Negara Apa yang Terletak Paling Utara di Dunia?

oleh gurunakal.com

Kutub Utara yang berupa Samudra Arktik merupakan ujung paling utara planet Bumi. Perairan yang hampir seluruhnya beku pada musim dingin ini dikelilingi oleh daratan yang suhunya tak kalah ekstrem. Lalu negara apa yang terletak paling utara di dunia yang dekat dengan Kutub Utara?

Negara Apa yang Terletak Paling Utara

Kawasan Kutub Utara
Sumber: Wikimedia Commons

Cek Juga Bahasan Sejenis:

Berikut adalah daftar negara menurut titik geografis paling utara (hanya negara yang masuk kawasan Lingkar Arktik saja) di dunia yang perlu diketahui.

1. Greenland (Denmark)

Pulau Kaffeklubben Negara Apa yang Terletak Paling Utara

Bentang alam Pulau Kaffeklubben
Sumber: Wikimedia Commons

  • Titik Paling Utara: Pulau Kaffeklubben
  • Garis Lintang: 83°40′ Lintang Utara / LU

Greenland adalah negara otonom Kerajaan Denmark yang berbatasan dengan Samudra Arktik yang dingin. Tidak seperti namanya yang berarti “Tanah Hijau”, sekitar 3/4 wilayah negara yang menempati pulau terbesar di dunia ditutupi oleh es.

Nah, di ujung utara Greenland terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Kaffeklubben atau Pulau Coffee Club yang merupakan titik daratan paling utara di Greenland sekaligus di dunia.

Sementara itu, titik paling utara dari daratan utama (mainland) Greenland adalah Cape Morris Jesup yang berupa tanjung di kawasan Peary Land. Garis lintang untuk tempat ini adalah 83°39′ Lintang Utara.

2. Kanada

Cape Columbia Negara Apa yang Terletak Paling Utara

Letak Cape Columbia di peta
Sumber: Wikipedia

  • Titik Paling Utara: Cape Columbia
  • Garis Lintang: 83°06′ Lintang Utara

Kanada adalah salah satu negara terluas di dunia yang terletak di Amerika Utara. Seperti halnya Indonesia, Kanada juga memiliki banyak pulau yang jumlahnya sekitar 3 kali lipat jumlah pulau negara kita.

Titik daratan paling utara di Kanada adalah Cape Columbia yang terletak di Pulau Ellesmere di Wilayah Qikiqtaaluk di Nunavut. Garis lintang untuk tempat yang berjarak sekitar 769 km ke Kutub Utara tersebut adalah 83°06′ Lintang Utara.

Sementara itu, titik paling utara di daratan utama Kanada sekaligus benua Amerika Utara adalah Zenith Point yang merupakan bagian utara Promontory Murchison di Semenanjung Boothia. Garis Lintang untuk Zenith Point adalah 72°00′ Lintang Utara.

3. Rusia

Cape Fligely

Bentang alam Cape Fligely
Sumber: Wikimedia Commons

  • Titik Paling Utara: Cape Fligely
  • Garis Lintang: 81°51′ Lintang Utara

Sebagaimana kita ketahui, Rusia adalah negara terluas di dunia yang wilayahnya membentang ribuan kilometer mulai dari timur Eropa hingga perairan Selat Bering yang berbatasan dengan Alaska, benua Amerika Utara.

Titik daratan paling utara di negeri berjuluk Beruang Merah ini adalah Cape Fligely yang terletak di pantai utara Pulau Rudolf dan Franz Josef Land, Arkhangelsk Oblast. Garis lintang untuk Cape Fligely yang berjarak sekitar 911 km dari Kutub Utara ini adalah 81°51′ Lintang Utara.

Sedangkan titik paling utara di daratan utama Rusia sekaligus benua Eropa adalah Cape Chelyuskin (77°43′ Lintang Utara) yang terletak di ujung Semenanjung Taymyr, selatan Kepulauan Severnaya Zemlya, Krasnoyarsk Krai.

4. Norwegia

Pulau Rossøya

Letak Pulau Rossøya
Sumber: Wikimedia Commons

  • Titik Paling Utara: Pulau Rossøya
  • Garis Lintang: 80°49′ Lintang Utara

Negara Nordik yang terletak di kawasan Eropa Utara ini memiliki titik daratan paling utara di Pulau Rossøya atau Ross. Garis lintang untuk tempat yang berjarak sekitar 1024 km dari Kutub Utara ini adalah 80°49′ Lintang Utara.

Di daratan utama, titik paling utara Norwegia adalah Cape Nordkinn di Semenanjung Nordkinn di county Troms og Finnmark. Tempat yang sepi ini terletak di garis lintang 71°08′ Lintang Utara.

5. Amerika Serikat

Point Barrow

Pantai Point Barrow
Sumber: Wikimedia Commons

  • Titik Paling Utara: Point Barrow
  • Garis Lintang: 71°23′ Lintang Utara

Salah satu negara bagian Amerika Serikat, yaitu Alaska terletak sangat dekat ke Kutub Utara. Tempat yang menjadi titik paling utara di wilayah Amerika Serikat ini adalah Point Barrow atau Nuvuk yang terletak di garis lintang 71°23′ Lintang Utara. Point Barrow berjarak sekitar 2.078 km ke Kutub Utara.

Di luar Alaska yang memang terpisah jauh dari daratan utama Amerika Serikat, tempat yang menjadi titik paling utara di negara ini adalah Northwest Angle yang terletak di negara bagian Minnesota. Tempat ini berada di garis lintang 49°23′ Lintang Utara.

6. Finlandia

Desa Nuorgam

Desa Nuorgam
Sumber: Wikimedia Commons

  • Titik Paling Utara: Nuorgam
  • Garis Lintang: 70°05′ Lintang Utara

Titik daratan paling utara di negara kelahiran Nokia ini adalah Nuorgam, yang merupakan sebuah desa di kotamadya Utsjoki di wilayah Lapland. Desa yang berpenduduk kurang dari 1.000 jiwa ini berada di garis lintang 70°05′ Lintang Utara.

7. Swedia

Three-Country Cairn

Three-Country Cairn
Sumber: treriksröset.se

  • Titik Paling Utara: Treriksröset
  • Garis Lintang: 69°04′ Lintang Utara

Treriksröset atau Three-Country Cairn (dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti: Monumen Batu Tiga Negara) adalah titik paling utara di Swedia. Dinamakan demikian karena tempat ini merupakan titik di mana perbatasan internasional Swedia, Norwegia dan Finlandia bertemu dan Three-Country Cairn sendiri menjadi nama monumen yang menandai titik tersebut.

Three-Country Cairn yang terletak di kawasan Kiruna, Norrbotten County, Lapland bagian Swedia ini berada di garis lintang 69°04′ Lintang Utara. Selain menjadi titik daratan paling Utara di Swedia, di saat yang sama Three-Country Cairn juga menjadi titik paling barat dari daratan utama Finlandia.

8. Islandia

Pulau Kolbeinsey

Pulau Kolbeinsey
Sumber: grapevine.is

  • Titik Paling Utara: Kolbeinsey
  • Garis Lintang: 67°08′ Lintang Utara

Negara Nordik pulau yang terletak di Samudra Atlantik Utara ini memiliki titik paling utara di sebuah pulau kecil atau islet bernama Kolbeinsey. Pulau kecil yang berada di garis lintang 67°08′ Lintang Utara ini terletak sekitar 105 km dari pantai utara Islandia.

Akan tetapi, Pulau Kolbeinsey yang luasnya hanya beberapa puluh meter persegi tersebut diperkirakan akan lenyap pada tahun 2020. Hal itu karena pulau tanpa vegetasi ini mengalami pengikisan yang cepat. Sementara itu, titik paling utara di daratan utama Islandia adalah Semenanjung Rifstangi yang berada di garis lintang 66°32′ Lintang Utara.

Referensi


  1. Allt Du Behöver Veta Om Denna Trelandspunkt!” (dalam bahasa Swedia). treriksröset.se. Diakses 15 Juli 2020.
  2. Daftar Negara Menurut Titik Geografis Paling Utara”. id.wikipedia.org. Diakses 15 Juli 2020.
  3. Friday Fun Fact: Kaffeklubben Island” (dalam bahasa Inggris). blog.eftours.com. Diakses 15 Juli 2020.
  4. Fontaine, Andie Shopia (29 Agustus 2019). “Kolbeinsey Is Shrinking” (dalam bahasa Inggris). Reykjavik Grapevine. Diakses 15 Juli 2020.
  5. Loura, Chantel (13 November 2019). “Extreme Points in the Arctic” (dalam bahasa Inggris). blog.poseidonexpeditions.com. Diakses 14 Juli 2020.
  6. Understanding the Arctic sea ice” (dalam bahasa Inggris). polarportal.dk. Diakses 18 Juli 2020.
  7. Zenith Point – Northernmost Point of  Continental America and Canada” (dalam bahasa Inggris). mostpoint.com. Diakses 14 Juli 2020.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek