Negara Apa yang Terletak Paling Barat di Dunia?

oleh Gurunakal

Sebelum memulai bahasan “Negara apa yang terletak paling barat di dunia?”, kita harus memahami dulu hal yang erat kaitannya dengan bahasan ini, yaitu garis gujur atau longitude dalam bahasa Inggris.

Cek Juga Bahasan Serupa:

Apa Itu Garis Bujur?


Menurut National Geographic, garis bujur adalah pengukuran timur atau barat dari meridian utama. Garis bujur diukur dengan garis imajiner yang membentang di Bumi secara vertikal dan bertemu di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Garis-garis ini dikenal sebagai garis meridian yang berukuran satu derajat busur garis bujur untuk setiap garis meridian.

Berbeda dengan garis lintang yang memiliki posisi awal alami di ekuator atau garis khatulistiwa, tidak ada posisi awal alami untuk garis bujur. Maka dari itu, posisi awal alami untuk garis bujur harus dipilih. National Geographic menjelaskan kalau meridian yang melintasi Greenwich, Inggris, diterima secara internasional sebagai garis bujur 0 derajat, atau disebut dengan meridian utama.

Negara Apa yang Terletak Paling Barat

Peta Bumi Belahan Barat
Sumber: Flickr

Garis bujur, baik di sebelah barat maupun timur meridian utama diukur 180°. Setengah bagian dunia yang diukur dalam derajat barat dari meridian utama disebut dengan Belahan Barat atau Western Hemisphere. Sedangkan setengah bagian lainnya dalam derajat timur dari meridian utama disebut dengan Belahan Timur atau Eastern Hemisphere.

Negara Paling Barat di Dunia


Jika ada pertanyaan “Negara apa yang terletak paling barat di dunia?”, maka jawabannya adalah Amerika Serikat. Namun, penetapan ini mungkin cukup sulit dipahami oleh sebagian orang karena ada kerancuan di sini.

Sebagai informasi, Amerika Serikat merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Bumi Belahan Barat. Namun, negara ini memiliki sejumlah wilayah dependensi yang terletak jauh dari daratan utamanya.

Salah satu dependensi Amerika Serikat itu adalah Guam yang secara geografis terletak di Bumi Belahan Timur. Bahkan jarak Guam lebih dekat ke Jayapura, Indonesia dibanding ke California, Amerika Serikat (silahkan cek Google Maps).

Nah, karena sebagian besar wilayah Amerika Serikat berada di Bumi Belahan Barat, maka Amerika Serikat tetap digolongkan negara-negara paling barat, dengan wilayahnya membentang ke barat melewati meridian ke-180 ke Bumi Belahan Timur. Satu negara lain dengan kasus serupa adalah Kiribati.

Selain Amerika Serikat dan Kiribati, terdapat tiga negara lainnya dengan wilayah di kedua sisi meridian ke-180, yaitu Rusia, Selandia Baru, dan Fiji. Namun, ketiganya adalah kebalikan dari Amerika Serikat dan Kiribati.

Karena ketiga negara tersebut memiliki sebagian besar wilayah mereka di sebelah barat meridian ke-180, di Bumi Belahan Timur, maka mereka dianggap masuk golongan negara-negara paling timur dengan wilayah mereka yang membentang ke timur melewati meridian ke-180 ke Bumi Belahan Barat.

Daftar Negara Menurut Titik Paling Barat

Berikut adalah daftar negara menurut titik paling barat.

1. Amerika Serikat

Teritorial Guam

Lokasi Guam di globe yang sepenuhnya ada di Belahan Timur, namun induknya Amerika Serikat ada di Belahan Barat
Sumber: Wikipedia

Seperti yang sudah disebutkan di atas, titik paling barat Amerika Serikat terletak di wilayah dependensi mereka di Guam. Meskipun secara geografis Guam ada di Bumi Belahan Timur, namun Orote Point yang menjadi titik paling barat di wilayah itu tetap dianggap sebagai titik paling barat Amerika Serikat yang mayoritas wilayahnya ada di Bumi Belahan Barat. Orote Point terletak di 144°37’5.5″ Bujur Timur atau BT.

Jika titik paling barat Amerika Serikat ditetapkan berdasarkan 50 negara bagian, maka Pulau Peaked di Alaska menjadi jawabannya. Namun, sebagaimana kita ketahui, Alaska yang ditetapkan sebagai negara bagian ke-49 Amerika Serikat adalah satu-satunya negara bagian AS yang tidak berdampingan di benua Amerika Utara. Pulau Peaked sendiri berada di garis bujur 172°26′ BT yang berbatasan dengan negara Rusia.

Sementara itu, titik paling barat di 48 negara bagian Amerika Serikat yang berdampingan terletak di sebuah tanjung bernama Cape Alava. Terletak di Clallam County, negara bagian Washington, Cape Alava berada di 124°43′ Bujur Barat atau BB.

2. Kiribati

negara apa yang terletak paling barat

Lokasi Kiribati pada globe, sebagian ada di Belahan Timur dan sebagian dengan porsi yang lebih besar ada di Belahan Barat
Sumber: Wikipedia

Kiribati adalah sebuah negara kepulauan kecil yang terletak di Samudra Pasifik. Luas daratan negara beribu kota Tarawa Selatan ini adalah 811 km² atau kira-kira setara dengan gabungan Kota Jakarta dan dan Kota Bandung.

Meskipun kecil-kecil, pulau-pulau Kiribati saling berjauhan dan tersebar di area seluas 3,5 juta km² lebih. Sebagai informasi, luas dataran dan perairan (di luar ZEE) negara kita–yang sepenuhnya milik bangsa Indonesia–adalah sekitar 5,2 juta km². Jadi, bisa dibayangkan bagaimana tersebarnya pulau-pulau di negara Kiribati.

Tempat yang menjadi titik paling barat Kiribati adalah Pulau Banaba yang berada di garis bujur 169°32’13” BT. Pulau kecil yang berjarak sekitar 298 km timur Nauru ini hanya berukuran 6 km² saja.

Meski Pulau Banaba terletak di Bumi Belahan Timur, namun ia tetap dianggap sebagai titik paling barat Kiribati yang sebagian besar wilayahnya berada di Bumi Belahan Barat.

Referensi


  1. Berapa Luas Wilayah Indonesia?”. kumparan.com. Diakses 19 Juli 2020.
  2. Daftar Negara Menurut Titik Geografis Paling Barat”. id.wikipedia.org. Diakses 15 Juli 2020.
  3. Guam” (dalam bahasa Inggris). en.wikipedia.org. Diakses 19 Juli 2020.
  4. Kiribati” (dalam bahasa Inggris). en.wikipedia.org. Diakses 19 Juli 2020.
  5. Latitude and Longitude” (dalam bahasa Inggris). Encyclopædia Britannica. Diakses 15 Juli 2020.
  6. Longitude” (dalam bahasa Inggris). National Geographic Society. Diakses 15 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek