Mengapa Matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di Bumi?

oleh Gurunakal

Halo orang baik dan pintar, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di Bumi?” Ayo baca bahasan ini sampai tuntas agar pengetahuanmu bertambah banyak.

Matahari Sebagai Sumber Energi Terbesar di Bumi


Sobat, energi yang ada di sekitar kita, yang kita rasakan sepanjang waktu, datang dari berbagai sumber yang berbeda. Salah satu sumber energi terpenting dan terbesar di Bumi adalah Matahari.

Matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di Bumi karena energi matahari merupakan sumber asli dari sebagian besar energi yang terdapat di Bumi. Berikut adalah beberapa alasan matahari sebagai sumber energi terbesar di Bumi:

  • Tumbuhan adalah produsen utama di planet kita. Tumbuhan berfotosintesis menggunakan energi matahari. Mereka membentuk dasar rantai makanan sehingga menyediakan energi untuk semua bentuk kehidupan yang lebih tinggi.
  • Kita mendapatkan energi panas matahari dari matahari, dan sinar matahari juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik dari sel surya (fotovoltaik).
  • Matahari memanaskan permukaan Bumi dan Bumi memanaskan udara di atasnya, menyebabkan angin. Manusia kemudian memanfaatkan angin sebagai sumber energi baru yang ramah lingkungan.
  • Air yang diuapkan oleh matahari membentuk awan dan hujan untuk memberi kita aliran dan sungai. Baik angin maupun air mengalir (tenaga air) adalah sumber energi.
  • Radiasi matahari mengatur cuaca dan menyediakan lingkungan yang layak huni bagi semua makhluk hidup. Ini juga bertanggung jawab atas siklus air.

Alasan-alasan di atas, yang bisa kita lihat dan rasakan secara langsung, adalah bukti bahwa matahari merupakan sumber dari berbagai jenis energi yang ditemukan di alam.

Jenis energi ini ada di sekitar kita sepanjang waktu. Mereka diproduksi dengan cepat, dan menggantikan dirinya secara konstan saat kita menggunakannya. Untuk alasan ini kita mengatakan bahwa mereka dapat diperbarui.

Energi Matahari Dapat Disimpan


Tahukah kamu kalau energi matahari juga bisa disimpan. Tidak hanya manusia saja yang dapat menyimpan energi matahari menggunakan baterai. Namun, tanaman juga dapat menyimpan energi matahari lho.

Ya, tanaman menyimpan energi dari matahari saat mereka tumbuh. Buah-buahan, sayuran dan kayu dari pohon, misalnya, semuanya mengandung energi matahari yang tersimpan.

Kita menyebut energi yang terkandung dalam tumbuhan dengan biomassa. Jenis energi ini juga dapat diperbarui, tetapi tentu saja membutuhkan waktu lebih lama untuk menumbuhkan tanaman atau pohon daripada mendapatkan panas langsung dari sinar matahari.

Ketika energi disimpan dalam suatu material, kita menyebutnya bahan bakar material. Makanan dan kayu adalah bahan bakar biomassa. Jika kita menemukan biomassa tua yang telah terkonsentrasi, kita menyebutnya sebagai “bahan bakar fosil”.

Bahan bakar fosil membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terbentuk. Mereka tidak bisa diganti dengan cepat. Faktanya, dalam hal masa hidup kita, mereka tidak dapat diganti sama sekali. Oleh karena itu, kita menyebutnya tidak dapat diperbarui.

Kesimpulan


Sebagian energi yang terdapat di Bumi kita ini berasal dari Matahari, sehingga Matahari disebut sebagai sumber energi terbesar di Bumi.

Bumi mendapatkan sebagai besar energi dari matahari, yang kita sebut dengan energi matahari. Ia bergerak dari matahari ke Bumi dalam bentuk sinar, baik yang bisa dilihat maupun tidak bisa dilihat.

Energi matahari gratis dan bersih. Ada cukup untuk semua orang, dan kita tidak akan pernah kehabisan itu. Energi matahari dapat diperbarui. Matahari akan terus menghasilkan energi untuk waktu yang sangat lama.

Energi Matahari adalah nikmat Tuhan yang sangat berharga. Maka dari itu kita harus selalu bersyukur karena nikmat Tuhan yang satu ini, dan juga bersyukur atas semua nikmat Tuhan lainnya.

Pelajari Juga


Referensi


  1. Energy and Time” (dalam bahasa Inggris). Department of Natural Resource | State of Louisiana. Diakses 16 Februari 2021.
  2. “Solar Energy” (dalam bahasa Inggris). NEED.org. Diakses 16 Februari 2021. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek