5 Alasan Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur Pada Pagi Hari

oleh Gurunakal

Salah satu alasan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari adalah untuk membantu membentuk vitamin D yang dibutuhkan tulang kita. Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk menjaga kita tetap sehat dan bugar. Lalu apa manfaat lain berjemur pada pagi hari? Berikut adalah ulasannya.


Sinar Matahari Pagi

Sumber: Freepik

Pagi hari merupakan saat di mana sebagian besar penduduk dunia mulai beraktivitas. Ada yang pergi belajar ke sekolah, bekerja ke kantor, berdagang ke pasar, dan lain sebagainya.

Karena waktu pagi sangat identik dengan suhu yang dingin, maka tidak jarang orang-orang pergi keluar rumah untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi yang hangat.

Banyak pakar kesehatan yang berpendapat kalau berjemur di pagi hari itu sangat bagus bagi kesehatan. Akan tetapi, berjemur harus dilakukan di waktu yang tepat agar manfaatnya bisa dirasakan tubuh.

Menurut para ahli, waktu terbaik untuk berjemur adalah sebelum jam 11 pagi dan setelah jam 4 sore ketika matahari berada di ujung terjauh cakrawala.

Aturan umumnya yaitu hindari berjemur saat bayangan lebih pendek dari tinggi badan sesungguhnya. Dengan demikian, kita dapat terhindar dari risiko terkena sengatan matahari.

Kita dapat mulai berjemur dengan durasi singkat 5-10 menit selama seminggu dan secara bertahap meningkatkannya menjadi 15-20 menit (maksimum). Kita juga sebaiknya keluar berjemur hanya selama merasa nyaman.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari yang indah, cerah, dan menyegarkan.

1. Membantu membentuk vitamin D

Disebutkan kalau berjemur di pagi hari memiliki efek pada produksi vitamin D. Mendapatkan vitamin D yang cukup sangat penting untuk menjaga kita tetap sehat dan bugar. Hal itu karena tubuh mendapatkan sebagian besar vitamin D, hampir 90 persen, dari matahari.

Kurangnya asupan vitamin D bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tulang. Bahkan kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan stroke dan peningkatan tekanan darah. Sebagai nutrisi penting, vitamin D membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik.

Selain bermanfaat bagi tulang, vitamin D juga dapat merangsang pertumbuhan rambut dan memperlambat kerontokan rambut. Sinar matahari membuat rambut kita berkilau dan vitamin D membuatnya lebih kuat.

2. Membantu merawat kulit

Berjemur juga dipercaya memiliki manfaat untuk memperbaiki tekstur kulit dan mencegah infeksi kulit dengan memerangi bakteri. Paparan sinar matahari pagi juga dikenal membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda pada kulit.

Adapun bakteri penyebab jerawat dapat dihancurkan oleh sinar UV matahari karena mereka tidak dapat menahannya. Paparan sinar matahari seharusnya memiliki manfaat yang sama bagi mereka yang menderita penyakit eksim dan psoriasis karena efek anti-peradangannya.

3. Meningkatkan kebahagiaan

Berjemur juga dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang. Hal itu karena matahari membantu meningkatkan produksi sebuah hormon yang disebut dengan serotonin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan

Orang yang menderita depresi disebutkan memiliki konsentrasi hormon serotonin yang lebih rendah. Oleh karena itu, berjemur dapat membantu kita terlindung dari depresi.

Apalagi jika berjemurnya di tempat-tempat yang indah, kita mungkin merasa lebih senang dan bahagia.

Manfaat lain dari hormon serotonin adalah menekan nafsu makan, sehingga kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Jadi, berjemur juga bisa menjadi salah satu jalan untuk menurunkan kelebihan berat badan secara tidak langsung.

4. Melepaskan sumbatan pembuluh darah

Sinar matahari merupakan agen detoksifikasi alami serta membantu membersihkan pembuluh darah. Penderita aterosklerosis atau pembuluh darah yang mengeras sering diminta menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Dengan demikian, berjemur membantu meningkatkan sirkulasi darah.

5. Menyeimbangkan sistem hormon

Otak manusia dikondisikan untuk menganggap sinar matahari sebagai siang hari. Akan tetapi, kondisi tersebut sekarang sudah berubah setelah adanya cahaya buatan dari lampu-lampu. Dengan demikian, otak mendapatkan sinyal siang bahkan di malam hari.

Berjemur dianggap dapat membantu mengatur kelenjar pineal, yang selanjutnya mengatur siklus tidur-bangun dan juga mengatur produksi sel yang mengandung pigmen. Jadi, berjemur dapat membantu menyembuhkan insomnia seseorang.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari. Selain untuk orang dewasa, berjemur di pagi hari juga bermanfaat bagi bayi.

Oleh karena itu, tidak jarang para orang tua membawa bayi mereka keluar rumah untuk dijemur di bawah sinar matahari pagi yang hangat selama beberapa waktu.

Bahkan disebutkan kalau paparan sinar matahari dapat membantu bayi, terutama dalam beberapa bulan pertama, untuk menambah tinggi badan dan juga meningkatkan kesehatan tulang mereka.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek