Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia?

oleh Gurunakal

Seringkali kita bertanya-tanya mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Mengapa bangsa Indonesia harus bersatu? Dan mengapa semangat persatuan harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia?

Indonesia dikenal dunia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, negara megabiodiversitas, negara dengan ratusan suku bangsa, negara dengan berbagai agama, dan lain sebagainya.

 

Semua yang dimiliki oleh bangsa Indonesia disatukan dalam sebuah wadah besar yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Lalu, mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?

Pentingnya Persatuan Bagi Bangsa Indonesia


Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Sumber: Flickr

Kita semua pasti pernah mendengar peribahasa “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Frasa tersebut bukan hanya sebuah rangkaian kata-kata kosong saja, tapi memiliki arti yang sangat mendalam tentang pentingnya sebuah persatuan.

Sebelum merdeka, bangsa Indonesia hidup sendiri-sendiri yang membuatnya mudah digoyahkan oleh pihak luar. Namun, setelah mendapatkan kemerdekaan, kita menjadi tahu betapa pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia. Jadi, salah satu alasan mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia adalah agar kita tetap menjadi bangsa yang merdeka!

Saat kita bersatu dan berdiri bersama, maka kekuatan dan keberanian akan terkumpul dan bertambah besar. Dengan demikian, pihak luar tidak akan berani menyentuh atau menghancurkan kita. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus tetap bersatu dan bekerja sama membangun negeri ini.

Kita semua harus selalu berdiri bersama karena persatuan tidak hanya memberi kekuatan, tetapi juga penting untuk bertahan hidup. Misal, jika ada saudara sebangsa kita yang mengalami musibah, maka kita harus saling membantu agar kita bisa bertahan hidup.

Perlu diingat juga bahwa persatuan itu sangat rapuh, sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Oleh karena itu, kita harus selalu baik satu sama lain, harus saling membantu, harus selalu belajar dan meningkatkan diri dan hal yang paling penting yang harus kita lakukan untuk menjaga persatuan adalah memiliki sikap berpikiran terbuka (open-minded).

Jadi, mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Berikut adalah simpulannya:

  1. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  2. Menjaga integritas nasional yang telah lama dibangun oleh para pendahulu bangsa;
  3. Mempererat tali persaudaraan antar suku bangsa Indonesia yang beragam agar terhindar dari disintegrasi bangsa;
  4. Menciptakan kehidupan berbangsa yang damai dan sentosa;
  5. Bangsa Indonesia jadi tidak mudah dipecah-belah oleh bangsa lainnya; dll

Mengapa Persatuan Itu Sangat Penting?


Persatuan sangat penting bagi suatu bangsa agar mereka bisa terus bertahan hidup dan berkembang.

  • Persatuan dibutuhkan untuk bertahan hidup

Alam telah mengajarkan kita untuk bersatu agar mampu bertahan hidup. Dalam konteks ini, kita harus selalu bergotong royong membangun negeri kita agar kita makmur bersama. Kita harus berbagi tugas dan menghormati satu sama lain agar tidak terjadi perpecahan.

  • Persatuan dibutuhkan untuk tetap tumbuh

Persatuan dibutuhkan agar bangsa kita dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian, mimpi-mimpi besar bangsa kita jadi lebih mudah untuk digapai. Kita harus bergerak bersama untuk melangkah lebih jauh lagi.

  • Persatuan dibutuhkan untuk memberikan kita keberanian

Dengan persatuan, semangat dan keberanian setiap orang akan berkumpul menjadi satu sehingga menciptakan kekuatan yang sangat besar. Dengan demikian, kita akan lebih mudah dan tidak akan takut dalam menghadapi segala bentuk tantangan dan rintangan yang ada di depan mata kita.

Perlu diingat bahwa persatuan juga sangat penting bagi seluruh umat manusia. Karena kita hidup di dunia yang sama, maka kita harus saling membantu dan bekerja sama untuk menciptakan kehidupan yang damai dan sentosa.

Jika umat manusia ingin menyelesaikan berbagai permasalahan utama di dunia saat ini, maka kita harus mulai bekerja bersama untuk kebaikan bersama. Persatuan dan kerja sama global ini harus ada agar perubahan yang nyata dapat terjadi.


Nah, itulah sedikit bahasan mengenai pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia pada khususnya dan segenap umat manusia pada umumnya. Dengan persatuan, kita bisa membuat kehidupan bangsa kita menjadi lebih baik. Begitu juga dengan dunia, dengan persatuan, maka kehidupan yang lebih baik di dunia akan tercipta.

Persatuan tidak hanya penting dalam konteks besar, tetapi juga sangat penting dalam konteks kecil, seperti keluarga. Segenap anggota keluarga harus hidup bersatu agar tercipta hubungan yang harmonis.

Baca juga: Manfaat Perdagangan Antar Pulau di Indonesia

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek