Negara Apa yang Terletak Paling Selatan di Dunia?

oleh Gurunakal

Antartika adalah ujung paling selatan di Bumi yang berupa hamparan es yang sangat luas yang dianggap sebagai benua. Meski diklaim oleh beberapa negara, tidak ada penduduk tetap yang tinggal di sana karena suhunya yang sangat dingin. Lalu negara apa yang terletak paling selatan di dunia ini?

Bahasan Serupa:

Berikut ini adalah daftar negara menurut titik daratan paling selatan di dunia. Daftar di bawah ini tidak termasuk perbatasan yang diperebutkan, titik paling selatan yang berada di bawah kendali suatu negara terdaftar, tidak termasuk titik di dalam Antartika dan pulau-pulau terluarnya di selatan 60 derajat Lintang Selatan (LU).

1. Chili

negara apa yang terletak paling selatan

Titik Águila Islet seperti ditampilkan di Google Maps
Sumber: Google Maps

Chili adalah sebuah negara di benua Amerika Selatan yang wilayahnya memanjang ribuan kilometer dari utara ke selatan, hingga berbatasan dengan benua Antartika yang sebagian diklaim olehnya.

Jika peta negara Chili diperbesar, kita akan melihat banyak pulau kecil di bagian selatan negara beribu kota Santiago ini. Nah, salah satu pulaunya yang bernama Águila Islet di Kepulauan Diego Ramírez menjadi titik paling selatan Chili sekaligus benua Amerika Selatan. Pulau kecil tersebut terletak di garis lintang 56°32′ LS.

Sementara itu, titik paling selatan di daratan utama (mainland) Chili adalah Cape Froward. Tempat ini berada di garis lintang 53°53′ LS. Kini Cape Froward adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Chili yang cocok dikunjungi oleh para pecinta petualangan dunia.

Terlepas dari jaraknya, karena iklim dan pemandangan yang sebagian besar bernuansa Antartika, dan keanekaragaman hayatinya, Cape Froward adalah tempat yang bagus untuk menikmati pemandangan alam serta berlatih olahraga seperti hiking dan trekking.

2. Argentina

negara apa yang terletak paling selatan

Potongan peta Isla Grande de Tierra del Fuego (klik untuk gambar/peta asli)
Sumber: Wikimedia Commons (status gambar: dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi)

Argentina adalah tetangga di sebelah timur Chili yang juga menguasai sebagian Pulau atau Isla Grande de Tierra del Fuego. Bagian selatan Isla Grande de Tierra del Fuego bagian Argentina pada lintang 55°04′ LS menjadi titik daratan paling selatan negara beribu kota Buenos Aires ini.

Sebagai informasi, Isla Grande de Tierra del Fuego merupakan pulau terbesar di Amerika Selatan dan ke-30 di dunia dengan luas 47.992 km². Chili menguasai bagian barat pulau ini seluas 29.484,7 km² atau 61,4% dari luas total pulau. Sedangkan Argentina menguasai bagian timurnya seluas 18.507,3 km² atau 38,6%.

Ushuaia dan Río Grande adalah dua kota utama di Isla Grande de Tierra del Fuego. Ushuaia sendiri diklaim sebagai kota paling selatan di dunia. Jarak kota ini dengan pantai terdekat benua Antartika adalah sekitar 1.100 km! Sebagai tempat yang terbilang “ekstrem”, Ushuaia menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan pecinta alam.

Catatan:

  • Argentina mengklaim wilayah Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan yang dikelola oleh Inggris.
  • Southern Thule, kumpulan dari tiga pulau paling selatan di Kepulauan Sandwich Selatan: Bellingshausen, Cook, dan Thule (Morrell), menjadi titik paling selatan di dunia di luar Antartika pada lintang 59°42′ LS.
  • Namun, seperti yang telah disebutkan di atas, daftar ini hanya diisi oleh titik paling selatan resmi suatu negara (lihat kembali pengecualian di atas).

Jadi, jawaban yan tepat untuk pertanyaan “Negara apa yang terletak paling selatan di dunia?” adalah Chili berdasarkan titik paling selatannya di Águila Islet.

3. Australia

Pulau Bishop dan Clerk

Titik lokasi Pulau Bishop dan Clerk di Peta
Sumber: Google Maps

Di urutan ketiga negara paling selatan di dunia adalah Australia. Jika kita melihat peta, Selandia Baru memiliki wilayah yang lebih selatan dibanding daratan utama Australia maupun Pulau Tasmania.

Namun, titik paling selatan dari Negeri Kanguru terletak di sebuah pulau kecil bernama Pulau Bishop dan Clerk (kita bisa menyebutknya sebagai Pulau Uskup dan Panitera). Pulau yang berada di selatan Laut Tasman tersebut berada di lintang 55°03′ LS.

Jika titik paling selatan Australia ditetapkan dari daratan Pulau Tasmania, maka tempat itu adalah South East Cape (dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Tanjung Tenggara). Tanjung tersebut berada di lintang 43°38′ LS.

Sedangkan untuk titik paling selatan dari daratan utama Australia berada di Titik Selatan atau Wilsons Promontory yang berada di negara bagian Victoria.

4. Selandia Baru

Slope Point

Sebuah papan nama di Slope Point yang menunjukkan jarak ke khatulistiwa dan Kutub Selatan
Sumber: Pixabay

Selandia Baru juga mengontrol sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 700 km dari Pulau Selatan. Pulau tersebut bernama Pulau Jacquemart yang menjadi bagian dari Kepulauan Campbell. Pulau Jacquemart sendiri berada di garis lintang 52°37′ LS.

Sementara itu, tempat yang menjadi titik paling selatan dari pulau utama Selandia Baru yang dalam hal ini Pulau Selatan, adalah Slope Point. Tempat ini berada di selatan Curio Bay memiliki hutan fosil peninggalan periode Jurasik (sekitar 180 juta tahun lalu).

Untuk mencapai Slope Point, pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit menyusuri lahan pertanian pribadi. Di sana terdapat sebuah papan nama yang bertuliskan jarak ke khatulistiwa dan Kutub Selatan.

5. Afrika Selatan

Peta Pulau Marion

Peta Pulau Marion
Sumber: Wikipedia

Negara paling selatan di benua Afrika ini memiliki tempat terkenal bernama Tanjung Harapan yang merupakan rumah bagi legenda The Flying Dutchman, kapal yang diawaki oleh pelaut hantu yang tersiksa dan terkutuk. Jika kamu pernah menonton film Pirates of the Caribbean , kamu pasti tahu bagaimana gambaran kapal tersebut.

Tanjung Harapan memang terletak di ujung selatan Afrika Selatan. Namun tempat yang menjadi titik paling selatan di daratan utama Afrika Selatan adalah Tanjung Agulhas. Tempat tersebut berjarak sekitar 170 kilometer tenggara Cape Town, kota yang berdekatan dengan Tanjung Harapan.

Afrika Selatan juga mengontrol sejumlah pulau di bagian tenggara negara Nelson Mandela tersebut. Salah satunya adalah Pulau Marion yang merupakan satu dari dua pulau di Kepulauan Pangeran Edward. Titik paling selatan Pulau Marion menjadi titik paling selatan Afrika Selatan yang berada di garis 46°59′ Lintang Selatan.

Kota Durban menjadi titik terdekat Pulau Marion yang berjarak sekitar 1979 kilometer ke arah utara-barat laut. Sedangkan jaraknya ke Cape Town adalah 2178 km ke arah barat laut.


Kini kamu sudah tahu jawaban untuk pertanyaan “Negara apa yang terletak paling selatan di dunia?”. Kamu bisa membagikan bahasan ini kepada teman-teman melalui berbagai macam platform.


Referensi


  1. Cabo Froward” (dalam bahasa Inggris). VisitChile.com. Diakses 18 Juli 2020.
  2. Campbell Island” (dalam bahasa Inggris). Department of Conservation of New Zealand. Diakses 28 Juli 2020.
  3. Curio Bay dan Slope Point”. newzealand.com. Diakses 28 Juli 2020.
  4. How far is it from Marion Island (Prince Edward Islands) to locations worldwide” (dalam bahasa Inggris). timeanddate.com. Diakses 28 Juli 2020.
  5. Isla Grande de Tierra del Fuego” (dalam bahasa Inggris). en.wikipedia.org. Diakses 18 Juli 2020.
  6. List of countries by southernmost point” (dalam bahasa Inggris). en.wikipedia.org. Diakses 18 Juli 2020.
  7. Oseid, John. “Isla Grande de Tierra del Fuego” (dalam bahasa Inggris). AFAR, afar.com. Diakses 18 Juli 2020.
  8. Southern Thule” (dalam bahasa Inggris). en.wikipedia.org. Diakses 18 Juli 2020.
  9. Tanjung Harapan”. id.wikipedia.org. Diakses 18 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek