terletak di ketinggian 574 meter di atas permukaan laut. Iklim di Canberra hangat dan sedang. Canberra adalah kota dengan curah hujan yang signifikan. Curah hujan tinggi bahkan di bulan terkering. Klasifikasi iklim Köppen-Geiger adalah Cfb.

Cfb yang juga masuk grup iklim subtropis berarti iklim laut; dengan suhu rata-rata pada bulan terdingin di atas 0 °C (32 °F) dan memiliki setidaknya empat bulan dengan suhu rata-rata di atas 10 °C (50 °F) dan di bawah 22 °C (72 °F). Tidak ada perbedaan yang signifikan antara curah hujan bulanan.

4. Darwin

Darwin adalah ibu kota negara bagian Teritori Utara yang dekat ke Indonesia. Darwin terletak pada ketinggian 21 meter di atas permukaan laut. Kota ini beriklim tropis. Musim panas lebih banyak hujan daripada musim dingin di Darwin. Klasifikasi iklim Köppen-Geiger adalah Aw.

Aw sendiri masuk kategori iklim megatermal tropis (grup A) dalam klasifikasi iklim Köppen. Aw atau As berarti iklim sabana tropis; curah hujan bulan terkering kurang dari 60 mm (2,4 in) dan kurang dari 4% curah hujan tahunan.

Setelah membahas keempat kota di atas kita bisa tahu jawabannya. Jadi jawaban untuk pertanyaan: Kota di Australia berikut yang terletak pada wilayah iklim tropis adalah Darwin.

Referensi


  1. Adelaide Climate” (dalam bahasa Inggris). Climate-Data.org. Diakses 9 Desember 2020.
  2. Canberra Climate” (dalam bahasa Inggris). Climate-Data.org. Diakses 9 Desember 2020.
  3. Climate of the World: Australia” (dalam bahasa Inggris). WeatherOnline. Diakses 9 Desember 2020.
  4. Darwin Climate” (dalam bahasa Inggris). Climate-Data.org. Diakses 9 Desember 2020.
  5. Klasifikasi iklim Köppen”. Wikipedia. Diakses 9 Desember 2020.
  6. Sydney Climate” (dalam bahasa Inggris). Climate-Data.org. Diakses 9 Desember 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek