5 Negara Afrika yang Paling Banyak Dikunjungi di Dunia

oleh Gurunakal

Artikel ini membahas beberapa negara Afrika yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara di dunia. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Afrika, negara-negara di bawah ini sayang untuk dilewatkan.


Afrika adalah benua yang terkenal karena memiliki gurun pasir terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara. Selain itu, Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia juga mengalir di benua ini.

Benua Afrika menyimpan banyak sekali keindahan di dalamnya. Di sana kamu bisa menemukan kota-kota kuno yang bersejarah, kehidupan rimba yang ganas, serta kebudayaan suku-suku pedalaman yang belum tersentuh dunia luar.

Beberapa negara Afrika sangat populer di mata turis internasional. Sebut saja negeri Mesir dengan Piramida Giza-nya serta Afrika Selatan dengan Table Mountain-nya.

Nah, kali ini Gurunakal.com akan membahas beberapa negara Afrika yang paling populer dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Data yang disajikan di sini berdasarkan laporan UNWTO Edisi Tahun 2018.

1. Maroko – 11,3 Juta Pengunjung

Desa Tua di Maroko

Pemandangan sebuah kota tua di Maroko
Sumber: Pixabay

Negara yang beribu kota Rabat ini terletak di Afrika bagian utara dan merupakan negara Afrika yang paling dekat dengan Eropa. Negara Eropa yang berbatasan langsung dengan Maroko adalah Spanyol. Bahkan negeri Matador itu memiliki secuil tanah di Maroko, yaitu Ceuta dan Melilla.

Pada tahun 2017, Maroko adalah negara Afrika yang paling populer dan paling banyak dikunjungi. Tercatat ada lebih dari 11,3 juta turis yang berwisata ke negeri tersebut.

Salah satu tujuan wisata paling populer di Maroko adalah kota tua Marakesh. Di sana pengunjung bisa menyaksikan banyak atraksi sejarah yang mengagumkan. Dan masih banyak lagi kota-kota bersejarah yang menarik untuk dieksplorasi di Maroko.

Maroko adalah salah satu negara bebas Visa bagi warga Indonesia atau WNI. Sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam, turis dari Indonesia akan mendapat kemudahan terkait akses makanan halal.

Penduduk Maroko berbicara dalam bahasa Arab dan Prancis. Akan menjadi sebuah keuntungan jika kamu bisa berbicara dalam dua bahasa tersebut saat traveling ke Maroko.

2. Afrika Selatan – 10,3 Juta Pengunjung

Gunung Meja

Pemandangan Gunung Meja di Afrika Selatan
Sumber: Need Pix

Selanjutnya adalah Afrika Selatan yang berada di urutan kedua sebagai negara Afrika yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Negeri yang pernah dipimpin oleh negarawan terkenal Nelson Mandela ini didatangi oleh lebih dari 10 juta turis pada tahun 2017 lalu.

Salah satu tujuan wisata populer di Afrika Selatan adalah Cape Town yang tepat terletak di ujung benua Afrika. Objek wisata yang banyak dikunjungi di Cape Town adalah Table Mountain atau dalam bahasa Indonesianya adalah Gunung Meja.

Keindahan alam yang berupa gegurunan juga sangat menarik perhatian turis. Di sana kamu bisa melihat bagaimana kehidupan di alam liar Afrika yang sesungguhnya.

Dan sebagai informasi, Afrika Selatan juga adalah salah satu titik masuk ke salah satu pulau paling terpencil di dunia, yaitu Tristan da Cunha di Samudera Atlantik.

3. Mesir – 8,3 Juta Pengunjung

Piramida Giza

Piramida Giza di Mesir
Sumber: Flickr

Pada tahun 2010, Mesir menjadi negara di Afrika dengan kunjungan turis terbanyak. Pada waktu itu, lebih dari 14 juta orang berkunjung dan menikmati keindahan negeri piramida. Akan tetapi, karena keadaan dalam negeri Mesir yang kurang kondusif, kunjungan turis ke negeri dengan ibu kota Kairo ini menurun.

Pada tahun 2016, turis yang berlibur ke Mesir hanya 5,2 juta orang. Dan satu tahun kemudian, angka itu bertambah menjadi 8,2 juta orang. Walaupun angka kedatangan turis tidak lebih besar dari tujuh tahun kebelakang, namun kunjungan turis ke Mesir kembali mengalami pertumbuhan.

Mayoritas turis yang datang ke Mesir adalah untuk melihat salah satu keajaiban dunia yang bernama Piramida Giza dan piramida-piramida lainnya yang cukup terkenal.

Mesir adalah negara yang kaya akan sejarah. Tanahnya (lembah Sungai Nil) adalah tempat di mana salah satu peradaban terbesar di dunia pernah berlangsung.

4. Tunisia – 7,1 Juta Pengunjung

Tunisia

Sebuah sudut kota di Tunisia
Sumber: Pixabay

Selanjutnya ada Tunisia di Afrika bagian utara. Negara Mediterania ini menawarkan cukup banyak keindahan untuk dinikmati. Jika Indonesia memiliki Bali, maka Tunisia pun memiliki tempat yang menyerupai Bali, yaitu Hammamet.

Hammamet bukanlah sebuah pulau, akan tetapi merupakan sebuah kota yang terletak di pesisir Laut Mediterania yang indah. Kota ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Tunisia.

Bersama dengan negara-negara Afrika Utara lainnya seperti Maroko, Mesir, dan Aljazair, Tunisia adalah salah satu negara yang indah dan keren untuk dijelajahi.

5. Aljazair – 2,5 Juta Pengunjung

Aljazair

Pemandangan kota di Aljazair
Sumber: Flickr

Aljazair memiliki beberapa kota kuno yang bisa kamu jelajahi. Selain itu, kota-kota di negara tersebut juga menawarkan keindahan arsitektur yang mengagumkan.

Aljazair adalah salah satu negara terluas di dunia (lebih luas dari Indonesia). Akan tetapi, sebagian besar wilayahnya ditutupi oleh gurun pasir yang sangat luas dan gersang.

Selain bisa menikmati keindahan kota-kotanya yang dipengaruhi arsitektur Arab, kamu juga bisa melakukan petualangan outdoor di alam gurunnya yang indah.


Nah, itulah beberapa negara Afrika yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Bagi penulis, kelima negara di atas sudah masuk daftar negara yang akan dikunjungi suatu saat nanti (Aamiin). Semoga mimpi ini tercapai ya.

Menurutmu, dari daftar di atas negara Afrika mana yang pertama kali ingin kamu jelajahi? Jika tidak ada negara Afrika favoritmu dalam daftar ini, tunggu saja update terbaru selanjutnya.

=> Baca juga yang ini <=

Tulis unek-unek